, ,

Bisnis Online Baju Tanpa Modal? Begini Cara Suksesnya

by -3 views
Bisnis baju online
Bisnis baju online

Bisnis online baju menjadi salah satu bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa membuat toko online dan mengemas barangnya lalu mengirimkan dengan jasa ekspedisi. Namun, bagaimana jika tidak punya modal besar atau bahkan tak punya modal?

Nah, usaha rumah tangga ini ternyata bisa dilakukan dengan tanpa modal. Kamu wajib mengetahui trik yang tepat dalam berjualan agar baju menjadi jualan yang laku setiap hari. Berikut deretan cara bisnis online baju tanpa modal agar sukses.

Bisnis baju online
Bisnis baju online

Bisnis Online Baju Dimulai dari Memilih Jenisnya

 Sebelum memantapkan hati untuk berjualan, pastikan kamu melalukan riset yang tepat. Baju yang bisa dijual pastinya beragam mulai dari baju wanita, anak-anak, pria hingga baju muslim.Kamu mesti menentukan dulu baju apa yang sedang diminati dan mudah untuk menjualnya.

Misalnya kamu ada di lingkungan ibu-ibu muda maka kamu bisa mencoba bisnis pakaian anak. Kamu juga bisa memilih pakaian anak seperti apa yang dijual. Apakah baju rumaha atau baju formal seperti kemeja dan dress? Kamu juga bisa menjual beberapa jenis maju muslim untuk si ibu.

Dengan menentukan jenisnya kamu jadi bisa memahami target market beserta teknik pemasaran yang tepat. Banyak orang yang melakukan bisnis tapi tidak tahu siapa yang akan membeli barang dagangannya. Hal tersebut akan membuat bisnis berjalan tanpa rencana.

Bisnis baju online
Bisnis baju online dengan dropship

Bisnis Online dengan Sistem Dropship

Setelah mengetahui jenis pakaian yang akan dijual sekarang saatnya memilih barang. Kamu tak perlu khawatir bila tak punya modal karena kamu bisa mencicipi jualan dropship. Sistem ini membuat kamu tak perlu lagi menyetok atau membeli barang terlebih dahulu.

Kamu cukup memesan barang pesanan dari supplier dan barulah supplier akan mengirimkan barang itu. Hanya saja kamu perlu memilih supplier yang tepat. Tak hanya harga yang bersahabat, supplier juga harus punya kualitas barang yang bagus dan mudah untuk berkomunikasi.

Jangan sampai kamu malah repot sendiri karena supplier yang kurang bisa aktif menjawab pesanan. Kamu bisa melakukan mark up harga yang sesuai dengan harga pasaran. Jangan terlalu mahal karena mungkin pelanggan bisa menemukan barang serupa dengan harga yang lebih murah.

Bisnis baju online
Bisnis baju online

Gunakan Media Sosial dengan Foto Menarik

Saat bisnis online baju tentunya memiliki tantangan tersendiri. Salah satu tantangannya adalah harus melakukan promosi dengan cara yang menarik. Pastinya gambar baju yang jelas dan bagus akan menarik orang untuk membeli. Selain gambarnya jelas, kamu juga harus memberikan keterangan.

Jangan sampai konsumen tidak mendapatkan informasi yang lengkap terutama soal ukuran dan juga warna yang tersedia. Jangan lupa untuk menyiapkan deretan jawaban dari konsumen misalnya bahan atau model jahitan. Saat berjualan online kamu harus lebih sabar menangani pertanyaan dari konsumen.

Bisnis baju online
Bisnis baju online dengan media sosial

Buat Konsep Toko Online Sesuai Target Market

 Kembali lagi ke poin perencanaan bahwa kamu harus menyesuaikan konsep dari bisnis baju online dengan orang yang akan menjadi target pasar. Jangan sampai kamu membuat sosial media atau toko online di e-commerce tanpa ada konsep yang jelas.

Ingat bahwa inspirasi ketika seseorang ingin membeli baju adalah jelas baik dari segi gambar maupun informasi yang diberikan. Pada saat membeli di toko, seseorang dengan mudah mencoba langsung bajunya. Tapi ketika dibeli secara online tentu akan kesulitan.

Kamu bisa membuat postingan sesuai dengan target market. Misalnya ketika berjualan baju untuk anak kuliahan, kamu bisa memakai caption yang santai. Jangan lupa untuk memberikan hashtag tertentu supaya orang bisa mencari tokomu misalnya #jualbajubekasi atau #bajukuliahmurah.

Tak sampai di situ saja, bisnis online baju juga harus kreatif dalam hal promosi. Kamu bisa memberikan potongan harga bagi yang membeli banyak misalnya Rp200.000 untuk 3 pcs kemeja. Dengan begitu orang akan tertarik untuk membeli dan mencoba barang yang kamu jual.

Ternyata ada banyak cara sukses untuk bisnis online baju terutama yang tanpa modal. Asalkan dengan perencanaan yang tepat kamu bisa menjadikan usaha rumah tangga ini sebagai bisnis yang berkembang dan menjanjikan. Jangan lupa untuk merintisnya secara perlahan dan jangan terburu-buru berharap mendapatkan untung besar.