, ,

Bisnis Laundry Waralaba Atau Mandiri, Pilih yang Mana?

by -12 views
Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar
Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Bisnis laundry atau cuci baju kiloan telah berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya outlet atau gerai laundry di berbagai kota besar di Indonesia. Latar belakang terjadinya fenomena ini dikarenakan berubahnya gaya hidup masyarakat yang lebih banyak bergerak cepat. Orang-orang pun mulai sibuk dengan pekerjaannya hingga tak sempat mencuci pakaian yang mereka miliki.

Oleh karena itu, bisnis laundry dapat menjadi peluang bagi kamu yang sedang ingin membuka sebuah bisnis. Tetapi, sebelum kamu memulainya, akan lebih baik jika kamu mengetahui bisnis laundry yang akan kamu jalankan itu dengan mandiri atau mekanisme waralaba. Sebagai bahan pertimbangan, InfoBiznis telah merangkumkan beberapa kelebihan dan kelemahan dari bisnis laundry mandiri dan juga laundry waralaba.

Kelebihan dan Kekurangan Laundry Mandiri

Waralaba Laundry
Foto: Pexels

(+) Modal lebih sedikit, hanya berkisar Rp 15-30 jutaan saja sudah dapat membuka usaha laundry di lokasi strategis seperti di perumahan penduduk, atau di sekitar kos-kosan.

(+) Keuntungan dari penjualan 100% milik sendiri.

(-) Sistem administrasi hingga pembangunan gerai harus dilakukan sendiri.

(-) Karena brand belum dikenal masyarakat, jadi kamu harus merencanakan strategi promosi dengan baik agar usahamu dapat terus berkembang.

Kelebihan dan Kekurangan Laundry dengan Waralaba

Waralaba Laundry
Foto: Pexels

(+) Tidak perlu repot mengurus sistem administrasi hingga pembangunan gerai karena telah ada SOP dari pihak pemilik waralaba.

(+) Promosi lebih mudah dilakukan karena brand sudah dikenal oleh masyarakat.

(-) Modal yang dibutuhkan lebih besar, mulai dari Rp 30 juta bahkan hingga mencapai ratusan juta bergantung pada paket yang ditawarkan oleh pihak pemilik waralaba.

(-) Terdapat royalty fee atau franchise fee sehingga keuntungan penjualan yang kamu dapat tidak akan sepenuhnya menjadi milikmu.

Nah, dari paparan di atas apakah kamu sudah dapat memutuskan akan memilih untuk berbisnis laundry secara mandiri atau waralaba? Tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda yang dapat kamu sesuaikan dengan modal ataupun tujuan kamu dalam berbisnis.

Waralaba Laundry yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Waralaba Laundry
Foto: Pexels

Memulai bisnis laundry secara mandiri dari nol mungkin terlihat menguntungkan, akan tetapi bagi kamu yang baru akan merintis usaha, resiko yang besar mungkin akan membuatmu takut hingga mengurungkan niatmu. Sebagai alternatif, kamu dapat memilih membuka bisnis secara waralaba.

Bisnis waralaba jasa laundry saat ini sudah banyak berkembang, loh! Ada berbagai brand yang bisa kamu pilih untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kamu berminat untuk terjun dalam bisnis waralaba laundry, kamu dapat menilik beberapa alternatif bisnis waralaba laundry berikut ini:

 

  • PT Kliknklin Digital Nusantara (LaundryKlin)

 

PT Kliknklin Digital Nusantara adalah sebuah perusahaan waralaba jasa binatu pertama yang menggunakan aplikasi online. Berdiri sejak tahun 2016, LaundryKlin menjadi platform kemitraan usaha laundry yang didukung oleh teknologi secara online yang memberikan kemudahan kepada seluruh stakeholder baik itu pelanggan, mitra maupun investor.

