,

Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Dicoba

by -6 views
Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar

Bisnis pertanian tidak lagi dianggap sebagai usaha yang berada di strata ekonomi paling rendah. Sekarang banyak pebisnis yang lebih memilih usaha pertanian. Berikut kita akan membahas terkait peluang bisnis pertanian modal kecil namun sangat menguntungkan.

Nah jika Anda tertarik memulai bisnis pertanian silahkan simak pembahasan ini hingga selesai.

Rekomendasi Bisnis Pertanian yang Brilian

Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar

Salah satu bisnis yang menjadi solusi untuk mendapatkan income mulai dari puluhan hingga ratusan juta adalah usaha pertanian. Berikut beberapa referensi bisnis pertanian modal kecil yang bisa Anda kerjakan;

  • Menjual bibit tanaman

Menjual bibit tanaman juga cukup menjanjikan karena memiliki pangsa pasar yang luas. Jenis bibit tumbuhan yang bisa dijual sangatlah banyak, mulai dari tanaman buah, sayuran ataupun tanaman kayu. Jika Anda masih sangat awam terkait bisnis bibit tanaman, tentu akan lebih baik untuk menimba ilmu kepada teman atau rekan yang sudah berpengalaman.

Harga bibit memang tidak begitu mahal akan tetapi Anda dapat membudidayakannya dengan jumlah besar. Selain itu waktu atau proses pertumbuhannya relatif singkat.

  • Membudidayakan sayuran hidroponik

Sayuran hidroponik adalah produk pertanian yang bebas dari bahan kimia. Banyak masyarakat yang telah menyadari pentingnya mengkonsumsi asupan makanan yang sehat.

Karena itu sayuran hidroponik menjadi rujukan untuk masyarakat yang mencari asupan sehat berkualitas. Dibandingkan dengan sayuran konvensional, sayuran hidroponik dianggap jauh lebih sehat.

Banyak jenis sayuran yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik. Terlebih keuntungan lain menjual sayuran hidroponik memiliki harga yang lebih tinggi serta proses pembudidayaan yang relatif gampang.

  • Membudidayakan tanaman hias

Tidak hanya masyarakat pedesaan, akan tetapi masyarakat perkotaan juga sangat tertarik dengan tanaman hias. Mereka sangat gemar merawat tanaman hias yang diletakkan di depan rumah untuk menambah keindahan.

Peluang bisnis ini pun cukup menjanjikan, karena memang tanaman hias memiliki harga yang relatif tinggi. Terlebih jika Anda dapat membudidayakan tanaman tanaman langka, tentu harganya akan lebih fantastis.

Sebelum berbisnis tanaman hias, terlebih dahulu Anda perlu melakukan survei untuk melihat tanaman apa saja yang sedang booming. Tanaman-tanaman sedang booming memiliki potensi penjualan serta harga yang tinggi.

  • Budidaya rempah-rempah

Bagi sebagian orang yang yang bergelut di dunia kuliner tentu sangat membutuhkan rempah-rempah. Rempah menjadi bahan utama untuk membuat kuliner yang lezat.

Ada banyak rempah-rempah yang bisa Anda budidayakan, misalnya lada, ketumbar, pala, kemiri, kayu manis dan lain sebagainya.

Pasar penjualan rempah-rempah tidak hanya skala nasional, akan tetapi Anda dapat mengekspor nya ke luar negeri. Hal yang sangat penting adalah untuk selalu menjaga kualitas setiap kali membudidayakan rempah-rempah.

  • Membudidayakan tanaman obat

Tanaman obat beberapa di antaranya sangat sulit untuk ditemukan di pasaran. Padahal permintaan terhadap tanaman obat cukup banyak.

Nah ini bisa menjadi peluang bisnis pertanian yang menguntungkan. Anda dapat menanam tanaman obat seperti jintan hitam, temulawak, lengkuas, kapulaga, kayu manis, dan lain sebagainya.

Itu adalah beberapa rekomendasi usaha pertanian yang menjanjikan. Selain itu Anda juga dapat membuka usaha lain yang terkait dengan pertanian, contoh mesin dan peralatan pertanian, membuka jasa konsultan pertanian, menjual pupuk organik dan lain sebagainya.

Tips Sukses Usaha Pertanian

Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar
Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar

Setelah kita mengetahui beberapa peluang usaha pertanian yang menjanjikan berikut adalah tips sukses untuk memulainya;

  • Memahami ilmu pertanian; hal penting untuk memulai bisnis apapun adalah menguasai dan memahami ilmu terkait bisnis yang ingin dibuka. Begitupun dengan pertanian, pastikan Anda memiliki ilmu dan keterampilan di bidang tersebut.
  • Membuat rencana; ini sangat penting untuk pebisnis pemula, rencana akan membantu Anda untuk mengambil keputusan yang tepat.
  • Mandiri; ini adalah tips yang memang sulit untuk dikerjakan, akan tetapi dengan mengolah dan menjual produk pertanian secara mandiri Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal.
  • Memiliki tekad; jika rencana bisnis hanya sekedar wacana tentu itu tidak akan menguntungkan sama sekali, mulailah usaha pertanian dengan ilmu dan tekad yang kuat.
  • Doa; ini adalah hal terpenting untuk memulai segala bisnis, doa akan membuat kita selalu berharap dan terus menjadikan kita melakukan hal-hal terbaik.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang bisnis pertanian modal kecil yang bisa dikerjakan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Usaha Kecil yang Menjanjikan di Bidang Pertanian.