Anda Tinggal di Kampung? Coba Buka 5 Ide Usaha Kecil Menjanjikan Ini

by -19 views
bisnis di desa
Ilustrasi bisnis di desa

Tidak perlu merantau jauh ke kota, ada banyak usaha kecil menjanjikan yang bisa Anda kerjakan bersambung. Terlebih dengan teknologi sekarang yang semakin maju, wilayah perkampungan pun sudah bisa menggunakan internet. Jika kita perhatikan tidak sedikit orang yang telah sukses padahal mereka memulai bisnisnya dari kampung.

So, jika Anda bercita-cita mempunyai usaha di kampung halaman namun masih bingung usaha apa yang ingin dibuka? Atau Anda belum memiliki gambaran cara usaha di kampung? Nah berikut ini kita akan membahas beberapa usaha menjanjikan yang bisa Anda coba.

1. Membuka Konter Pulsa

Membuka Konter Pulsa
Ilustrasi Membuka Konter Pulsa

Sebenarnya jika di kota, toko pulsa sudah mulai berkurang, karena memang orang-orang kota sudah beralih dengan Mobile Banking ataupun menggunakan aplikasi isi pulsa lainnya. Akan tetapi berbeda dengan di desa, konter pulsa masih sangat laris manis. orang-orang di sana masih mengAndalkan konter untuk mengisi pulsa mereka.

Membuka konter pulsa itu tidaklah repot, Anda dapat memulainya di depan halaman rumah. Tulis aja spanduk atau papan pengumuman yang menunjukkan jika Anda menjual pulsa. Ide ini pun masih bisa dikembangkan dengan menjual aksesoris ponsel, kuota internet, smartphone atau lain sebagainya.

2. Jualan Sayur Mayur

Jualan Sayur Mayur
Ilustrasi Jualan Sayur Mayur

Orang-orang desa masih sangat menyukai sayur mayur, ini bisa menjadi ide bisnis yang bisa Anda buka di depan rumah. Jualan sayur pun terbilang mudah, Anda cukup membeli bahan jualan di pasar yang sudah buka sejak pagi kemudian menjualnya kembali di kampung.

Untuk urusan modal pun usaha ini relatif murah dan bisa dilakukan oleh banyak orang. Setiap harinya Anda dapat membeli sayuran tidak sampai Rp 1.000.000, dengan potensi pendapatan tergantung dengan harga sayur yang ada patok untuk warga desa.

Tetapi yang perlu diingat oleh Anda adalah, bahwa pasar di kampung itu terbilang jauh. Setiap hari Anda harus pulang pergi dari rumah ke pasar dan dari pasar ke rumah. Tentu itu cukup melelahkan, jika tidak sabar mungkin bisnis ini tidak akan berlangsung lama.

3. Pom Bensin Mini

Pom Bensin Mini
Ilustrasi Pom Bensin Mini

Di perkampungan pom bensin besar sangatlah jauh, karena itu banyak orang  menjual bensin eceran di pinggir-pinggir jalan. Nah ide usaha kecil menjanjikan ini dapat Anda kembangkan lebih lagi untuk menarik perhatian orang, yaitu dengan membuka pom bensin mini.

Tentu saja banyak orang lebih memilih membeli bensin di pom bensin mini daripada di penjual eceran sepanjang jalan. Alasannya jelas, karena pom bensin mini memiliki ukuran liter yang tepat. Sedangkan jika membeli bensin di penjual eceran, maka pembeli tidak mengetahui secara pasti berapa ukuran liternya.

4. Ternak Ayam

Ternak ayam
Ilustrasi Ternak ayam

Tentunya di kota Anda tidak bisa membuka usaha ternak ayam, karena memang usaha ini membutuhkan lahan sekaligus baunya tidak sedap. Berbeda dengan di kampung, lahan yang tersedia sangat luas sehingga Anda bisa dengan leluasa membangun kandang yang besar dan tidak mengganggu orang lain dengan baunya yang tidak enak.

Ayam yang bisa Anda ternak tentunya ayam kampung, karena ayam kampung memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibanding dengan ayam potong biasa. Bahkan telur ayam kampung pun sangat dicari-cari oleh orang. Anda bisa sekaligus ternak ayam kampung untuk dijual ataupun mengambil  keuntungan dari hasil telur. usaha kecil menjanjikan

5. Pangkas Rambut

Usaha kecil menjanjikan Pangkas rambut
Ilustrasi Pangkas rambut

Salah satu bisnis yang yang bisa Anda perhitungkan untuk dibuka di kampung adalah usaha pangkas rambut. Biasanya di kampung orang akan susah mencari tempat untuk mencukur rambut, tak jarang mereka pergi ke pasar yang jauh hanya sekedar mencukur rambut mereka. Jika tidak ada saingan nya, membuka usaha pangkas rambut di kampung itu sangat menjanjikan.

Coba saja Anda hitung keuntungan rata-rata setiap hari jika membuka usaha pangkas rambut. Di kota, biaya pangkas rambut berkisar Rp 20.000. Akan tetapi jika di kampung Anda bisa memberikan tarif Rp 10.000 hingga Rp 15.000 sekali potong rambut. Jika setiap harinya Anda mendapatkan pelanggan 5 hingga 10 orang, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp 50.000 hingga Rp150.000.

Demikianlah pembahasan tentang usaha kecil menjanjikan yang bisa Anda buka di kampung. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan share kepada teman dan saudara Anda. Baca juga artikel terkait Bisnis yang cocok untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi(Opens in a new browser tab)