,

Belajar Bisnis, Jiwa Wirausaha Itu Bakat Atau Skill?

by -22 views
Belajar Bisnis, Jiwa Wirausaha Itu Bakat Atau Skill?

Kita telah banyak belajar bisnis baik itu terkait strategi marketing, bagaimana cara memulai bisnis dari nol hingga terkait contoh serta ide-ide usaha.

Namun mungkin anda pernah bertanya, di dalam berbisnis, jiwa wirausaha itu merupakan bakat atau skill yang bisa dipelajari? Pasalnya tidak sedikit yang gagal ketika memulai usaha dan beripikir bahwa mereka tidak berbakat dan tidak memiliki jiwa wirausaha.

Nah untuk menjawab hal tersebut, sepertinya kita perlu membahas panjang lebar terkait wirausaha. Apakah betul merupakan bakat yang hanya diwarisi dari gen keturunan, atau merupakan skill yang bisa dipelajari.

Belajar Bisnis: Menjadi Wirausahan Itu Bakat Atau Skill?

Belajar Bisnis, Jiwa Wirausaha Itu Bakat Atau Skill?

Untuk memulai pembahasan ini ada kenyataan yang cukup menarik, di Indonesia 95% perusahaan-perusahaan yang ada ternyata merupakan bisnis keluarga. Praktis kita dapat mengambil kesimpulan, banyak wirausahawan memperoleh warisan bakat yang kuat terkait jiwa wirausaha dari keluarga mereka yang telah sukses berbisnis. Bahkan mereka pun dapat memulai segalanya tidak dari nol.

Jadi apakah benar wirausahawan itu merupakan bakat? Tenang, anda dapat memperoleh jawaban dari pertanyaan tersebut di artikel ini.

Sebelum membahas lebih jauh kita perlu memahami kata wirausaha. Asal kata wirausaha dianggap berasal dari kata “antha prena” yang memiliki arti motivasi diri.

Adapun dalam bahasa Inggris, wirausahawan disebut dengan entrepreneur, yang memiliki arti “pengambil resiko”.

Dengan begitu kita bisa dapat memahami bahwa pelaku wirausaha merupakan mereka yang berani mengambil resiko serta memiliki motivasi diri untuk menjadi sukses.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Founder Institute, sebuah instansi pelatihan wirausaha, menemukan bahwa seseorang yang mempunyai DNA wirausaha mereka memiliki peluang sukses untuk menjadi wirausaha.

Bukan hanya itu, dari 61% wirausahawan mereka percaya bahwa bakat yang dibawa dari lahir dapat mendukung kesuksesan wirausaha. Sementara yang lainnya, beranggapan bahwa pelatihan serta pendidikan dapat membentuk jiwa wirausaha.

Lalu artinya, wirausaha dapat dibentuk dan dilatih? Iya, tentu saja hal itu bisa!
Dengan belajar dan pelatihan siapapun bisa mempelajari segala hal. Begitupun untuk membuat karakter wirausaha yang sukses.

Membuat karakter wirausaha yang sukses dalam diri seseorang tentu perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Anda sendiri pun dapat memperoleh mentoring wirausaha tidak harus secara formal.

Belajar Bisnis Tidak Hanya dari Teks Buku Melainkan Juga dari Pengalaman

Belajar Bisnis, Jiwa Wirausaha Itu Bakat Atau Skill?

Pemilik sebuah perusahaan IT security, yang bernama Robert Herjavec, bisa menjadi contoh nyata bahwa pelajaran ilmu wirausaha bisa datang dari siapapun.

Suatu ketika Robert melihat penjual hotdog yang berada di depan kantornya. Kemudian bos Robert mengatakan kepadanya jika menjadi vendor hotdog memiliki prospek kesuksesan yang lebih menjanjikan ketimbang orang yang menjual hotdog tersebut.

Mendengar hal itu, Robert kemudian menyadari betapa pentingnya untuk melakukan scale up.
Scale up dapat dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup ataupun terkait urusan bisnis. Karena jika hanya melulu tentang bagaimana cara makan hari ini, maka kita tidak akan pernah berfikir untuk bisa lebih maju di masa depan.

Kemudian Robert pun memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya saat itu. Dia mulai untuk membangun bisnis IT security yang dimilikinya sendiri.

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah; memiliki bakat sebab terlahir dari keluarga wirausaha menjadi modal yang sangat baik. Akan tetapi karakter jiwa wirausaha ternyata dapat dibangun melalui pelatihan serta pendidikan.

Penutup

Kita sedikit belajar bisnis terkait jiwa wirausaha apakah bakat atau skill yang bisa dipelajari. Hingga di akhir kesimpulan kita dapat memahami, bahwa siapapun bisa menjadi wirausaha yang sukses.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan silahkan share kepada kerabat atau teman anda jika merasa artikel ini bermanfaat. Terima kasih.