Apa Manfaat Sosial Media Marketing untuk Bisnis?

by -2 views
Manfaat Sosial Media Marketing

Sebagai pebisnis tentu kita perlu memaksimalkan sosial media marketing untuk dapat merespon perkembangan zaman. Namun tidak banyak yang tahu apa manfaat dari sosial media marketing ini.

Nah untuk itu pada artikel ini kita akan membahas sedikit banyaknya terkait manfaat dari penggunaan sosial media untuk media pemasaran. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya dibawah ini hingga selesai.

7 Manfaat Sosial Media Marketing

Manfaat Sosial Media Marketing

Manfaat Sosial Media Marketing Lebih hemat biaya

Hal pertama yang menjadi manfaat dari penggunaan sosial media untuk sarana promosi adalah biaya yang dapat ditekan. Itu artinya anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk bisa beRpromosi menggunakan sosial media. Bahkan anda sendiri dapat menjalankan strategi marketing tanpa biaya sepeserpun.

Caranya dalah dengan membuat akun media sosial gratis, membuat video serta postingan yang menarik, atau bisa juga dengan membuat grup khusus untuk sarana edukasi dan pemasaran.

Manfaat Sosial Media Marketing Lebih Efisien dan Efektif

Menggunakan spanduk atau baliho secara offline tentu membutuhkan usaha yang lebih. Berbeda dengan sosial media atau promosi melalui online, anda dapat menjangkau konsumen lebih efektif.

Hal itu karena memang dengan menggunakan platform periklanan yang telah disediakan memudahkan anda untuk mengatur target iklan serta budget yang dimiliki.

Misalnya anda dapat mengatur target sesuai dengan umur, tempat tinggal, status hubungan, gender dan lain sebagainya. Dengan cara tersebut maka pemasaran online akan lebih efisien dan efektif.

Manfaat Sosial Media Marketing dapat Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran akan merk penting untuk pemasaran. Sekarang ini ada sekitar 160 juta pengguna media sosial di Indonesia, sehingga social media marketing dapat menghubungkan anda dengan 160 juta orang tersebut.

Terlebih jika anda berhasil membuat sebuah poster menarik sehingga menjadi viral di kalangan netizen. Maka keuntungan yang diperoleh akan lebih besar terhadap kemajuan bisnis dan usaha.

Dapat Memperluas Ekspansi Pasar

Melakukan ekspansi terhadap pasar yang baru tentu sangat penting untuk memajukan usaha. Dengan media sosial anda dapat melakukan hal itu sangat cepat dan mudah.

Anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas tanpa terbatas oleh tempat tinggal. Bahkan dari sabang sampai merauke, hingga keluar negeri sekalipun dapat dilakukan dengan social media marketing. Karena itu manfaatkanlah media sosial ini secara maksimal.

Dapat Lebih Mudah Berkomunikasi dengan Konsumen

Sangat penting untuk membangun komunikasi dengan konsumen agar ada hubungan yang lebih erat. Memiliki komunikasi yang baik dengan konsumen akan meningkatkan potensi penjualan.

Konsumen yang pernah membeli produk atau menggunakan jasa anda, dapat menjadi pelanggan setia jika komunikasi yang terjalin sangat baik. Nah dengan bantuan sosial media ini anda dapat terhubung dengan konsumen secara langsung.

Membagikan Informasi Terbaru

Sebagai pebisnis tentu harus melakukan inovasi serta perkembangan setiap saat. Tentu hal demikian perlu diinformasikan kepada calon konsumen, bahwa anda telah memiliki produk atau jasa yang baru.

Sosial media bisa menjadi platform untuk membangkitkan informasi secara cepat dan terupdate. Anda dapat membagikan terkait diskon, promo, flash sale dan berbagai macam informasi lainnya.

Dapat Dengan Mudah Menarik Traffic Ke Website

Memiliki website yang powerfull serta profesional tentu belum cukup. Anda perlu mendatangkan traffic ke website tersebut agar terjadi interaksi hingga transaksi.

Dengan sosial media anda dapat mengarahkan traffic ke website. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membagikan link url website di setiap postingan sosial media anda.

Penutup

Pembahasan kita terkait manfaat dari sosial media marketing sedikit banyaknya telah diulas di atas. Semoga hari ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Jualan Online Tanpa Modal? Bisa Kaya Menjual 6 Produk Ini