Teknologi yang diusung oleh PT KliknKlin Digital Nusantara merupakan sebuah aplikasi bernama “KliknKlin” yang dapat diunduh baik oleh pengguna Android melalui Play Store ataupun App Store bagi pengguna iOS. Aplikasi ini dapat membantu pelanggan yang tidak bisa datang secara langsung ke outlet sehingga dapat melakukan order secara online. Keunikan tersebutlah yang akhirnya membuat LaundryKlin menjadi salah satu perusahaan waralaba laundry yang paling sukses di Indonesia. 

LaundryKlin saat ini membuka peluang bagi kamu yang ingin bermitra. Menurut Head of Sales LaundryKlin, Erni Fridayati tawaran waralaba dengan beragam paket yang bisa kamu pilih. Mulai dari mitra agen yang hanya membutuhkan modal awal sebesar Rp 15 juta hingga paket dengan modal Rp 560 juta.

Jika tertarik, kamu bisa menghubungi mereka melalui WhatsApp pada nomor +62 811-1566-664 atau mengunjungi laman website mereka di www.laundryklin.com untuk bergabung sebagai mitra.

 

  • Simply Fresh Laundry

 

Simply Fresh Laundry merupakan waralaba jasa laundry kiloan yang pertama dan terbesar di Indonesia. Berdiri sejak 2006, kini telah tersebar sebanyak lebih dari 340 outlet di berbagai kota di Indonesia.

Sebagai pelopor Laundry kiloan di Indonesia, Simply Fresh Laundry telah mendapatkan setidaknya 36 penghargaan. Predikat sebagai trendsetter dan brand laundry terpopuler di Indonesia berdasarkan survei Nasional TOM pun diraih secara berturut-turut sejak 2010 hingga 2016.

Simply Fresh laundry menggunakan konsep jasa layanan cuci dan setrika berdasarkan pada jumlah berat (dalam satuan kg) cucian konsumen sehingga harga yang ditawarkan lebih murah dari brand lain dengan tetap mengutamakan kualitas dan layanannya.

Kamu bisa menjadi mitra Simply Fresh Laundry juga, loh! Terdapat dua pilihan paket yang ditawarkan, yaitu Business Opportunity (BO) dengan nilai investasi mulai dari Rp 45 juta dan lokasi usaha minimal 20m2. Dan yang kedua adalah Franchise Simply Fresh dengan nilai investasi mulai dari Rp 114 juta dengan luas lokasi usaha minimal 40 m2. Kedua paket tersebut memiliki berbagai benefit yang berbeda yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan modal yang kamu miliki.

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk bergabung? Daftar sekarang dengan menghubungi Contact Person Simply Fresh Laundry di (0274) 912 5444 atau mengunjungi laman website mereka di www.simplyfreshlaundry.com.

 

  • The Daily Wash Laundromat

 

Laundromat adalah bisnis laundry koin yang berasal dari Amerika yang sudah berkembang sejak tahun 1947. Hingga saat ini, total outlet Laundromart telah mencapai lebih dari 40.000 yang tersebar di berbagai negara di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, Laundromart baru berkembang sejak 5 tahun terakhir dan The Daily Wash merupakan perusahaan laundry pertama yang mengembangkan Coin Laundry / Laundromat pada tahun 2014 setelah menjalani bisnis laundry sejak 2007.

The Daily Wash Laundromat (TDWL) mulai membuka business opportunity sejak tahun 2017 dengan 5 tawaran paket yang berbeda yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Bukankah menjalani bisnis laundry koin menarik untuk dilakukan? Kamu dapat menghubungi mereka melalui WhatsApp pada nomor +62 812-9997-434 atau mengunjungi website www.thedailywash.co.id untuk info lebih lanjut.

Itu dia 3 brand waralaba jasa laundry yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis laundrymu. Baik itu bisnis laundry mandiri ataupun waralaba, keduanya memiliki pangsa pasar yang besar dan keuntungan yang tentunya tidak sedikit. Jadi, sudah siapkah kamu untuk memulai bisnis laundry? Selamat berbisnis!