Ini Dia, 7 Bisnis Online Ideal Untuk Di Rumah Saja

by -78 views
bisnis online ideal

Akhir-akhir ini, di masa hashtag #dirumahaja sedang banyak digaungkan, banyak profesi ikut terdampak dan akhirnya terpaksa mencari alternatif pekerjaan yang lebih fleksibel. Aneka macam bisnis online ideal yang dapat dikerjakan dari rumah mulai menjadi primadona, baik yang sederhana hingga yang cukup kompleks. Memang, ada sebagian usaha kecil yang menjanjikan bila dilakukan dengan optimal. Sehingga tidak ada salahnya mencoba untuk menjalankan bisnis dari rumah, asalkan strategi serta langkah pemasaran yang dilakukan cukup baik dan tersistem.

Tentu saja banyak yang merasa penasaran, kira-kira apa saja bisnis online ideal untuk di rumah saja. Salah-salah, bisnis bisa berjalan kurang lancar dan gagal. Sehingga banyak orang mencari tahu informasi sejenis dan ingin memulai dari yang paling sederhana. Jika Anda termasuk yang sedang mencari lowongan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Yuk, simak berikut ini beberapa bisnis online ideal untuk di rumah saja, baik untuk para pelajar, ibu rumah tangga, dan berbagai macam profesi lainnya.

1. Bisnis Online Ideal Dropshipper

Saat ini salah satu bisnis yang cukup marak dilakukan yaitu bisnis dropshipper. Bagi pebisnis pemula, tentu saja hal yang satu ini terdengar asing dan kurang dimengerti. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menjalani bisnis dropshipper, sebaiknya ketahui dulu apa dan bagaimana bisnis ini bekerja.

Bisnis online dropshipper ini merupakan suatu bisnis dimana pelaku bisnis tidak perlu memiliki stok barang di rumah. Melainkan bisa menggantungkan stok pada agen lain yang memiliki modal lebih besar. Mekanisme menjalankan bisnis juga tidak sulit. Cukup memasang iklan penjualan produk dan tawarkan pada calon konsumen. Sesudahnya jika ada konsumen yang tertarik dan melakukan transaksi, maka Anda cukup menghubungi agen untuk mengirimkan produk ke alamat konsumen Anda tersebut.

Nah, mudah sekali bukan? Tidak perlu memiliki modal yang besar. Tunggu hingga konsumen melakukan pembayaran, kemudian bayarkan pada agen seharga yang diberikan pada Anda. Sementara harga untuk konsumen pastinya harus di atas harga agen. Dengan demikian, maka ada keuntungan penjualan yang bisa didapatkan. Jika dikumpulkan dengan sabar, keuntungan ini bisa cukup besar lho! Saat ini pula sudah banyak agen-agen besar yang menawarkan sistem dropship kepada para penjualnya. Bahkan beberapa e-commerce saat ini juga mulai menerapkan sistem tersebut. Jadi, tidak susah untuk mencoba memulai melakukan bisnis online dropshipper.

Toko Online
ilustrasi toko online

2. Menjalankan Toko Online

Jenis bisnis online berikutnya yang tak kalah menjanjikan yaitu membuka toko online. Bisa dibilang bisnis yang satu ini memang membutuhkan modal yang lumayan, namun saat ini hanya berbekal modal kecil sudah banyak yang dapat menjalankan toko onlinenya. Hanya dengan beberapa ratus ribu rupiah saja, banyak yang sudah bisa memulai untuk berjualan secara online. Baik itu berjualan makanan, pakaian, hingga kebutuhan sehari-hari.

Memiliki toko online juga tidak harus memiliki modal untuk membuat situs yang dipercaya banyak orang. Saat ini sudah banyak e-commerce yang membantu menyediakan toko online gratis besutan mereka sendiri. Sehingga para agen yang tergabung di dalamnya cukup memanfaatkan toko online gratis tersebut untuk berjualan. Keuntungan yang bisa didapatkan juga terbilang lumayan. Bila dikumpulkan dengan sabar, maka hasil dari bisnis online ini bisa cukup memuaskan. Bahkan, saat ini ada banyak agen penjual yang bisa membeli rumah dan mobil sendiri dari bisnis model tersebut. Jadi, jangan menyerah ya, toko online ini merupakan salah satu dari sederetan usaha kecil menjanjikan, Anda juga bisa mewujudkan impian tersebut!

