,

Bingung Cari Bisnis untuk Mahasiswa? Buka Usaha Kuliner Saja!

by -13 views
bisnis untuk mahasiswa
ide bisnis untuk mahasiswa

Ada banyak bisnis untuk mahasiswa yang bisa dikerjakan tanpa mengorbankan waktu kuliah, salah satunya adalah usaha kuliner. Bisnis ini terbilang sangat menguntungkan karena anda bisa menjualnya sekitaran kampus ataupun kosan tempat tinggal.Jenis kuliner yang bisa dijual pun sangat bervariatif, ini tergantung dengan lokasi Anda menjualnya.

Akan tetapi jika Anda masih bingung kuliner apa yang cocok untuk dijual bagi mahasiswa, serta bagaimana cara memulainya, silahkan simak informasi berikut ini:

Ide Usaha Makanan untuk Mahasiswa

ide bisnis
Ilustrasi ide bisnis

Ada beberapa jenis makanan yang memang disukai oleh mahasiswa, karena memang biasanya mereka suka dengan makanan yang ringan. Untuk itu anda pun harus menyesuaikannya dengan lingkungan sekitar. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang bisa anda jual:

1. Bisnis untuk Mahasiswa Piscok

Piscok adalah makanan ringan yang terbuat dari pisang dan coklat, rasanya sangat enak, dan tentunya disukai mahasiswa. Makanan ini sangat cocok untuk dijajakan di pinggir kampus serta cara penyajiannya pun yang yang sederhana. Makanan ini biasanya dijadikan cemilan saat para mahasiswa nongkrong dan duduk bersama dengan temannya yang lain.

2. Bubur Ayam

Bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah bubur ayam, ini juga sangat cocok untuk jual di kampus, biasanya bubur ayam laku keras saat pagi dan malam hari. Ini mungkin bukan jenis makanan ringan, tetapi makanan ini cukup sederhana dan mudah dijual di sekitaran kampus. Bubur ayam bisa dijual menggunakan stand penjualan ataupun dengan gerobak sederhana.

3. Bisnis untuk Mahasiswa Roti Bakar

Hampir sama dengan bubur ayam, roti bakar banyak dicari oleh mahasiswa untuk makan pagi ataupun sore. Anda bisa membuat roti bakar yang bervariasi, terutama roti manis karena memang mahasiswa menyukai jajanan yang manis dan tidak terlalu mengenyangkan. Untuk Anda yang iseng mau berjualan ide ini sangatlah cocok.

4. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang menjadi favorit hampir semua orang, tidak ketinggalan oleh mahasiswa. Mereka sangat menyukai gorengan karena memang murah dan bisa didapatkan di mana pun. Termasuk jika anda ingin membuka usaha gorengan ini, tidak perlu memikirkan persaingan, makanan ini tetap bisa laris manis terjual.

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Tips Memulai Bisnis Kuliner
Ilustrasi Tips Memulai Bisnis Kuliner

Jika anda adalah mahasiswa yang belum memiliki pengalaman terkait dunia kuliner, tentu anda harus belajar lebih dalam lagi. Kuliner sangat menjanjikan akan tetapi tidak semua orang berani untuk memulainya. Berikut ini tips memulai bisnis untuk mahasiswa:

1. Selalu Berkomitmen

Kuliner adalah usaha yang cukup melelahkan karena memang setiap hari Anda harus menyediakan makanan yang ingin dijual. Jika tidak punya komitmen dan keseriusan maka bisnis ini akan berhenti di tengah jalan. Berkomitmen lah untuk mengembangkan usaha kuliner anda karena memang itu adalah modal utamanya.

2. Membuat Konsep Kuliner yang Menarik

Jika anda membangun bisnis apapun, bentuk konsep adalah salah satu yang terpenting. Tidak berbeda dengan usaha kuliner, Anda harus memiliki konsep yang berbeda untuk membuat orang tertarik dengan kuliner yang dijual. Sebelum membuka usaha kuliner pastikan bahwa anda memiliki konsep dan tujuan pasar yang jelas.

3. Memperhitungkan Modal Awal

Membangun sebuah bisnis tentu modal awal menjadi sangat penting. Hampir semua usaha tentu memerlukan modal yang tidak sedikit, termasuk bisnis kuliner. Biaya harus anda perhitungan dengan sangat baik jangan sampai keuntungan yang didapat tidak menutupi biaya operasional selama ini.

4. Menentukan Lokasi Usaha

Setelah menentukan konsep, cobalah bergerilya mencari lokasi strategis untuk menjual dagangan anda. Lokasi sangat menentukan usaha kuliner anda laku atau tidak, pastikan juga target pasar Anda tepat. Carilah lokasi yang ramai dan mudah diakses, serta perhitungkan terkait persaingan di lokasi tersebut.

Nah demikianlah bisnis untuk mahasiswa yang bisa anda kerjakan tanpa mengorbankan waktu kuliah. Pelajari lebih dalam tentang bisnis yang ingin anda rintis, berusaha dan terus berdoa agar dimudahkan dalam mengelola usaha kuliner. Semoga artikel ini bermanfaat silahkan share kepada teman dan keluarga. Baca juga artikel terkait 7 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi