,

Bentuk-Bentuk Badan Usaha yang Ada di Indonesia

by -3 views
Bentuk-Bentuk Badan Usaha
Bentuk-Bentuk Badan Usaha

Di Indonesia ada banyak bentuk-bentuk badan usaha yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu. Tidak banyak yang mengetahui perbedaan antara badan usaha dan perusahaan. Karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas tentang apa saja badan usaha yang ada di Indonesia serta pengertiannya.

Pengertian Badan Usaha

Bentuk-Bentuk Badan Usaha
Bentuk-Bentuk Badan Usaha

Badan usaha merupakan sebuah lembaga, sedangakan perusahaan merupakan unit yang menjalankan produksi terkait bisnis tertentu. Perusahaan tersebut berada di bawah naungan badan usaha.

Lebih jelasnya badan usaha merupakan lembaga yang didalamnya berisi terkait peraturan regulasi teknis. Bukan hanya itu badan usaha juga mencakup tentang regulasi praktis dan ekonomis untuk tujuan mendapatkan keuntungan atau laba.

Adapun perusahaan adalah pihak yang terkait produksi atau unit yang bertugas mengelola sebuah bisnis untuk mendapatkan keuntungan diatas.

Dengan melihat definisi dan perbandingan antara badan usaha dan perusahaan, kita dapat membedakan bahwa keduanya adalah dua unsur yang berbeda. Karena banyak orang yang belum mengerti terkait badan usaha ataupun perusahaan itu sendiri.

Bentuk-Bentuk Badan Usaha

Bentuk-Bentuk Badan Usaha
Bentuk-Bentuk Badan Usaha

Setelah kita mengetahui terkait pengertian perusahaan dan badan usaha, nah pada kesempatan ini kita akan membahas terkait bentuk-bentuk badan usaha yang ada di Indonesia. Berikut penjelasannya:

Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas merupakan badan usaha yang didirikan dari berbagai modal berupa saham. Nah orang yang menanamkan modal tersebut itulah yang disebut sebagai pemilik perusahaan.

Adapun modal saham yang ada di dalam perusahaan berbentuk PT bisa diperjualbelikan sesuai dengan perjanjian. Karena itu kepemilikan sebuah PT bisa secara permanen ataupun tidak.

Orang yang memiliki modal terbanyak di sebuah perusahaan berbentuk PT pastinya selalu dinamis. Di Indonesia sendiri perseroan terbatas merupakan bentuk badan usaha yang paling banyak. Bahkan tidak jarang perusahaan-perusahaan seperti bekerjasama dengan pemerintah Indonesia.

Perusahaan Negara Umum

Perusahaan negara umum atau disingkat dengan Perum merupakan badan usaha yang dijalankan oleh pemerintah. Tujuan pendirian perusahaan negara umum ini untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat umum.

Modal yang ada di dalam perusahaan negara umum sepenuhnya murni dari pemerintah. Akan tetapi tidak jarang badan usaha jenis ini juga bekerja sama dengan pihak swasta.

Persekutuan Komanditer

Di dalam persekutuan komanditer berisikan pemilik aktif dan pasif. Adapun pengertian pemilik pasif adalah mereka yang memiliki modal. Sedangkan pemilik aktif adalah mereka yang bekerja sama untuk mengelola perusahaan terkait.

Adapun keuntungan dan kerugian yang dibebankan kepada pemilik pasif sudah ditentukan ketika kesepakatan awal. Keuntungan dan kerugian tersebut bisa dibagi rata.

Regulasi terkait badan usaha persekutuan komanditer biasanya berupa akta notaris. Walaupun hal ini tidak menjadi syarat untuk pendirian usaha persekutuan komanditer.

Persekutuan Firma

Di dalam badan hukum persekutuan firma dijalankan oleh dua orang atau bisa juga lebih untuk bekerja sama. Nah adapun perbedaan dengan badan usaha persekutuan perdata adalah; di dalam badan usaha firma jika berhutang maka seluruh pemilik yang terkait juga akan menanggung utang tersebut.

Terkait tanggung jawab membayar hutang, di dalam firma tidak hanya dibebankan kepada penyetoran modal usaha di awal. Akan tetapi aset ataupun harta pribadi yang terkait harus juga disetorkan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Persekutuan Perdata

Bentuk badan usaha selanjutnya adalah persekutuan perdata. Ini adalah jenis badan usaha yang dijalankan oleh dua orang atau bisa juga lebih dan didasarkan atas perjanjian kerjasama. Hal itu juga termasuk terkait kesepakatan untuk membangun perusahaan dengan nama bersama.

Perjanjian ataupun kesepakatan di dalam badan usaha persekutuan perdata bukan hanya mengatur terkait kisaran modal. Akan tetapi setiap pemilik juga mendapatkan keuntungan dan profit yang harus dibagi secara adil.

Perusahaan Perseorangan

Sesuai dengan namanya badan usaha perusahaan perseorangan merupakan perusahaan yang dibangun oleh seseorang secara mandiri. Karenanya, jenis usaha seperti ini terbilang sederhana dan dengan skala kecil.

Ciri badan usaha perusahaan perseorangan adalah barang atau jasa yang dihasilkan berskala kecil. Hal itu karena memang alat produksi di dalam badan usaha ini terbilang sederhana.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang bentuk-bentuk badan usaha yang ada di Indonesia. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait dunia bisnis. Baca juga pembahasan lain terkait Ini 5 Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola oleh Kelompok