, ,

Mau Buka Waralaba Jasa dengan Indomaret? Berikut Cara Lengkapnya

by -6 views
Bisnis Waralaba Indomaret
Foto: Cermati.com

Siapa sih orang Indonesia yang tidak tahu Indomaret? Saat kamu berpergian kemana pun, pasti akan dengan mudah untuk menemukan minimarket yang identik dengan warna merah-biru-kuning ini di setiap jalan utama yang kamu lewati.

Indomaret merupakan toko retail berbentuk minimarket yang menyediakan lebih dari 5000 produk food, nonfood, general merchandise dan fresh product untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen.

Hingga Januari 2020, Indomaret telah memiliki gerai sebanyak 17.681 yang tersebar di sepanjang Nusa Tenggara Barat, Bali, Madura, Jawa, Sumatera, Batam, Kalimantan hingga Sulawesi. Dimana dari jumlah gerai yang ada, 60% adalah milik sendiri dan 40% milik masyarakat yang membeli hak waralaba milik Indomaret.

Waralaba atau bisnis franchise merupakan alternatif terbaik bagi kamu yang ingin merintis sebuah usaha dengan resiko kegagalan yang rendah. Selain menguntungkan, bisnis dengan menggunakan sistem waralaba dapat naik dengan cepat karena mengandalkan sebuah merek yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat. 

Dan lagi, kamu juga tidak perlu memikirkan sistem bisnis seperti apa yang perlu dijalankan karena setiap perusahaan yang mewaralabakan bisnisnya sudah memiliki standar bisnis sendiri yang tinggal kamu ikuti. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengelola bisnis yang kamu lakukan dan hanya perlu fokus pada strategi pemasaran saja.

Bergabung Dengan Bisnis Waralaba Indomaret

Waralaba Jasa
Foto: Pexels

Jika kamu memutuskan untuk bergabung dan bekerjasama dengan waralaba jasa milik Indomaret, ada  beberapa syarat dan langkah yang harus dilakukan:

1. Menyiapkan Dokumen

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bekerjasama dengan Indomaret dalam bisnis waralaba adalah menyiapkan dokumen untuk memenuhi syarat yang diajukan oleh pihak perusahaan. Seseorang yang ingin melakukan kerjasama waralaba dengan Indomaret haruslah merupakan Warga Negara Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan melampirkan Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK) dan juga menyertakan dokumen asli untuk menunjukkan keabsahan dokumen.

2. Memilih Lokasi Yang Strategis

Syarat selanjutnya yang harus kamu penuhi adalah Lokasi. Saat memilih lokasi, kamu harus memperhatikan beberapa faktor seperti aksesbilitas dan juga luas lokasi yang akan digunakan. Jika ingin memulai usaha, lokasi yang digunakan tentu saja haruslah strategis.

Lokasi tersebut harus mudah dijangkau oleh lokasi lainnya melalui sistem transportasi. Hal ini berarti kamu harus memilih lokasi yang berada di dekat jalan raya, dekat dengan pemukiman penduduk dan/atau di lokasi yang memang dikunjungi oleh banyak orang seperti pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan lain lain.

Untuk luas lokasi usaha sendiri, pihak Indomaret memberi syarat luas ideal 120-200 m2. Dan akan lebih bagus jika lokasi tersebut memiliki akses parkir yang baik. Karena saat konsumen hendak berbelanja, mereka akan mempertimbangkan untuk berkunjung di toko yang memiliki akses yang mudah saat akan memarkir kendaraannya sehingga mempertimbangkan luas area parkir juga hal yang penting untuk dilakukan.

3. Mengurus Izin Usaha

Jika kamu sudah menemukan lokasi usaha yang baik dan strategis, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengurus Perizinan. Beberapa izin usaha yang harus diurus antara lain adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Pengusaha Kena Pajak (PKP), dan Surat Izin Gangguan (HO).

Mengurus Perizinan sangatlah penting dalam menjalankan sebuah usaha. Jika kamu tidak memiliki Perizinan, maka kamu bisa dikenakan sanksi, loh!

4. Menyiapkan Dana Investasi

Menyiapkan dana investasi sebagai modal usaha merupakan hal yang paling penting, modal usaha tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak perusahaan sebagai pemilik merek saat permohonan kerjasama telah disetujui.

Jumlah dana investasi yang harus dipersiapkan bergantung pada waralaba jasa yang akan kamu lakukan, bergantung pada apakah kamu akan membuka toko sendiri atau mengambil alih usaha toko yang telah ada.  Jika kamu akan membuka toko sendiri, maka estimasi dana yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 394juta. Sedangkan untuk pengambil alihan usaha, dana investasi yang dibutuhkan berkisar Rp 150-200juta, jumlah tersebut sudah termasuk membayar royalty selama masa kontrak.

5. Mendaftar

Setelah semua langkah di atas telah dipersiapkan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan permohonan kerjasama waralaba. Untuk mengajukan permohonan tersebut, kamu bisa menghubungi Call Center Indomaret pada nomor 1500-580 atau juga dapat langsung mengisi formulir pendaftaran waralaba pada laman Indomaret di www.indomaret.co.id termasuk mengisi usulan lokasi agar pihak Indomaret dapat melakukan survey terhadap lokasi tersebut.

6. Tahapan Presentasi

Setelah kamu teregistrasi dan survey telah dilakukan, maka tim verifikator akan melakukan 2 tahapan presentasi.

Tahapan pertama, akan dijelaskan dengan detail mengenai mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko. Pada presentasi tahap pertama, kamu diharuskan membawa dokumen diri serta surat perizinan yang dibutuhkan lengkap dengan denah lokasi.

Selanjutnya, pihak Indomaret akan memaparkan hasil survey kelayakan usaha. Serta menunjukkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang akan memperlihatkan besaran dana investasi yang dibutuhkan.

Setelah proses tersebut dilalui, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang berisi butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dan terwaralaba. Mulai dari pengurusan perizinan, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

7. Pembukaan Toko

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap untuk dibuka. Program promosi pada saat pembukaan toko telah ditentukan oleh pihak Indomaret. Setelah toko dibuka, maka aka nada penandatanganan Surat Perjanjian Waralaba dengan jangka waktu selama 5 tahun.

Bisnis waralaba jasa dengan Indomaret merupakan peluang bisnis yang menguntungkan. Terlebih dengan keadaan masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif yang menyukai kepraktisan dan kemudahan serta promo dan diskon. Strategi promosi Indomaret tentu menjadi daya tarik tersendiri sebagai minimarket dengan jaringan yang terluas di Indonesia ini. 

Demikian artikel mengenai Usaha Waralaba Menjanjikan dengan Indomaret, Minimarket Raksasa di Indonesia yang dapat kamu jadikan referensi dalam memilih alternatif usaha waralaba jasa yang menjanjikan. Semoga artikel ini dapat membantu!