, ,

Bisnis Laundry Rumahan, Ini Trik Mudah Agar Untung Besar

by -9 views
Usaha Modal 20 Juta
Usaha Modal 20 Juta

Bisnis laundry menjadi salah satu usaha kecil kecilan ibu rumah tangga yang banyak diincar orang. Pastinya mencuci baju adalah kebutuhan mendasar setiap orang. Apalagi jika berada di dekat kampus atau perkantoran. Baik mahasiswa maupun karyawan biasanya tak mau repot mencuci pakaian.

Jika kamu berniat menjalankan usaha kecil-kecilan yang menguntungkan ini, sebaiknya memahami dulu cara menjalankan bisnisnya. Bisnis laundry rumahan bisa jadi usaha rumah tangga yang menguntungkan dengan cara berikut ini.

Bisnis laundry
Bisnis laundry

1.Memulai Bisnis Laundry dengan Memilih lokasi dengan tepat

 Lokasi usaha memang cukup menentukan kesuksesan usaha tersebut. Pastinya saat orang memutuskan untuk bisnis, hal pertama yang harus dipastikan tepat adalah lokasinya. Jika salah lokasi bisa jadi tidak ada orang yang mau mengunjungi tempat usahamu.

Maka, hal pertama yang wajib dilakukan adalah dengan melakukan survei. Coba lihat kebutuhan di sekitar rumahmu. Apakah memang orang-orangnya membutuhkan jasa laundry. Jangan sampai ternyata lingkungan di sekitar sebenarnya tidak membutuhkan tempat laundry.

Lokasi ini juga berpengaruh pada modal yang akan kamu keluarkan. Jika memang mau melakukannya di rumah, pastinya kamu tak perlu lagi menyewa tempat. Tapi pastikan bahwa keterseidaan air dan sistem drainasenya baik. Jangan sampai salah dalam mengelola bisnis laundry kiloan ini.

Bisnis laundry
Bisnis laundry

2.Bisnis Laundry yang Sukses dengan Menentukan Harga

Laundry memang masuk ke dalam bisnis yang menjanjikan. Hanya saja kamu perlu mengingat bisnis ini memiliki persaingan yang ketat. Apalagi jika di tempat yang padat penduduk. Pastinya semua orang berpikir ini adalah peluang.

Cobalah untuk membuat harga promo pada saat buka. Di situ biasanya orang akan mulai mencoba jasa laundry kamu. Nah, kamu harus memanfaatkan momen ini dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Setelah itu, barulah kamu bisa mematok harga sesuai dengan kualitas yang diberikan. Jangan lupa harga juga ditentukan dari target pasar. Misalnya jika memang menyasar mahasiswa sebaiknya harganya jangan terlalu mahal. Kamu bisa menimbang mana biaya produksi yang bisa dikurangi.

Bisnis laundry
Bisnis laundry

3.Buat Layanan yang Terbaik

Banyak orang yang menyepelekan sebuah layanan. Banyak hal sepele yang terkadang dilupakan orang saat bisnis laundry. Salah satunya adalah tidak tepat waktu. Saat laundry tentu kamu akan menjanjikan waktu selesainya sebuah cucian.

Pelanggan tentu akan merasa kesal bila janji tersebut tidak ditepati. Lalu kamu juga bisa memilih deterjen hingga pewangi yang memang disukai pasar. Salah satu faktor kepuasan dari layanan laundry adalah hasilnya yang wangi dan juga bersih.

Jangan lupa untuk menanyakan hasil laundry tersebut kepada pelanggan. Kritik dan saran menjadi salah satu bagian dari peningkatan layanan. Kamu jadi tahu apa yang harus diperbaiki dan pastinya pelanggan juga akan merasa bahwa dirinya didengar oleh pemilik usaha.

Bisnis laundry
Bisnis laundry

4.Berikan Layanan yang Bervariasi

Ketika bisnis laundry sudah berjalan, kamu bisa melakukan berbagai macam inovasi. Seperti sebuah prinsip yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. Nah, prinsip ini bisa kamu angkat dalam bisnis. Artinya pastikan kamu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan datang padamu.

Beberapa layanan yang bisa kamu berikan antara lain laundry ekspress. Kamu bisa membuat promo atau layanan yang menarik perhatian. Misalnya bisa beres hanya dalam beberapa jam saja. Layanan ini mungkin cocok bagi karyawan yang membutuhkan seragam bersih dalam waktu cepat.

Kamu juga bisa membuka layanan untuk membersihkan barang-barang seperti selimut, karpet hingga tas. Orang jadi tak perlu datang ke tempat lain jika ingin mencuci barangnya. Dengan kata lain usahamu menjadi ‘one stop solution’.

Layanan lain yang bisa dilakukan juga bisa dengan memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk memilih parfum pakaian yang dipakai. Pastinya unik sekali ya jika pelanggan bisa memilih apa yang mereka suka.

Bisnis laundry pada dasarnya masuk ke dalam usaha kecil kecilan yang menguntungkan terutama untuk ibu rumah tangga. Namun, kamu harus memiliki inovasi dan layanan prima. Ingat bahwa tak hanya kamu saja yang membuka bisnis seperti ini. Jika memang benar mencobanya, jangan lupa trik di atas ya!