,

Bagaimana Cara Sukses dengan Bisnis Kecil-Kecilan

by -5 views
3 Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha
Tips Jitu Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol

Memulai usaha dengan skala kecil tentu dapat dilakukan oleh semua orang. Tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara sukses walaupun hanya menjalankan bisnis kecil-kecilan.

Ada begitu banyak contoh atau inspirasi dari orang-orang yang telah sukses. Salah satu contohnya adalah ibu Susi Pudjiastuti yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia.

Ibu Suci Pudjiastuti ini memulai bisnis skala kecil dengan modal awal hanya sebesar Rp750.000. Dengan modal demikian itu ternyata beliau sekarang telah memperoleh kesuksesan.

Anda pun tentu dapat bisa seperti ibu Susi memulai usaha dengan skala kecil. Akan tetapi anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk bisa sukses.

Tips Sukses Dengan Bisnis Kecil-Kecilan

Bagaimana Cara Sukses dengan Binsis Kecil-Kecilan
 Usaha Mikro yang Menguntugkan

Fokus Sangatlah Penting untuk Sukses dalam Bisnis Kecil-Kecilan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah fokus terhadap bisnis yang dikelola. Mencurahkan pikiran dan tenaga untuk satu bisnis tertentu akan menjadikan bisnis tersebut lebih maksimal dan terurus.

Selain itu dengan fokus terhadap satu bisnis, akan menjadikan anda sangat mengerti terkait seluk beluknya. Dengan begitu anda dapat mengambil keputusan terbaik agar bisnis dapat grow up lebih cepat.

Pastikan juga untuk tidak mencampur antara uang pribadi dan usaha. Jika uang pribadi dan usaha tercampur maka anda akan kesulitan untuk mengatur serta bingung dalam pengelolaannya.

Menghitung Modal Bisnis Kecil-Kecilan

Menghitung modal usaha juga sangat penting bisa sukses dengan bisnis kecil-kecilan. Jangan sampai memulai usaha tanpa memperhatikan besaran modal yang dibutuhkan.

Tanpa mengetahui besaran modal yang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu, dikhawatirkan kedepannya bisnis tidak mampu bertahan lama karena kekurangan biaya. Terlebih jika memang modal yang dimiliki sangat terbatas.

Cerdas Cerdas Lah dalam Mengelola Uang

Selain menghitung modal yang dibutuhkan anda pun perlu cerdas dalam mengelola uang. Dalam berbisnis mengelola uang bukanlah hal yang mudah. Terlebih ini adalah bisnis kecil-kecilan, dimana keuntungan awal yang diperoleh masih sangat sedikit.

Untuk bisa berkembang dan sukses mau tidak mau anda harus mempelajari bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Walaupun memulai usaha dengan skala kecil, pastikan untuk meluangkan waktu mengecek arus kas keuangan bisnis.

Terus Melakukan Inovasi

Dunia terus bergerak dan berputar. Begitupun dengan dunia bisnis, mereka yang hanya diam akan tertinggal dan hancur secara perlahan.

Sebaliknya, jika mampu berinovasi bukan tidak mungkin bisnis kecil-kecilan anda akan tumbuh melampaui kompetitor. Pastikan untuk selalu update dan mengerti bagaimana dunia ini bekerja.

Misalnya anda bergerak di bidang bisnis makanan, cobalah untuk menganalisa apa yang diinginkan oleh pelanggan. Tanpa adanya pembaruan menu dan produk akan menjadikan pelanggan cepat bosan.

Jangan Tenggelam dalam Kegagalan

Rasanya hampir semua orang pernah mengalami kegagalan, apapun itu. Lebih-lebih di dalam membangun sebuah usaha.

Kecil kemungkinan anda tidak memperoleh kegagalan. Karena itu pastikan selalu siap untuk setiap risiko yang dihadapi.

Sekalipun gagal jangan pernah larut terlalu dalam sehingga menjadikan anda susah untuk bangkit dan memulai kembali. Percayalah bahwa dibalik setiap kesulitan pasti ada kemudahan yang menyertainya.

Gigih dalam Berusaha Membangun Bisnis Kecil-Kecilan

Selalu gigih dan pantang menyerah juga menjadi kunci kesuksesan. Sifat gigih inilah salah satu sebab yang menjadikan seseorang dapat konsisten menghadapi setiap kegagalan.

Lebih-lebih dalam membangun usaha dengan skala kecil, dibutuhkan kegigihan dan keuletan untuk sabar dan terus berjuang membesarkan bisnis.

Penutup

Bisnis kecil-kecilan memang dibutuhkan perjuangan dan kesabaran yang ekstra. Untuk bisa sukses mungkin dibutuhkan waktu yang lama serta effort yang lebih besar. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 5 Strategi Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah