Begini Strategi Pemasaran Bisnis Dengan Psikologi (Part 2)

by -11 views
Begini Strategi Pemasaran Bisnis Dengan Psikologi (Part 2)
7+ Kata-kata Promosi Online yang Ampuh untuk Menarik Pembeli

Sebelum anda membaca pembahasan ini silahkan terlebih dahulu membaca artikel bagian pertama terkait strategi pemasaran dengan memanfaatkan psikologi di sini. Karena pembahasan ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya agar lebih sempurna.

Tentu sangat penting bagi pebisnis di dalam memasarkan produk untuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat. Ternyata dengan trik psikologi anda dapat memanfaatkannya untuk pemasaran dan meningkatkan sales penjualan produk.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan trik psikologi tersebut? Simak pembahasan dibawah ini hingga selesai ya.

6 Cara Memanfaatkan Trik Psikologi Untuk Strategi Pemasaran

Begini Strategi Pemasaran Bisnis Dengan Psikologi (Part 2)
Begini Strategi Pemasaran Bisnis Dengan Psikologi (Part 2)

1. Produk baru harus dilaunching secara berkala

Pernahkah anda melihat sebuah produk baru? Jika iya mungkin anda akan merasa penasaran dan ingin mencobanya. Nah hal itulah yang dialami juga oleh banyak konsumen.

Dalam sebuah penelitian dari University College London, bahwa seseorang memperoleh perasaan reward (hadiah) ketika mereka mendapatkan hal baru, baik itu terkait informasi ataupun hal lain seperti produk.

Karena itu meluncurkan produk baru serta menginformasikan nya ke konsumen dapat menjadi trik psikologi marketing yang ampuh.

2. Strategi pemasaran bisnis launching produk eksklusif

Trik psikologi untuk meningkatkan penjualan lainnya ialah dengan merilis produk secara eksklusif.

Anda dapat menawarkan produk secara eksklusif seperti desain yang berbeda dengan produk sebelumnya, ataupun terkait fitur yang ditawarkan. Pendekatan psikologi dengan cara ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat konsumen.

Hal itu karena produk eksklusif tentu saja memiliki stok terbatas serta berbeda dengan produk-produk sebelumnya, sehingga konsumen akan lebih antusias membeli produk tersebut.

3. Strategi pemasaran bisnis berikan produk gratis kepada pelanggan

Pernahkah anda memberikan produk gratis untuk pelanggan? Jika belum ada baiknya untuk mencoba trik ini karena terbukti dapat meningkatkan sales penjualan.

Hal itu karena jika seseorang diberi hadiah tentu saja mereka akan merasa senang dan ingin membalas pemberian tersebut. Demikianlah yang terjadi dengan psikologi pelanggan ketika mereka mendapat produk gratis dari anda. Nah di dalam pembahasan ilmu psikologi pemasaran ini disebut reciprocity.

Produk yang dapat diberikan kepda konsumen tentu disesuaikan dengan usaha anda atau minat konsumen.

4. Memanfaatkan sosial proof

Social proof atau yang dapat diartikan sebagai review baik dari pelanggan lain memiliki daya tarik sendiri untuk meningkatkan profit penjualan.

Jika bisnis atau produk yang anda miliki mendapat review baik dari pengguna lain tentu akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen yang belum pernah membelinya. Terlebih sekarang review produk dapat ditampilkan di media sosial ataupun website.

Anda dapat bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk atau bisnis. Dapat juga dengan menampilkan berbagai review dari pelanggan yang merasa puas.

5. Coba untuk menggelar event dan menghadirkan pakar

Menggelar event serta menghadirkan pakar yang ahli di bidang tertentu sesuai dengan bisnis anda, ternyata dapat menjaring calon pembeli yang lebih luas.

Tentu saja orang lebih menyukai berbelanja dari penjual yang berpengalaman. Karenanya menunjukkan expertise serta pengalaman di bisnis yang anda geluti dapat memberikan efek psikologi marketing.

Menggelar event dengan melibatkan pakar untuk membahas permasalahan konsumen menjadikan mereka semakin yakin dengan expertise anda.

6. Strategi pemasaran bisnis menunjukkan unique selling point

Modal penting yang perlu dimiliki di dalam berbisnis khususnya online ialah memiliki unique selling point. Yaitu sesuatu yang menjadi poin utama serta yang membedakan produk anda dan kompetitor.

Alasan utamanya setiap orang tentu menginginkan nilai lebih dari sebuah produk yang mereka beli. Hal tersebut tidak hanya dari sisi harga yang lebih murah, tetapi anda juga dapat menawarkan kemudahan dan keramahan bagi pelanggan.

Kesimpulan

Strategi pemasaran dengan memanfaatkan psikologi terbukti dapat meningkatkan sales penjualan. Karena itu manfaatkanlah hal tersebut sebaik mungkin untuk memperoleh keuntungan dan memperbesar bisnis. Semoga bermanfaat!