,

Pengertian Startup dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

by -6 views
Bisnis Menguntungkan - Ide Bisnis
Strategi pemasaran ketika wabah corona

Belakangan ini muncul nama-nama perusahaan baru, seperti Gojek, Traveloka, Tokopedia atau Bukalapak. Nama-nama perusahaan tersebut menjadi sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Akan tetapi perlu diketahui, perusahaan-perusahaan besar tersebut merupakan bisnis startup yang dimulai dari langkah paling kecil.

Sebenarnya kita sendiri pun bisa memulai usaha startup seperti yang telah dilakukan oleh founder perusahaan ternama. Nah karena itu, pada kesempatan ini kita akan mengulas lebih jauh terkait usaha startup ini. Simak informasinya berikut:

Pengertian Bisnis Startup

Memulai Bisnis Modern
Memulai Bisnis Modern

Jika kita artikan secara bahasa, startup diambil dari Bahasa Inggris yang berarti “proses memulai sesuatu”. Akan tetapi, jika kita kaitkan dalam bisnis maka startup merujuk kepada pengertian perusahaan yang baru dirintis. Karena itu, startup adalah perusahaan yang baru beroperasi di tahap awal dan belum menemukan pangsa pasar.

Nah dalam sejarahnya, startup sangat identik dengan perusahaan yang berbasis teknologi khususnya internet. Padahal pengertian startup sebenarnya lebih luas lagi. Hal itu memang dikarenakan kata startup mulai dikenal di era bubble dot-com.

Bubble dot-com adalah era tahun 1998 hingga 2000, pada masa itu banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba membuat website mereka. Dan era ini juga menjadi awal mula orang-orang mulai mengenal internet secara luas.

Karakteristik Bisnis Startup

Bisnis Startup
Bisnis Startup

Untuk bisa disebut sebagai startup, sebuah perusahaan tentunya harus memiliki karakteristik tertentu. Apa saja karakteristik tersebut? Simak informasinya berikut ini:

  • Perusahaan setidaknya telah berusia tiga tahun
  • Pendapatan per tahun mencapai Rp 140 juta, atau perbulan Rp 11.5 juta, atau perhari Rp 380 ribu
  • Mempunyai pegawai paling banyak 20 orang
  • Berbasis teknologi, khususnya internet
  • Perusahaan masih dalam tahap pengembangan dan belum mendapatkan pangsa pasar yang tepat

Bagaimana Perkembangan Startup di Indonesia?

Bisnis Startup
Bisnis Startup

Jika kita melihat berbagai perusahaan startup yang ada, banyak sekali dari perusahaan tersebut yang sudah sangat sukses dan bahkan sudah go internasional. Lihat saja perusahaan Gojek atau Bukalapak, semuanya adalah perusahaan startup yang dirintis dari tahap yang sangat kecil.

Bahkan jika kita terus meneliti, setiap tahunnya selalu bertambah jumlah para founder usaha startup ini. Dalam sebuah berita di DailySocial menyebutkan, setidaknya ada sekitar 1.5000 usaha startup Indonesia yang tumbuh. Faktor besar yang mempengaruhi pertumbuhan tersebut adalah karena perkembangan dunia internet yang semakin luas.

Melihat tren internet yang terus meningkat, rasanya usaha startup ini akan terus berkembang. Nah peluang bisnis seperti ini tentunya tidak boleh anda lewatkan. Untuk memulainya, terlebih dahulu anda harus mengetahui faktor apa yang membuat bisnis startup berkembang.

Apa yang Menjadi Faktor Bisnis Startup Berkembang

Membuka Usaha - Tips Berbisnis
Membuka Usaha

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan sebuah startup. Jika anda memang tertarik memulai usaha startup, anda perlu mengetahui faktor-faktor tersebut agar mendapatkan pandangan baru terkait bisnis ini.

  • Penduduk Indonesia sangat banyak, inilah adalah salah satu faktor penentu usaha startup bisa berkembang. Dengan jumlah penduduk yang luar biasa banyak, anda akan sangat mudah memasarkan bisnis startup ini di Indonesia, namun dengan syarat tertentu.
  • Penduduk yang terbuka dengan teknologi, Indonesia memang negara berkembang, akan tetapi kesadaran teknologi masyarakatnya sangat lah besar. Kesadaran terhadap teknologi inilah yang menjadi salah satu kunci sukses di dalam memasarkan usaha startup.
  • Investor dan pemerintah saling mendukung, sebuah usaha startup tentu sangat memerlukan investor untuk membesarkan bisnis. Karena itu, carilah investor yang memang menawarkan kerja sama dan saling menguntungkan. Begitupun dengan pemerintah, seharusnya membuat kebijakan yang memberikan dukungan terhadap startup dan para investor.
  • Pelayanan startup yang memuaskan, pernah kah anda menggunakan jasa startup seperti Gojek atau Traveloka? Tentu anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dan fitur yang sangat memudahkan pengguna. Hal itu lah yang menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai bisnis ini.

Penutup

Demikianlah informasi tentang bisnis startup, baik terkait pengertian, perkembangannya di Indonesia dan juga faktor penyebab suksesnya. Selain itu masih banyak lagi hal yang harus dipelajari jika anda berniat untuk memulai sebuah startup. Semoga artikel ini bermanfaat dan baca juga artikel lain tentang 5 Hal yang Harus Dipahami Ketika Membuka Bisnis Startup