,

9 Bisnis Trending Pelajar Dan Mahasiswa Milenial Masa Kini

by -24 views
bisnis trending pelajar dan mahaasiswa

Menjadi pelajar dan mahasiswa umumnya waktu yang dimiliki sudah banyak tersita untuk belajar ataupun mengerjakan tugas. Tetapi, tidak jarang ada banyak yang memiliki waktu luang, terutama di saat akhir pekan. Biasanya untuk menghabiskan waktu luang, banyak yang memilih melakukan hobi, atau sekedar nongkrong bersama teman. Namun daripada itu, ada yang lebih baik lagi, yaitu mencoba bisnis trending pelajar dan mahasiswa milenial masa kini yang bisa dijadikan salah satu kegiatan yang positif. Tidak hanya positif, tapi juga dapat menghasilkan uang tambahan.

Memang saat ini bisnis untuk mahasiswa maupun pelajar sudah bukan hal yang baru. Oleh karena itu tidak heran jika para pelajar milenial ini mengisi waktu luangnya untuk menjalankan usaha kecil-kecilan yang menjanjikan tersebut. Sayangnya, banyak pula yang masih bingung apa saja bentuk ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa mereka lakukan saat memiliki waktu senggang. Beberapa tidak tahu harus memulai dari mana dan menjalankan bisnis seperti apa. Nah, jika ini juga menjadi kendala yang sedang kamu pikirkan, ada baiknya simak beberapa bisnis trending pelajar dan mahasiswa milenial masa kini. Siapa tahu bisa membantu memberikan penghasilan tambahan yang dapat ditabung.

Bisnis Online Shop

Belanja Online
Berbelanja online menjadi gaya hidup jaman sekarang

Ternyata online shop bukan hanya marak di kalangan ibu rumah tangga, banyak juga pelajar dan mahasiswa yang mencoba peruntungan berjualan produk tertentu dan akhirnya sukses mendirikan online shop milik sendiri. Cukup menarik memang, mulai dari berjualan aksesoris, atasan wanita, hingga sepatu-sepatu keren yang sedang trending. Bisnis untuk mahasiswa ini bisa jadi salah satu contoh yang mudah ditiru dan dilakukan. Mulai saja dari yang paling mudah, menjadi dropshipper atau jika punya sedikit modal bisa mencoba menjadi reseller.

Dari informasi ini pasti lebih banyak yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang dropshipper dalam dunia bisnis, apalagi umumnya metode ini tidak butuh modal yang besar. Tentunya tidak sulit untuk melakukannya, karena saat ini sudah banyak toko online yang menawarkan sistem dropship. Bahkan platform online market juga menawarkan hal yang sama. Sehingga potensi dan kesempatan untuk memiliki bisnis online shop terbuka luas. Tanpa modal sekalipun, cukup sedikit usaha memoles bentuk toko online gratisan yang diinginkan, maka voila…toko online kamu sudah siap untuk dijalankan!

ilustrasi pelajar dan mahasiswa

Bisnis Kue Online

Suka bereksperimen di dapur? Atau suka mencoba resep-resep baru kekinian, manfaatkan dong! Jangan hanya coba-coba, jika hasilnya terasa lezat, mulai saja untuk memasarkan berbagai macam kue yang dibuat. Kemas secantik mungkin dan pasarkan ke kerabat dan saudara. Hasilnya lumayan banget kok! Bisnis kue online ini termasuk salah satu contoh usaha yang menjanjikan bagi para pelajar dan mahasiswa masa kini. Apalagi saat ini sudah banyak bertebaran resep-resep kue kekinian yang membuat banyak orang penasaran ingin mencoba.

Memang untuk terjun ke bisnis ini butuh sedikit modal dalam membeli bahan yang diperlukan. Jadi, jangan mulai dari resep yang sulit dan membutuhkan banyak bahan, coba saja bahan-bahan sederhana yang rasanya lezat jika dipadukan. Misalnya dessert-dessert kekinian yang praktis untuk dibuat. Resep ini bisa jadi salah satu contoh resep mudah yang banyak digemari. Cukup foto desert yang sudah jadi, tawarkan dengan harga yang rasional. Bila perlu, jadikan media sosial kamu sebagai media untuk memasarkan produk. Siapa tahu ada yang tertarik untuk memesan. Jika mulai banyak pelanggan yang memberikan testi yang baik, jangan kaget jika di kemudian hari pesanan kamu membludak. Ingat lho, para penjual kue online yang sukses besar juga memulai bisnisnya dari nol, jadi jangan patah semangat, coba saja dulu!