3. Memberikan Kursus Online

Jika memiliki kemampuan akademis yang cukup baik, atau memiliki kemampuan tertentu yang bisa digunakan untuk mengajar orang lain, maka kursus online bisa menjadi alternatif menarik. Meski tidak banyak yang mengetahui hal tersebut, ternyata diam-diam memberikan kursus secara online juga bisa menjadi contoh usaha yang menjanjikan. Apalagi saat ini sekolah dari rumah menjadi tidak asing lagi. Bahkan banyak anak dengan kebutuhan khusus lebih memilih belajar di rumah baik melalui tatap muka langsung maupun secara online.

Hal ini tentu membuka peluang yang cukup besar bagi mereka yang bergerak di bidang pendidikan dan kursus untuk memulai kursus online tersendiri. Sehingga dengan demikian tidak perlu repot mengajar dari satu rumah ke rumah yang lain, cukup dilakukan di rumah saja, dan keuntungan bisa mengalir seiring waktu.

Saat ini ada banyak alternatif kursus online yang bisa diberikan pada berbagai macam peminatnya. Mulai dari kursus pelajaran sekolah, kursus bahasa, hingga kursus memasak dan kursus alat music! Wow, ternyata ada banyak yang bisa dijadikan ide untuk memulai kursus online ya! Jadi, jika memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, maupun yang memiliki keahlian tertentu, jangan sia-siakan. Mulai saja tawarkan kursus online pada kerabat atau teman terdekat. Jika sudah memiliki banyak pengalaman, tentu makin banyak yang tertarik untuk menggunakan jasa yang ditawarkan tersebut.

4. Menjadi Jasa Translator

Usaha kecil-kecilan yang menjanjikan selanjutnya yaitu menjadi jasa translator atau penterjemah. Bila memiliki kemampuan berbicara maupun menulis dalam berbagai macam bahasa, maka bisnis online ideal ini bisa menjadi contoh usaha yang dilirik untuk dicoba. Bahkan saat ini di Indonesia sendiri sudah terdapat beberapa platform online untuk wadah para penterjemah tersebut. Sehingga jika menguasai banyak bahasa, tentu ada banyak kesempatan tersedia untuk dimanfaatkan.

Menjadi jasa translator juga tidak kecil harganya, karena itu meskipun tanpa modal, tetapi penghasilan yang diterima juga cukup lumayan. Tidak heran jika profesi ini terlihat juga cukup menjanjikan. Tidak harus kemana-mana, cukup lakukan di rumah saja dan perbanyak portfolio. Semakin banyak jam terbang yang dimiliki, otomatis makin banyak klien yang mungkin tertarik. Dengan demikian makin banyak pekerjaan yang bisa diterima.

Ilustrasi bisnis online
ilustrasi bisnis online

5. Profesi Online Penulis Lepas

Jika mencari usaha kecil-kecilan di rumah yang menguntungkan, maka mencoba untuk menjadi penulis lepas bisa menjadi salah satu pilihan profesi menarik. Banyak yang belum tahu bahwa saat ini mulai banyak platform online di Indonesia yang memberikan kesempatan para penulis lepas untuk menyalurkan bakatnya. Semua dapat dimulai tanpa modal dan hasilnya juga cukup menjanjikan.

Profesi yang satu ini termasuk paling banyak diminati oleh para pelajar dan menjadi pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Karena pekerjaan yang dilakukan tidak banyak menyita waktu dan bisa dilakukan pada saat senggang. Tidak heran jika menjadi penulis lepas bisa dikatakan sebagai salah satu bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Berbekal netbook serta kemampuan mengarang kata-kata yang tepat, maka voila…sebuah artikel siap untuk meluncur di dunia maya. Tidak hanya platform lokal saja, tetapi saat ini sudah banyak platform internasional yang mencari jasa penulis profesional di rumah. Sehingga bila memiliki bakat dan kesempatan, maka profesi ini bisa jadi alternative menarik untuk dikembangkan.

