,

Berbisnis Keripik Sayur, Usaha Kecil Yang Menjanjikan

by -9 views
Ilustrasi produk keripik yang selalu laris di pasaran
Ilustrasi produk keripik yang selalu laris di pasaran

Keripik merupakan makanan ringan yang disuka banyak orang. Survey Yougov tahun 2015 menunjukkan cemilan favorit nomor satu bagi orang Asia termasuk Indonesia adalah keripik. Kerenyahan keripik dengan berbagai rasa termasuk rasa khas bahan bakunya, bisa bikin ketagihan. Anda pun bisa mencoba keripik sebagai usaha kecil yang menjanjikan.

Anda bisa memproduksi keripik sendiri karena proses pembuatannya rata-rata cukup mudah. Di tahap awal, Anda bisa menggunakan alat-alat rumah tangga biasa untuk memperkecil modal. Dari ratusan ribu rupiah, Anda bisa sulap menjadi jutaan rupiah! Sungguh, berbisnis keripik adalah satu usaha rumahan modal kecil untung banyak!

Jika Anda masih belum percaya diri untuk memproduksi keripik, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper. Anda bisa juga membeli keripik curah dalam jumlah besar, lalu dikemas dalam ukuran kecil dan menarik.

Pemasaran keripik cukup mudah dan banyak kesempatan bisa dipergunakan. Titip ke warung tetangga, kantin sekolah, jualan lewat toko online di marketplace, suplai keripik ke warung makan dan restoran, atau toko kecil spesialisasi keripik di rumah.

Anda takkan kehabisan ide untuk berjualan. Ada puluhan macam keripik yang bisa Anda temukan di pasaran. Orang berlomba-lomba menciptakan keripik dengan rasa khas karena mereka menganggap bisnis keripik adalah usaha kecil yang menjanjikan.

Anda bisa fokus pada 1-2 keripik saja sebagai produk utama, seperti Maicih dengan keripik singkong dan basreng-nya. Atau Anda bisa menjadi toserba keripik alias toko serba ada.

Ide usaha kecil menjanjikan dengan keripik sayur

 

Atau Anda bisa berjualan khusus keripik sayur.

Selain dimasak seperti biasa, beberapa jenis sayur juga bisa diolah sebagai keripik. Anak-anak yang susah makan sayur, biasanya lebih mudah dibujuk makan keripik sayur dengan kandungan gizi sayur namun berbeda rasa.

Berminat memulai bisnis keripik sayur? Simak 8 keripik sayur yang bisa menjadi produk jualan Anda.

 

8 macam keripik sayur sebagai usaha kecil menjanjikan

 

  1. Keripik Bayam

Daun bayam segar
Selain untuk sayur, daun bayam populer diolah menjadi keripik bayam

Bayam ternyata bisa digunakan sebagai bahan keripik. Rasa yang dihasilkan pastilah enak dan gurih. Cari bayam yang berdaun lebar agar mudah diproses menjadi keripik bayam.

  1. Keripik Sawi

Ternyata sawi pun bisa diolah menjadi keripik. Anda bisa menggoreng daun sawi berlapis tepung. Ada juga cara lain untuk membuat keripik sawi. Blender sawi terlebih dulu sebelum dicampur dengan bahan seperti tepung dan margarin, lalu digoreng sampai matang.

  1. Keripik Lobak

Sayuran Lobak Putih
Keripik lobak masih jarang di pasaran, peluang bagi Anda!

Keripik lobak masih jarang tersedia di pasaran. Siapa tahu Anda bisa membuatnya menjadi trend? Lobak bisa Anda potong tipis-tipis, lalu dipanggang sampai kering. Beri sedikit garam atau tambahan rasa pedas. Ditanggung bisa menjadi teman makan yang menyenangkan!

  1. Keripik Pare

Tumpukan pare segar
Pare bisa dihilangkan rasa pahitnya sebelum diolah menjadi keripik pare

Usaha kecil yang menjanjikan lainnya adalah keripik pare. Setelah pare diiris tipis, remas-remas pare dengan garam sampai berair. Lalu cuci bersih dengan air garam. Ini akan menghilangkan rasa pahit yang biasanya melekat pada pare. Anda bisa menggoreng pare sebentar sebelum dicampur dengan adonan tepung, lalu goreng kembali.

  1. Keripik Kemangi

Daun kemangi yang biasanya buat lalapan, ternyata enak juga dibikin keripik. Berlumur adonan tepung beras,kuning telur, bawang putih dan bumbu lainnya dan digoreng, keripik kemangi siap Anda kemas dan pasarkan.

  1. Keripik Terong

Keripik terong mulai banyak dijual di pasaran. Keripiki diiris tipis dan digoreng setelah dicelupkan dalam adonan tepung. Tipis saja lapisan tepungnya agar terong tetap berasa. Goreng sampai kuning dan kecoklatan. Keripik terong siap Anda kemas dan jual ke pelanggan.

  1. Keripik Kenikir

Daun kenikir juga bisa Anda jadikan sebagai bahan baku keripik. Bau daun kenikir yang menusuk bisa hilang dengan dijadikan keripik, sehingga lebih disukai anak-anak. Sungguh satu potensi usaha kecil yang menjanjikan!

  1. Keripik Kentang

Kalau yang satu ini, tidak usah diragukan popularitasnya. Anda bisa berkreasi dengan keripik kentang dan menyediakan variasi rasa yang beda. Siapa tahu, merek keripik kentang Anda yang dimulai sebagai usaha rumah tangga bisa mendunia seperti keripik kentang Pringles yang ternama itu.

 

Sebagai makanan ringan, keripik hampir selalu hadir di setiap kesempatan. Buat ngemil sendirian, ramai-ramai nonton televisi bersama keluarga, teman perjalanan, atau buat sajian saat ada tamu datang. Tak perlu ragu lagi untuk menganggap bisnis keripik adalah usaha kecil yang menjanjikan.

Anda perlu menyediakan kemasan yang menarik. Toko plastik menyediakan banyak model kemasan yang bisa Anda gunakan, seperti standing pouch plastik yang harganya berkisar mulai Rp. 700,- per buah.

Gunakan merek yang mudah diingat dan juga logo yang profesional. Promosikan melalui media sosial secara rutin. Dan jangan lupa, selalu ikuti Infobiznis karena di sini Anda bisa mendapatkan berbagai informasi bisnis terpercaya.