,

5 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Dengan Tiktok

by -10 views
5 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Dengan Tiktok

Semua orang dapat meningkatkan penjualan bisnis online dengan Tiktok. Hal itu karena memang Tiktok kini menjadi platform media sosial yang banyak digunakan orang.

Strategi menggunakan Tiktok sebagai platform marketing memang terbilang baru dan belum banyak diketahui orang. Tetapi siapa sangka jika platform ini kini memiliki 500 juta pengguna yang menjadikannya berpotensi besar untuk media marketing.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan platform Tiktok untuk sarana pemasaran bisnis online? Simak pembahasannya dibawah ini hingga selesai ya.

Strategi Marketing Bisnis Online Dengan Tiktok

5 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Dengan Tiktok

Mengenali bagaimana cara kerja Tiktok

Hal pertama yang perlu dipahami adalah terkait bagaimana cara kerja platform Tiktok ini. Tiktok merupakan media sosial yang fokus terhadap sharing konten video.

Video yang dapat diupload berdurasi antara 15 detik hingga 60 detik. Video yang diupload dapat dikomentari, di-share dan di-like oleh audiens. Semakin tinggi interaksi terhadap konten video, maka peluang untuk dipromosikan oleh Tiktok ke pengguna lain juga akan semakin tinggi.

Bukan hanya itu, Tiktok memiliki engagement rate yang lebih tinggi dari Instagram. Karenanya platform ini sangat cocok untuk melakukan brand awareness terhadap produk agar lebih optimal.

Carilah ide konten yang menarik

Menemukan ide konten untuk video memang membutuhkan kerja keras. Di Tiktok anda dapat menampilkan berbagai konten video tanpa harus joget-joget.

Membuat konten video di Tiktok sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat konten blog. Anda dapat memanfaatkan tool seperti ubersuggest untuk mencari kata kunci yang sedang trend dan sesuai kebutuhan audience. Setelah itu barulah membuat video yang sesuai dengan kata kunci yang anda dapat dari riset di ubersuggest sebelumnya.

Bisnis Online Dengan Tiktok Gunakan hashtag untuk memposting video

Strategi marketing bisnis online dengan Tiktok dapat juga dilakukan dengan memberi hashtag ketika memposting video. Jangan pernah untuk melupakan hastag pada setiap postingan yang anda lakukan.

Hashtag Tiktok memiliki fungsi sangat penting agar video anda dapat direkomendasikan ke pengguna lain. Hal itu karena hashtag merupakan bagian dari informasi video yang menjadi rujukan bagi pihak Tiktok untuk merekomendasikan video anda ke audience yang tepat.

Akan tetapi sebaiknya untuk tidak sembarangan di dalam menggunakan hashtag. Gunakan hashtag yang sesuai dan relevan dengan konten atau bisnis yang dimiliki.

Misalnya, anda ingin mempromosikan usaha kuliner. Maka gunakanlah hastag yang berkaitan dengan kuliner, seperti #makanan hits #minumanhits dan lain sebagainya.

Bisnis online dengan Tiktok Bekerjasama dengan para influencer

Daya pikat influencer terbukti dapat membius pengikutnya untuk menggunakan atau membeli sebuah produk. Karena itu tidak heran jika 86% marketer percaya bahwa influencer dapat meningkatkan brand awareness serta penjualan.

Salah satu buktinya ialah, brand jam tangan Daniel Wellington ternyata telah berhasil meningkatkan penjualan dalam 3 tahun sebanyak 47.000 persen dengan bantuan influencer. Angka tersebut sangat luar biasa dan mejadi bukti bagaimana influencer dapat mempengaruhi audiensnya.

Hal yang sangat penting bekerjasama dengan influencer agar marketing anda berhasil, adalah dengan memilih influencer yang sesuai dengan target audiens. Misalnya anda menarget kaum milenial, maka carilah influencer yang memiliki followers mayoritas kaum milenial atau muda.

Konsistensi dalam membuat konten

Konsisten di dalam membuat postingan konten juga menjadi hal penting. Hal itu karena jika anda memposting video, para followers akan melihat video yang diupload tersebut.

Jika video anda memiliki like dan interaksi yang banyak, maka pihak Tiktok akan menampilkan video anda ke halaman for you page.

Bayangkan jika postingan anda terus masuk ke dalam fyp setiap hari. Tentu hal tersebut dapat berimbas besar terhadap bisnis online anda

Penutup

Di artikel selanjutnya kami juga menambah beberapa pembahasan terkait tema yang sama yaitu strategi marketing bisnis online dengan Tiktok. Silahkan baca artikel tersebut untuk menambah wawasan bisnis online dengan mengklik disini. Semoga ini bermanfaat dan silahkan share kepada teman atau keluarga anda.