,

Agrobisnis Tidak Harus Jadi Petani, Lho! Ada Juga Yang Bisa Dilakukan di Rumah

by -7 views
Foto tanaman baru tumbuh
Jangan ragu untuk memulai agrobisnis

Istilah agribisnis dan agrobisnis semakin populer belakangan ini. Apa perbedaan antara keduanya? Tidak ada. Menurut KBBI, istilah yang baku adalah agrobisnis. Sedangkan istilah agribisnis muncul karena mengikuti kata bahasa Inggrisnya yaitu agribusiness. Berusaha di bidang agrobisnis, tidak harus menjadi petani lho! Ada jenis usaha yang bisa dilakukan di rumah.

Perlu kamu pahami, agrobisnis atau usaha niaga tani adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya. Dari pemahaman ini, kamu tidak harus menjadi petani jika ingin penjadi pengusaha agrobisnis.

Ada empat pilar utama agrobisnis, yaitu aktivitas pengadaan dan penyaluran sarana produksi, budidaya, pengolahan, dan pemasaran. Kamu bisa mempelajari empat pilar tersebut untuk memahami dunia agrobisnis.

Lantas, peluang usaha apa saja yang terbuka di bidang agrobisnis? Siapa tahu, kamu menemukan ide usaha yang bisa dilakukan di rumah untuk memulai agrobisnis kamu.

 

1. Menjadi petani berbagai komoditas pangan

Panen jamur
Usaha bertanam jamur bisa dilakukan dengan lahan terbatas di rumah

Jika kamu punya lahan, menjadi petani zaman sekarang terbilang mudah. Kamu bisa belajar dari berbagai sumber tentang cara-cara menjadi petani. Komoditas pertanian yang bisa kamu garap pun tidak melulu tentang padi. Petani jamur, misalnya, memiliki peluang usaha yang tidak pernah padam. Atau kamu bisa pilih sayuran organic, rempah-rempah, dan berbagai komoditas lain.

 

2. Membuat aplikasi

Aplikasi seperti TaniHub, Sayurbox, dan berbagai aplikasi lain di bidang pertanian, menjadi contoh sukses para startup. Kamu bisa membuat aplikasi untuk menjembatani antara petani dengan konsumen. Konsumen bisa berupa pribadi atau rumah tangga, atau bisa berupa unit usaha seperti warung ayam geprek yang membutuhkan cabai secara kontinyu dan dalam jumlah besar.

 

3. Budidaya tanaman hias

Tanaman hias banyak dibutuhkan tidak hanya oleh rumah tangga, namun juga oleh berbagai perusahaan terutama di kota-kota besar. Jika kamu enggan berurusan dengan komoditas pertanian, kamu bisa memilih membudidayakan tanaman hias. Pasarkan melalui marketplace, media sosial, atau kamu juga bisa bikin website kamu sendiri.

 

4. Reseller bibit tanaman

Tidak punya lahan tidak mengapa. Kamu masih bisa menyalurkan minat berbisnis di bidang agro ini dengan menjadi reseller bibit tanaman. Cari supplier tanaman yang menyediakan bibit, dan cari tahu apakah mereka membuka program reseller. Selanjutnya, kamu bisa promosikan bibit tanaman di marketplace atau media sosial.

 

5. Membuat terrarium

Membuat terarium termasuk usaha yang bisa dilakukan di rumah
Contoh terarium yang bisa kamu buat di rumah

Terarium adalah tanaman hias yang dikomposisikan dengan indah dan ditempatkan dalam wadah kaca. Terarium banyak dicari untuk memperindah ruangan. Kamu bisa membuat terrarium dan memasarkannya lewat media sosial. Pemilik unit apartemen, rumah mungil, dan kantor-kantor bisa menjadi target pasarmu. Tanaman yang digunakan untuk terrarium adalah tanaman berukuran kecil seperti sukulen atau kaktus mini.

 

6. Pengolahan produk pangan

Ide usaha agrobisnis yang bisa kamu lakukan di rumah adalah pengolahan produk pangan. Banyak sekali produk pangan yang bisa kamu olah dan kamu jual ke pasaran. Misalnya kedelai. Kamu bisa membuat susu kedelai yang sekarang digemari orang-orang dengan berbagai rasa. Atau membuat egg tofu atau tahu susu.

 

7. Menjual alat-alat cocok tanam

Semakin berkembangnya minat masyarakat untuk bercocok tanam di rumah sendiri, adalah satu peluang yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa menjual paket tanaman hidroponik, lengkap dengan pupuk yang dibutuhkan. Orang akan senang melakukan one-stop-shopping di tempat kamu, karena sekali belanja sudah bisa mendapat semuanya mulai dari bibit tanaman sampai pupuk.

 

8. Membuat blog

Jenis usaha yang satu ini jelas termasuk usaha yang dilakukan di rumah. Berusaha di bidang agrobisnis pun bisa kamu lakukan dengan membuat blog niche pertanian atau cocok tanam. Jadikan blog kamu sebagai pusat informasi pertanian, atau lebih niche lagi, pusat informasi tanaman hias, misalnya. Dengan memuat tulisan yang bermutu ditunjang hasil riset, ke depannya kamu bisa berkolaborasi dengan para pengusaha agrobisnis. Tawarkan peluang untuk memasarkan atau mempromosikan produk mereka lewat blog kamu.

 

Bagaimana, sudah dapat pencerahan tentang agrobisnis? Jika kamu hobi berkebun dan bercocok tanam, agrobisnis pasti jadi usaha yang akan kamu nikmati. Apalagi yang termasuk usaha yang bisa dilakukan di rumah, seperti membuat blog atau menjadi reseller bibit tanaman. Jika kamu masih butuh inspirasi, simak kisah tentang 4 sosok pengusaha muda agrobisnis yang berhasil mencetak sukses!