6. Profesi Online Vlogger Profesional

Di era sekarang ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, banyak yang tertarik untuk membuat vlog pribadi. Bahkan ada banyak artis yang akhirnya memutuskan untuk membuat vlog mengenai kehidupan sehari-hari mereka untuk sekedar mendapatkan banyak perhatian dan penonton. Namun, siapa sangka bahwa di balik hal tersebut, ada sejumlah uang yang bisa didapatkan dari vlog yang awalnya bersifat pribadi. Sehingga tidak jarang yang pada akhirnya memutuskan untuk fokus pada pembuatan vlog mereka dan akhirnya menamakan diri sebagai vlogger profesional.

Nah, siapa saja sebenarnya bisa menjadi salah satu dari vlogger profesional tersebut. Asalkan memiliki bahan yang tepat untuk ditampilkan, maka bisa jadi vlog yang dibuat mendapat banyak respon. Dari sini maka akan ada banyak media iklan yang tertarik untuk berinvetasi, sehingga dari sinilah banyak yang mendapatkan keuntungan. Tidak cukup hanya sampai disitu, ada pula perusahaan yang berniat menyisihkan dananya untuk kegiatan endorse produk terbaru mereka. Sehingga hal ini menguntungkan para pemiliki vlog untuk membantu memberikan review yang baik tentang sebuah produk dan mendapatkan bayaran yang setimpal.

Wah, rupanya tidak hanya membuat diri kita terkenal, tetapi juga menjadi seorang vlogger layaknya menjadi artis di dunia maya. Jadi, jika punya banyak bahan untuk ditunjukkan pada orang lain, mengapa tidak memulai vlog sendiri dan mendapatkan banyak uang dari usaha tersebut. Baik itu sekedar cara menggunakan make up, cara memasak, atau kegiatan yang lucu atau mendebarkan. Selain itu, sebagai usaha yang bisa dikerjakan di rumah, tentu membantu pelakunya memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas lainnya.

7. Profesi Online Pembuat Konten

Lowongan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah berikutnya yaitu menjalankan bisnis online ideal sebagai pembuat konten. Mungkin, masih banyak orang awam yang kurang paham tentang bisnis online termasuk pekerjaan dan tugas yang perlu dilakukan oleh pembuat konten. Padahal profesi ini tersebar luas di dunia maya dan mendatangkan cukup banyak keuntungan bagi pelakunya. Untuk diketahui, pendapatkan seorang pembuat konten juga bisa jadi tidak kalah besarnya dengan para pegawai kantoran. Jadi, bagi yang memiliki banyak ide menarik yang dapat dituangkan pada sebuah konten, maka profesi ini bisa dijadikan usaha kecil yang menjanjikan.

Untuk menjadi pembuat konten yang handal, tentu harus familiar dengan berbagai macam media online. Karena pada dasarnya profesi ini menuntut untuk memahami beberapa keahlian, mulai dari mencari ide yang tepat, mengetahui struktur yang sesuai, hingga mencari gambar menarik dan melakukan posting di banyak media sosial. Sehingga tidak heran jika ada banyak anak muda yang terlibat di balik profesi dan aktivitas tersebut. Modal awal yang diperlukan juga tidak besar, sehingga siapa saja yang memiliki cukup keahlian dan sedikit modal bisa memulai karir dan profesi yang satu ini. Tidak perlu khawatir gagal, semua bisa dipelajari, demikian halnya menciptakan sebuah konten yang menarik, misalnya untuk dimuat di Youtube maupun Instagram. Jadi, pembuat konten bisa juga dikatakan sebagai bisnis online paling cocok untuk dilakukan di rumah.

Wah, rupanya banyak juga usaha kecil yang menjanjikan tanpa modal. Berbekal niat dan ketekunan, ternyata ada banyak jenis bisnis online ideal untuk di rumah saja. Jadi, jika tidak punya pekerjaan tetap, tentu tidak perlu khawatir lagi. Cobalah melangkah sedikit demi sedikit dengan memilih salah satu ide bisnis di atas. Sebagai pemula, semua bisnis tersebut tidak butuh modal yang besar. Bila dijalankan dengan semangat, tentu akan memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan. Belum percaya? Yuk coba dulu!