, ,

Belajar Jadi Pengusaha Muda Sukses ala Jack Ma

by -6 views
Miliarder Jack Ma
Foto: Flickr

Siapa yang tak ingin menjadi pengusaha muda sukses? Hampir semua orang pasti menginginkan hal tersebut terjadi secepatnya. Sayangnya, masih banyak orang yang hanya bermimpi tanpa mau mengambil langkah awal untuk memulai bisnisnya.

Ada banyak kekhawatiran maupun ketakutan yang mereka emban. Salah satunya adalah risiko kegagalan dalam berbisnis. Padahal, memulai saja belum tapi sudah memikirkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Tentu tak ada yang salah dari mengantisipasi risiko yang ada. Namun, jika hal itu justru membuatmu takut untuk melangkah. Lalu kapan lagi mau memulainya?

Kegagalan adalah hal yang mutlak dalam kehidupan. Semua orang pasti pernah mengalaminya, tak terkecuali mereka yang kini telah menjadi pengusaha sukses dan ternama.

Salah satunya adalah Jack Ma, Founder perusahaan raksasa e-commerce dari China yakni Alibaba, memiliki tips tersendiri bagi para pengusaha muda yang ingin sukses di usia dini. Dalam sebuah ruang seminar, Jack Ma berbagi mengenai 3 prinsip yang harus dimiliki oleh calon pengusaha muda sukses. Berikut beberapa di antaranya:

Belajar Jadi Pengusaha Muda Sukses ala Jack Ma

 

Pengusaha Muda Sukses
Foto: GettyImages

1. Jangan takut menghadapi tantangan dalam dunia bisnis

 

Jack Ma secara terang-terangan berkata bahwa ia tidak ingin mengajari orang cara menjadi sukses. Sebaliknya, ia ingin menginspirasi orang lain untuk berani menghadapi tantangan dalam dunia bisnis yang semakin keras. 

Menurutnya, calon pengusaha sukses harus siap dengan segala risiko dan tantangan yang ada di depan mata. Jadi, bukan malah berlari namun menghadapi masalah tersebut dan mencari jalan keluarnya. Dengan demikian, para pengusaha bisa belajar dari pengalaman.

Kedepannya, jika mengalami masalah serupa dalam bisnis. Diharapkan pengalaman tersebut mengajari banyak hal dan memberikan insight lebih terhadap cara mengatasi problematika dalam usaha yang tengah dirintisnya.

2. Seorang pengusaha harus memiliki kepercayaan diri

Menurut Jack Ma, pengusaha yang siap untuk menjadi sukses pasti adalah orang-orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi. Mereka percaya dengan kemampuannya serta percaya dengan ide bisnis yang mereka jalankan. Kepercayaan ini akan menuntun para calon pengusaha untuk tetap percaya pada mimpinya, meski diragukan oleh banyak orang. Termasuk keluarga ataupun teman terdekat.

Jack Ma sendiri pun pernah diragukan orang-orang. Namun, kini namanya menjadi salah satu pengusaha besar yang telah mendunia. Sebab, jika kamu tak percaya pada dirimu, orang lain pun juga akan sulit melakukannya. Maka dari itu, mulailah segala apapun dari diri kita sendiri dan biarkan orang lain yang mengikuti.

3. Belajarlah dari kesalahan 

Seorang calon pengusaha sukses harus memiliki karakter yang mau terus belajar hal-hal baru. Termasuk belajar dari kesalahan atau kegagalan di masa lampau. Jika bisnismu pernah mengalami pasang surut bahkan hingga nyaris bangkrut, lakukanlah evaluasi terhadap strategi yang kamu gunakan. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui di mana letak kesalahan yang kamu lakukan.

Kedepannya koreksi tersebut bisa kamu jadikan bekal untuk mengantisipasi terjadinya hal yang sama. Maka dari itu, jangan pernah takut gagal sebelum mencoba. Jika memang gagal, teruslah bangkit sampai kamu mencapai puncak keberhasilan.

4. Utamakan kepuasan pelanggan

Jack Ma berkata bahwa prioritasnya adalah pelanggan, karyawan baru perusahaan. Baginya, kepuasan pelanggan adalah yang utama. Jika pelanggan puas dengan produk maupun jasa yang ditawarkan, karyawannya pun juga akan semakin semangat untuk bekerja.

Karyawan yang produktif dan bahagia, akan menghasilkan produk atau pelayanan yang berkualitas baik. Selanjutnya, dari produktivitas karyawan tersebut akan berdampak pada angka penjualan perusahaan.

5. Miliki tim yang baik dan supportif

Peran tim dalam dunia bisnis bisa menjadi salah satu faktor pencetus kesuksesan. Ada banyak pelaku bisnis yang sudah sukses bermula dari merintis usaha dengan teman dekatnya. Sebut saja Mark Zuckerberg, CEO Facebook yang membuat situs jejaring sosial media terbesar di dunia itu bersama beberapa teman kuliahnya.

Selain itu, dukungan dari orang-orang di sekitar juga akan sangat berpengaruh. Maka sebelum memulai berbisnis, mintalah masukan dari keluarga, pasangan maupun sahabat dekatmu. Untuk memberikan review mengenai ide bisnis yang ingin kamu rintis. Mintalah dukungan dari mereka agar perjalanan bisnismu pun semakin terasa mudah dan lancar.

Demikian artikel mengenai Belajar Jadi Pengusaha Muda ala Jack Ma. Yang terpenting adalah jangan mudah menyerah meski jatuh berulangkali. Tetaplah bangkit dan percaya bahwa usahamu tidak akan pernah menghianati hasil yang akan diberikan nanti. Selamat mencoba dan salam sukses!