,

Kupas Tuntas, Ini Caranya Belajar Jadi Entrepreneur Dengan Cepat

by -17 views

Pernahkan terbayang jadi entrepreneur daripada memilih jadi pegawai? Di tengah-tengah situasi ekonomi yang makin sulit, mengambil keputusan yang tepat dalam kehidupan tentu sangat dibutuhkan. Salah satunya dengan belajar jadi enterpreneur dengan cepat. Era globalisasi menuntut banyak orang berkembang lebih pesat, termasuk banting setir dari pekerja biasa menjadi seorang entrepreneur. Tentu saja ini bukan hal yang mudah bagi sebagian besar orang, sebut saja bagi yang baru saja menjalani pekerjaan ibu rumah tangga. Bisa jadi yang awalnya hanya paham cara bekerja di kantor, lantas menjadi bingung saat mencari ide bisnis ibu rumah tangga. Nah, bila hal ini sedang Anda alami, alangkah baiknya jika mencoba meneruskan membaca informasi berikut di bawah ini.

Mengapa Jadi Enterpreneur?

Satu pertanyaan besar yang sering dilontarkan banyak pihak “Kenapa sih memilih jadi entrepreneur?”. Jawaban tiap orang bisa jadi tidak sama, tetapi umumnya kebanyakan orang akan lebih memilih untuk mengatakan ingin punya waktu lebih banyak untuk keluarga. Setuju bukan? Sama halnya saat seorang ibu berhenti bekerja dan memutuskan untuk memulai bisnis dari rumah. Kebanyakan sekedar ingin memastikan dapat mengawasi buah hatinya lebih intens. Di luar dugaan, ternyata sukses menjalankan usaha rumah tangga yang awalnya kecil-kecilan saja.

Oleh sebab itu jangan pernah berpikir negatif tentang menjadi entrepreneur. Jika dilakukan dengan tepat dan terencana, tentu hasilnya bisa jadi cukup menjanjikan. Bahkan banyak pengusaha yang akhirnya lebih sukses dari pekerja kantoran pada umumnya. Lihat saja omzet yang diraih Fitri Maya Safira melalui Banananina.com, atau perhatikan bagaimana larisnya Abekani milik Tunjung Pratiwi. Semua dimulai dari hal yang kecil dibumbu oleh kerja keras. Sehingga hari ini bisnis yang mereka jalankan secara online menuai hasil yang luar biasa.

Realisasi Ide Bisnis

Banyak orang saat berhenti bekerja memiliki banyak ide dan bayangan tentang jenis bisnis online yang akan dijalankan. Tapi kenyataannya sering terkendala dengan berbagai macam hal. Termasuk berdalih tidak dapat belajar jadi entrepreneur dengan cepat. Atau berkilah tidak mudah menjadi seorang pebisnis. Ini adalah alasan yang biasa, yang tidak biasa jika berusaha mencari jalan keluar dalam kesulitan bisnis yang dijalani. Karena itu jangan mudah putus asa, segera realisasikan ide bisnis yang dimiliki tersebut.

Salah satu kunci menjadi sukses yaitu melakukan langkah yang tepat. Memang ini adalah poin penting yang sering terlupakan begitu saja. Banyak ide usaha ibu rumah tangga di dalam benak, tetapi masih bingung bagaimana memulainya. Malahan banyak yang takut dengan proses panjang menjadi pebisnis. Tentu saja jika tahu rahasia belajar jadi entrepreneur dengan cepat, ini bukan menjadi masalah yang besar lagi. Sedikit lagi kita simak langkah-langkah dan cara-cara tersebut.

ilustrasi seorang entrepeneur
ilustrasi seorang entrepeneur

Pahami, Ini 7 Langkah Cepat Untuk Belajar

Enterpreneur memang profesi menantang, apalagi bagi ibu rumah tangga yang mungkin harus membagi waktu antara rumah dan bisnis. Sekarang tidak perlu berpikir dua kali jika ingin mewujudkan usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Untuk para ibu rumah tangga yang baru saja memutuskan untuk di rumah saja, berikut ini caranya belajar jadi entrepreneur dengan cepat, dijamin mudah kok!