Endorsement Produk

Anak milenial siapa yang belum tahu tentang endorsement produk? Ini adalah salah satu cara pebisnis dalam memasarkan produknya melalui testimoni salah seorang penggunanya. Jadi, umumnya usaha tertentu akan merelakan satu atau dua buah barang pada seseorang yang ditunjuk untuk memberikan review produk tersebut. Nah, nantinya orang yang ditunjuk ini wajib memberikan testimoni yang positif terhadap produk tersebut di media sosial mereka. Sehingga secara tidak langsung banyak yang kenal dengan produk yang di-endorse dan tertarik untuk membelinya. Mudah bukan?

Walaupun terkesan sederhana, rupanya endorsement produk bisa menjadi salah satu ide bisnis trending pelajar dan mahasiswa milenial lho! Jangan salah, seorang endorser saat ini bahkan bisa mengantongi hasil berupa mobil atau bahkan rumah. Lihat saja bagaimana para selebriti media sosial yang saat ini banyak dibicarakan orang. Berawal dari iseng-iseng mereview produk, lama-lama banyak yang tertarik untuk mempercayakan produknya. Jika di awal hanya mendapat produk gratis, lama-lama bisa mendapatkan sejumlah uang yang tidak sedikit. Jadi, bila ingin memiliki usaha kecil-kecilan yang menguntungkan tanpa modal, hal ini bisa jadi pilihan menarik.

Admin Media Sosial

jenis media sosial
berbagai media sosial

Saat ini mulai banyak online shop dan beberapa usaha online yang mencari admin untuk menangani media sosial mereka. Secara tidak langsung admin ini akan bertugas untuk membalas komen pelanggan hingga bertugas untuk menerbitkan produk-produk terbaru yang diluncurkan. Pekerjaan ini cukup mudah dilakukan, kapan saja dan dimana saja, sehingga bisa menjadi salah satu usaha yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar masa kini. Apalagi sebagian besar pelajar maupun mahasiswa dilengkapi gadget yang cukup baik. Jadi, media sosial pasti bukan hal yang asing lagi. Oleh karena itu, jika ada lowongan sebagai admin media sosial, coba saja untuk mengajukan diri. Pelajari dan pahami bagaimana cara memulai usaha untuk mahasiswa. Siapa tahu bisnis dan profesi ini cocok untuk dijalankan.

Bisnis Jastip

Di masa sekarang, banyak orang lebih suka memesan barang secara online. Tidak perlu modal juga bagi pelakunya, saat ini ada bisnis kekinian baru yang cukup menjanjikan. Ya, bisnis jasa titip barang atau biasa disebut dengan jastip. Jastip ini bisa dilakukan saat kamu sedang jalan-jalan di suatu kota atau negara, atau bahkan sedang mengunjungi even tertentu. Biasanya pelaku jastip akan mencatat pesanan titipan dari orang lain yang tidak sempat hadir di acara atau lokasi tersebut. Keuntungan yang diperoleh bisa didapatkan dari selisih harga barang sesungguhnya dengan tarif jastip masing-masing pelaku.

Jika punya banyak waktu luang, tentu akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk berburu barang-barang titipan. Atau jika memang sering bepergian, ini bisa jadi ladang bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Bila sudah banyak yang mengenal usaha jastip kamu, bisa saja keuntungan yang didapatkan cukup besar. Apalagi jika rajin mengunjungi even tertentu, sekaligus cuci mata, sekaligus menjalankan bisnis. Mudah dan menyenangkan lho!

Video Editor

Bagi yang suka membuat video editing, sebaiknya coba saja menjadi seorang video editor. Saat ini banyak platform freelance yang mencari editor video untuk konten-konten yang ingin ditampilkan. Jadi bagi yang suka mempelajari teknik editing terbaru, ini bisa jadi lahan untuk bisnis sekaligus mengembangkan kemampuan. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba terjun ke bisnis yang satu ini. Bayarannya juga cukup lumayan kok, hitung-hitung kamu bisa menambah uang jajan bulanan. Jika sudah makin ahli, bisa saja nantinya ke depan jadi profesi yang menjanjikan. Ngga percaya? Wah, sepertinya harus kamu coba dulu deh!

Bisnis Fotografi

Hobi foto sana sini? Suka banget jepret pemandangan bagus di alam? Manfaatkan keahlian kamu yang satu ini untuk terjun ke bisnis fotografi. Saat ini ada banyak platform yang mencari hasil foto terbaik untuk dijadikan bahan pemasaran. Bahkan ada banyak kontes foto yang hadiahnya tidak sedikit. Jadi, daripada hanya iseng memfoto sesuatu, manfaatkan hasil foto kamu menjadi bahan untuk mengikuti kompetisi tertentu. Siapa tahu jika hasilnya sesuai harapan, makin banyak orang yang ingin menggunakan jasa kamu. Baik itu untuk keperluan pemasaran produk dan bisnis, atau untuk keperluan acara tertentu. Misalnya menjadi fotografer acara pernikahan, kegiatan perusahaan, acara sekolah tertentu, dan lain sebagainya.

ilustrasi fotografer

Event Organizer

Sebuah acara biasanya membutuhkan pengaturan yang tepat dan teliti. Inilah mengapa banyak even besar seperti pameran atau seminar membutuhkan event organizer atau biasa dikenal dengan sebutan EO. Nah, bisnis trending pelajar dan mahasiswa milenial yang satu ini bisa dikembangkan bersama teman-teman kamu. Jadi, jika status kamu pelajar atau mahasiswa, bisa saja mencoba untuk membuka salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa ini. Modalnya juga tidak banyak kok, hanya butuh strategi pemasaran yang tepat serta mulai menambah portfolio sebanyak mungkin. Awali dari yang sederhana, misalnya menjadi EO di acara ulang tahun saudara. Atau coba tawarkan diri menjadi EO di sekolah ataupun kampus. Jika sudah banyak portfolio yang kamu miliki, cobalah beranjak menjadi lebih profesional. Seperti misalnya menangani acara seminar atau pameran, lokal ataupun nasional. Hasilnya dijamin cukup memuaskan sekaligus bisa menambah teman yang memiliki kesukaan yang sama.

Bisnis Barang Bekas

Sekarang ini barang bekas bukan lagi tidak bernilai. Sudah banyak market online gratis sebagai tempat untuk memasarkan barang-barang bekas yang kita miliki. Jika kamu juga memiliki setumpuk barang di rumah yang sudah tidak dipakai lagi, saatnya untuk memilah-milah mana yang masih bisa dipakai dan mana yang sebaiknya harus dibuang. Jika menemukan banyak barang yang masih bagus dan bernilai, tidak ada salahnya memulai bisnis berjualan barang bekar. Istilah kerennya yaitu preloved. Mulai dari baju, sepatu, tas, hingga berbagai macam barang elektronik. Ada banyak orang yang tertarik memperoleh barang preloved yang masih bagus dengan harga terjangkau. Jadi jangan khawatir tidak ada orang yang mau membelinya. Cobalah sedikit demi sedikit hingga bisnis anak kuliahan ini bisa mendatangkan hasil yang lumayan.

Wah, ternyata memang ada banyak bisnis trending pelajar dan mahasiswa milenial masa kini yang bisa dicoba. Semua memberikan hasil yang lumayan serta tidak sulit untuk dilakukan. Bahkan bagi seorang pemula, langkah-langkahnya sederhana dan hasilnya juga cukup memuaskan. Jadi, jangan ragu untuk memulai usaha kecil yang menjanjikan seperti yang disebutkan di atas. Pilih saja mana yang paling kamu sukai dan terasa paling cocok untuk dilakukan. Cobalah dengan sabar dan nantikan hasilnya sedikit demi sedikit. Bila belum berhasil, coba lagi saja, ada banyak kesempatan yang bisa kamu gunakan. Nah, segera lakukan pencarian di dunia maya, dan temukan bisnismu yuk!