5 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Pelaku Bisnis UKM

by -8 views
Bisnis UKM - Modal Usaha Sablon Manual
Modal Usaha Sablon Manual

Bisnis UKM memiliki peranan penting dan turut andil dalam menopang perekonomian Indonesia terutama di era global seperti ini. Pengaruh UKM dapat meningkatkan perekonomian serta menyerap tenaga kerja Indonesia yang sangat banyak ini.

Bisnis UKM memang seharusnya terus didukung karena mampu bertahan pada masa krisis ekonomi sekalipun. Bahkan pada krisis ekonomi tahun 1998 silam UKM tetap bisa bertahan dan hamper tidak terpengaruh sama sekali.

Walaupun memang sebenarnya UKM telah mendapat dukungan dari pemerintah, akan tetapi kunci sukses perkembangannya dipegang oleh pelaku bisnis UMKM itu sendiri.

Tidak sedikit pelaku UKM yang tumbang dalam jangka waktu setahun atau dua tahun perjalanan bisnis. Hal itu tidak lepas dari ketidakmampuan pelaku usaha dalam mengelola keuangan serta manajemen produksi

Nah untuk meminimalisir kesalahan ketika membangun UKM, maka Anda perlu menghindari beberapa kesalahan bisnis berikut;

5 Kesalahan Bisnis dalam Pengembangan UKM

Bisnis UKM
Bisnis UKM

1. Tidak ada perencanaan walaupun ide luar biasa

Ide luar biasa jika tidak ditopang dengan perencanaan yang baik tentu akan menjadi sia-sia. Karena sebenarnya ide itu hanyalah permulaan sebelum ditindaklanjuti.

Bagaimanapun tipe bisnis tentunya kemampuan mengeksekusi ide adalah hal yang penting. Tanpa ada eksekusi maka ide yang luar biasa pun akan terlupakan.

Cobalah untuk senantiasa mencatat ide-ide cemerlang yang mungkin tiba-tiba muncul sewaktu-waktu. Ide tersebut perlu Anda catat kemudian dieksekusi sebagai program bisnis.

2. Berekspektasi terlalu berlebihan

Walaupun telah menyusun rencana bisnis yang sangat matang, akan tetapi Anda tidak boleh berekspektasi yang terlalu tinggi.

Tetapkanlah batas ekspektasi untuk hasil yang mungkin didapatkan. Hal ini sangat penting agar Anda tetap semangat dalam mengembangkan bisnis UKM.

Kebanyakan orang akan kecewa dan putus asa ketika realitas tidak sesuai dengan ekspektasi sebelumnya. Yakinkan bahwa diri Anda ketika membuka usaha tentunya akan ada banyak batu sandung yang menghalangi perjalanan.

Bahkan, jika ekspektasi terlalu tinggi bisa membawa Anda ke dalam masalah. Anda tidak akan menyimpan dana darurat yang cukup ataupun sumber pendapatan lain yang dapat diAndalkan sebagai pilihan terburuk dari sebuah risiko bisnis.

3. Mengabaikan arus kas bisnis UKM

Kesalahan selanjutnya yang harus dihindari oleh pelaku UKM adalah mengabaikan arus kas. Tanpa pengelolaan keuangan bisnis yang tepat maka usaha Anda akan cepat gulung tikar.

Berapa modal yang Anda miliki ataupun seberapa cemerlang ide bisnis, tanpa perencanaan keuangan serta mengabaikan arus kas akan menjadikan usaha Anda sia-sia.

Jangan pernah berpikir jika modal awal dapat menopang perjalanan bisnis hingga mencapai tujuan. Bahkan mungkin, di tengah perjalanan Anda membutuhkan suntikan modal agar bisnis tetap bertahan

Karena itu buatlah perencanaan arus kas yang tepat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. Pada artikel sebelumnya kami telah membahas terkait 5 alasan kenapa Anda harus mengelola arus kas dengan tepat.

4. Melakukan semuanya sendirian

Ketika memulai usaha memang bisa dimaklumi jika Anda harus turun tangan untuk menghandle berbagai urusan. Anda harus bisa mengAndalkan diri sendiri untuk menyusun rencana, persiapan produksi, anggaran, hingga pemasaran.

Akan tetapi hal itu tidak boleh menjadikan Anda untuk mengerjakan segala aspek sendirian. Terlebih ketika bisnis Anda mulai mengalami perkembangan.

Pastikan libatkan orang-orang untuk menjadi bagian penting dalam usaha yang Anda bangun. Anda dapat mengajak keluarga atau rekan untuk terlibat dalam pembangunan bisnis, baik itu terkait perencanaan, ide, produksi ataupun operasionalnya.

Dengan hanya mengAndalkan pikiran sendiri, Anda tidak tahu betapa banyaknya ide-ide di luar sana yang dapat membantu Anda untuk terus mengembangkan usaha.

5. Kehilangan fokus

Seiring dengan berkembangnya bisnis UKM yang dimiliki, menyebabkan kemampuan Anda untuk fokus menjadi berkurang.

Anda melihat ada banyak peluang usaha yang layak untuk dimanfaatkan. Sehingga Anda tidak focus dengan bisnis UKM yang selama ini ini Anda perjuangkan.

Ini sangat berbahaya ketika perusahaan UKM Anda hendak mencapai kesuksesan dengan kehilangan fokus maka bisnis yang selama ini sudah susahpayah Anda bangun bisa saja tidak terurus dan gagal.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang kesalahan yang harus dihindari oleh pelaku bisnis UKM. Semoga ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam peningkatan Usaha Kecil Menengah yang Anda miliki.

Silahkan share dan bagikan artikel ini kepada teman atau keluarga Anda. Terima Kasih!