Bisnis Sebagai Hobi

Kunci dari menjalankan bisnis yang pertama yaitu mencintai dan menyukai bisnis tersebut. Jika suka berjualan, jangan ragu untuk mengerjakan berbagai macam jenis bisnis online. Jika tidak suka memasak, jangan coba-coba bisnis catering. Intinya selalu pilih jenis bisnis yang disukai dan lakukan sepenuh hati. Mengapa harus yang disukai? Karena hal tersebut membantu Anda lebih konsisten melakukan bisnis tersebut. Jika merasa tidak suka dan bosan, pasti Anda akan gampang menyerah. Nah, inilah yang ingin kita hindari. Sebaiknya selalu pastikan menyukai segala pekerjaan yang Anda lakukan. Termasuk dalam mengelola sebuah bisnis, sebaiknya pilih jenis bisnis yang sesuai kesukaan dan keinginan Anda.

Perencanaan Bisnis Entrepeneur Yang Matang

Dalam menjalankan usaha yang bisa dikerjakan di rumah, sebaiknya lakukan perencanaan setiap tahap dengan baik. Jangan berpikir bahwa bisnis kecil-kecilan tidak butuh persiapan yang matang. Salah besar, baik menjalankan bisnis kecil maupun besar, yang patut diperhatikan yaitu kesuksesan usaha terjadi bila bisnis direncanakan sebaik mungkin. Mulai dari pemilihan supplier, pemilihan jasa kirim terbaik, hingga sistem pemesanan, pengepakan dan pengiriman barang.

Merencanakan sistem bisnis dengan matang membantu menghindari resiko kesulitan yang terjadi. Contohnya jika menjalankan usaha makanan rumahan online, maka harus pilih jasa kurir yang cepat dan terpercaya. Pastikan makanan di antar hari itu juga dan hindari resiko makanan tumpah di tengah jalan atau bentuknya berubah. Hal ini bisa jadi tidak tercapai secara optimal jika asal dalam menjalankan bisnis. Ketika ada pelanggan yang memesan, ternyata jasa kurir lambat dan akhirnya makanan membusuk. Tentu hal ini mendatangkan kerugian. Bila hal ini sudah diprediksi dari awal, maka kesulitan kecil semacam ini bisa dihindari dan bisnis yang dikelola tidak merugi.

Pahami Dan Miliki Motivasi Maksimal

Menjalankan bisnis trending perlu motivasi yang maksimal. Cari lebih dulu motivasi yang dijadikan pedoman dalam menjalankan usaha dari rumah. Entah karena ingin membantu suami, sekedar mengisi waktu luang, atau untuk tabungan pendidikan anak. Semua harus menjadi pendukung pelaksana bisnis yang tepat. Misalnya jika sekedar mengisi waktu luang, tentu tidak memaksa diri melayani orderan yang terlampau banyak. Secukup tenaga saja sudah cukup untuk meraup sedikit keuntungan. Lain lagi jika semangat berbisnis untuk membantu biaya sekolah anak, maka hal ini bisa menjadi motivasi bekerja keras dan menyelesaikan pesanan sebanyak mungkin. Inilah sebabnya motivasi adalah unsur penting dalam menjalankan usaha. Karena keberhasilan usaha yang dijalani tergantung dari niat dan motivasi masing-masing. Tanpa motivasi yang kuat, maka pebisnis bisa kehilangan semangat dalam menjalankan bisnisnya. Namun sebaliknya, berbekal semangat dan motivasi saja, terkadang bisa membuat bisnis melejit dalam waktu singkat.

Jangan Tunda Tunda Mulai Jadi Entrepeneur

Punya ide cemerlang? Tahu mana suplier barang paling murah? Jangan hanya berpikir atau berangan-angan saja, sebaiknya segera mulai untuk mempromosikan bisnis kecil-kecilan yang dijalankan. Kebanyakan orang tidak kunjung mendapatkan kesuksesan karena tidak memulai-mulai usahanya. Sibuk berpikir ini dan itu, bahkan takut gagal sebelum memulainya. Oleh karena itu buang jauh-jauh pikiran negatif dan miliki keyakinan yang kuat.

Sehingga nantinya niat menjadi enterpreneur dengan cepat bisa terwujudkan. Jangan terlalu memusingkan kata-kata orang lain atau terdampak dengan isu-isu yang beredar di masyarakat. Ambil langkah pasti dan mulai jalankan bisnis yang telah lama diinginkan. Niscaya nantinya akan lebih cepat memperoleh hasil yang menggembirakan. Mulai dari langkah yang paling minim namun mudah, sehingga saat memulai bisnis nantinya tidak terasa mudah. Misalnya dari memberikan info pada tetangga, bahwa mulai hari ini Anda menerima pesanan kue online. Hal kecil tersebut sudah cukup menjadi tindakan awal untuk menetapkan diri menjadi pengusaha atau entrepreneur dengan cepat.

ilustrasi bisnis dari rumah
ilustrasi bisnis dari rumah

Pahami Strategi Promosi

Bagi yang sudah ahli dan mahir menjalan bisnis online, maka promosi adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Sebagian usaha yang profesional bahkan menggunakan media promosi yang profesional juga. Sehingga hal ini membantu mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih maksimal. Contohnya melalui pemasangan iklan di berbagai media sosial. Atau melalui program endorse dari para artis. Memang ada biaya yang harus dikeluarkan untuk strategi promosi tersebut. Tapi bila dihitung dan diatur dengan baik, maka secara tidak langsung hasilnya akan membantu bisnis berjalan lebih lancar dan maksimal.

Bila mengalami kesulitan dalam hal promosi, sebaiknya cari info tambahan mengenai cara yang paling efektif. Tanyakan pada enterpreneur yang lain tentang cara promosi terbaik yang bisa dilakukan. Atau bacalah review media promosi yang satu dengan yang lain. Mana yang paling sesuai, baik hasilnya, biaya yang dikeluarkan serta kemudahan langkahnya. Dengan memilih dan menjalankan strategi promosi terbaik, otomatis aplikasi untuk usaha rumah tangga yang bisa dikerjakan di rumah ini bisa berjalan lebih baik dan sukses dengan cepat.

Belajar Dari Entrepeneur Ahli

Ada banyak contoh pengusaha dan enterpreneur yang awalnya hanya ibu rumah tangga, tetapi saat ini mendulang kesuksesan yang besar. Seperti beberapa pebisnis yang telah disebutkan di atas. Biasanya ada banyak dari mereka yang membagi tips kesuksesan bisnis yang dijalankan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba untuk mencontoh bagaimana cara untuk dapat jadi entrepreneur dengan cepat. Pastikan banyak hal-hal baik yang didapatkan dalam mempelajari langkah-langkah tersebut. Sehingga dengan demikian sedikit banyak mulai belajar apa dan bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk bisa mencapai kesuksesan.

Jangan ragu dan malu untuk mencoba menerapkan ide usaha kecil menjanjikan maupun nasihat dari yang sudah berpengalaman. Apalagi pebisnis senior sudah memahami kelemahan dan kekuatan masing-masing bisnis yang mereka jalankan. Sehingga sebagai pemula paling tepat untuk belajar dari orang lain. Jangan ragu dan sungkan untuk menanyakan ide-ide dan tips dari yang sudah ahli. Sehingga nantinya bisa dengan mudah diterapkan pada bisnis rumahan yang sedang dijalankan.

Coba dan Coba Lagi

Pengalaman adalah guru yang terbaik, pepatah ini sama sekali tidak salah. Ya, jika belum sukses, cobalah untuk mengulang kembali. Tidak ada cerita manis dimana seorang entrepreneur sukses di bisnis pertamanya. Selalu ada kegagalan untuk dipelajari, dan harus selalu ada semangat untuk mencoba dan mencoba lagi. Jadi, jika hari ini Anda belum berhasil, jangan berhenti begitu saja.

Bisnis yang baik perlu konsistensi. Jika baru mencoba bisnis selama seminggu lalu gagal, lanjutkan saja, siapa tahu besok adalah hari dimana bisnis Anda dapat berhasil. Jika berhenti tentu sangat disayangkan, ide bisnis yang dimiliki sejak awal jadi sia-sia dan akhirnya gagal. Ingat, entrepreneur yang baik tidak mudah menyerah. Semua pengusaha yang sukses hari ini pernah mengalami kegagalan. Bedanya, mereka memilih untuk tidak berhenti maupun menyerah. Jadi, sebaiknya Anda juga demikian!

Ternyata memang tidak mudah untuk memulai bisnis dan usaha rumah tangga. Tetapi melalui cara belajar jadi enterpreneur dengan cepat di atas, tentu menjalankan bisnis dari rumah bukan hal yang sulit lagi. Tidak perlu menunggu satu dua bulan lamanya. Segera saja realisasikan bisnis Anda, cobalah untuk mengikuti langkah-langkah yang diberikan di atas. Niscaya hasil kerja keras yang dilakukan akan cukup manis di akhir. Jadi, masih ragu banting setir?