, ,

3+ Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China

by -7 views
Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China
Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China

Sebagai pebisnis barangkali Anda pernah mendengar peluang usaha impor barang dari China. Bisnis importir barang dari China Memang menjanjikan keuntungan besar, akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui cara melakukannya.

Nah pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa tips atau cara melakukan importir dari Cina. Jika tertarik Silahkan baca pembahasan ini hingga selesai.

4 Marketplace untuk Membeli Barang dari China

Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China
Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China

Perkembangan teknologi memang terus meningkat, sehingga Anda dapat melakukan importir dari China hanya melalui internet. Lalu apa marketplace terbaik untuk memesan produk dari China? Berikut informasinya untuk Anda:

  • Importir barang menggunakan Alibaba.com

Marketplace yang sangat terkenal dari Cina adalah Alibaba.com. Anda dapat memanfaatkan marketplace ini untuk melakukan importir produk dari China ke Indonesia.

Marketplace ini memang sudah ada sejak lama, yaitu pada tahun 1999 yang didirikan oleh Jack Ma. Seiring dengan perkembangan zaman marketplace asal China ini menjadi salah satu yang paling populer di kawasan Asia.

Anda dapat menemukan berbagai macam produk yang dibuat di Cina tentunya dengan harga yang cukup murah. Siapa pun dapat membeli produk di Alibaba.com secara eceran ataupun grosiran. Hampir sama dengan marketplace yang ada di Indonesia, cara membeli produk di Alibaba pun terbilang mudah dan bisa dikerjakan sendiri.

  • Menggunakan Aliexpress.com

Bahasa default ynag digunakan Aliexpress.com adalah bahasa Inggris. AliExpress sendiri merupakan bagian perusahaan Alibaba, sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang berasal dari Cina dengan harga relatif murah.

Hampir sama dengan Alibaba.com, di situs AliExpress Anda juga bisa membeli produk secara grosir maupun eceran. Produk yang ada juga banyak yang berasal dari produsen individu dan bukan perusahaan-perusahaan besar.

  • Importir tenggunakan Taobao.com

Taobao.com merupakan salah satu e-commerce terbesar di Cina. Marketplace ini bisa digunakan di Indonesia untuk mengimpor produk-produk dari Cina yang memiliki harga harga murah.

Konsep yang ditawarkan oleh marketplace Taobao.com ini tidak jauh berbeda dengan marketplace pada umumnya. Ada ribuan produk yang bisa dicari di marketplace ini.

  • Melakukan importir dengan situs 1688.com

Marketplace bernama 1688.com anak perusahaan dari Alibaba. Hanya saja situs ini memang mengusung bahasa Mandarin, akan tetapi tidak perlu khawatir karena 1688.com menyediakan fasilitas Google Translate.

Anda harus benar-benar cermat ketika membeli produk di situs ini, karena harganya memang hampir sama dengan Alibaba. Jika cermat dan jeli memperhatikan harga barang, Anda dapat menemukan harga yang lebih murah dibanding dengan marketplace lainnya.

Tips Import Barang dari China

Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China
Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China

Di atas kita telah mengetahui beberapa situs marketplace yang bisa dijadikan media untuk melakukan importir dari Cina. Nah di bawah ini kita akan membahas cara mendatangkan produk dari China menggunakan beberapa jalur impor:

  • Lewat jalur pelabuhan

Ada banyak perusahaan forward yang bisa membantu untuk melakukan importir dari Cina. Kelebihan menggunakan jalur pelabuhan atau kapal air adalah; Anda dapat mengimpor produk dari China dengan jumlah yang besar. Perusahaan-perusahaan besar biasa menggunakan jalur pelabuhan ini untuk mengimpor produk ke Indonesia

  • Jalur pariwisata

Ketika berkunjung ke Cina dengan agen pariwisata tertentu, maka Anda dapat melakukan importir produk dari China ke Indonesia menggunakan jalur ini. Biasanya agen pariwisata akan mengantarkan Anda ke tempat-tempat yang banyak menjual produk-produk dari China.

Manfaatkanlah moment ini untuk mendapatkan produk murah sehingga bisa dijual lagi di Indonesia. Walaupun memang tidak dapat melakukan importir dengan skala besar, akan tetapi hal itu itu bisa menghindarkan Anda dari biaya pajak di bandara.

  • Jalur pribadi

Anda juga dapat memanfaatkan jalur pribadi, atau istilahnya adalah jastip. Ketika ada teman atau keluarga pergi ke Cina, maka Anda dapat memesan kepada mereka untuk membelikan produk tertentu yang bisa dibawa ke Indonesia.
Hampir sama dengan jalur pariwisata di atas, kekurangan jalur pribadi adalah tidak memungkinkan Anda untuk membawa produk dari China dengan skala besar.

  • Jalur online

Pada pembahasan diatas kami telah menyampaikan beberapa media online yang bisa digunakan untuk melakukan importir dari Cina. Anda dapat memanfaatkan fasilitas dari Alibaba, AliExpress, Taobao.com, atau juga situs marketplace 1688.com

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara bisnis importir barang China. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda serta menambah wawasan terkait dunia bisnis. Terima kasih dan baca juga pembahasan lain terkait Bagaimana Cara Membeli Produk Barang dari Luar Negeri?