Bisnis Frozen Food Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

by -6 views
Contoh berbagai produk frozen food
Contoh berbagai produk frozen food sebagai usaha kecil yang menjanjikan

Di zaman yang serba praktis ini, frozen food atau makanan beku banyak disukai. Orang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Salah satu pilihan praktis yang tersedia adalah frozen food. Tinggal ambil dari kulkas, digoreng atau dikukus, jadi deh. Anda bisa memanfaatkan peluang karena bisnis frozen food ini bisa dimulai dengan modal kecil. Bisnis frozen food juga merupakan bisnis yang bisa dilakukan di rumah.

Memulai bisnis frozen food tidak memerlukan modal besar. Anda bisa memulai dengan modal kecil, memproduksi frozen food dalam jumlah kecil dan berjualan ke tetangga, teman dan saudara.

Sesuai namanya yaitu frozen food alias makanan beku, Anda bisa menyimpan stok produk lama sehingga tidak perlu kuatir jika produk Anda belum laku dalam 1-2 hari.

Tertarik memulai bisnis frozen food dari rumah Anda? Ikuti 5 langkah usaha berikut ini.

 

5 langkah memulai bisnis frozen food yang bisa dilakukan di rumah

 

  1. Menentukan produk frozen food yang ingin Anda jual

Display frozen food di supermarket
Mencari ide frozen food sebagai bisnis yang bisa dilakukan di rumah

Bermacam frozen food tersedia di pasaran. Cara termudah melakukan survey adalah dengan mencari produk frozen food di market place seperti Tokopedia. Atau Anda bisa berkunjung ke supermarket terdekat dan melihat produk apa saja yang tersedia sebagai frozen food.

Produk frozen food yang ada di pasaran seperti nugget, donat, sosis, chicken stick, bakso, siomay dan masih banyak lagi. Anda bisa berkreasi seperti pasangan suami istri Bapak Amin dan Ibu Erna ini yang memulai usaha dengan menjual frozen food lumpia. Dengan tekad mereka, bisnis yang bisa dilakukan di rumah ini sekarang mencapai omset ratusan juta rupiah per bulan.

 

  1. Menyiapkan modal

Modal utama yang Anda perlukan adalah untuk membeli alat penyimpanan dan alat packaging anti udara (vacuum). Selain itu tentu saja Anda perlu menyiapkan modal untuk bahan baku pembuatan frozen food. Tergantung pada produk macam apa yang Anda pilih, namun Anda bisa memulai usaha dengan modal kecil ratusan ribu rupiah.

 

  1. Menyiapkan peralatan utama untuk bisnis frozen food

Untuk memulai usaha, Anda bisa memanfaatkan lemari es 1 atau 2 pintu yang bisa memuat produk sebanyak 30-5o pack. Baiknya lemari es ini Anda pisahkan dengan lemari es tempat keluarga menyimpan kebutuhan sehari-hari. Selain lemari es, Anda juga memerlukan alat untuk packing atau pengemasan yang anti udara (vacuum).

 

  1. Mengurus lisensi makanan

Mengurus lisensi makanan cukup mudah. Selain daging, Anda cukup mengurus ijin ke dinas perindustrian setempat atau cukup PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten setempat. Jika Anda menjual produk daging, Anda harus mengurus ke BPOM yang cukup mahal. Lisensi makanan sangat penting jika Anda ingin berjualan ke pasar yang lebih luas, tidak hanya ke saudara, teman dekat atau tetangga. Untuk memperoleh lisensi halal, Anda bisa mengurusnya ke BPJH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal).

 

  1. Melakukan pemasaran

Media sosial dan marketplace merupakan outlet yang ampuh untuk memasarkan produk frozen food Anda. Buat logo dan merek semenarik mungkin untuk produk Anda. Gencarkan kampanye di media sosial. Jika perlu, kirim sample produk Anda sebagai contoh ke teman atau saudara, agar mereka turut mempromosikan produk frozen food Anda.

*****

Bila Anda masih ragu memproduksi frozen food, Anda bisa menjadi reseller terlebih dulu. Bisnis reseller juga merupakan bisnis yang bisa dilakukan dari rumah. Sambil berjalan sebagai reseller, Anda belajar lebih jauh tentang bisnis frozen food. Produk apa yang paling disukai masyarakat. Bagaimana cara pengepakan yang bagus. Berapa harga yang pas agar jualan laris.

Bila Anda sudah mantap untuk memproduksi frozen food, Anda harus percaya diri dan menggunakan bahan baku yang berkualitas bagus. Anda bisa mentargetkan orang yang berdaya beli lebih yang tidak berkeberatan untuk membeli frozen food bikinan Anda karena kualitas yang terjamin.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti trend di pasaran. Anda juga bisa kreatif mencari produk apa yang sekiranya bisa diluncurkan pada masyarakat sebagai frozen food.

Anda bisa mencari dan mengikuti berbagai kursus tentang frozen food. Dengan demikian Anda bisa tahu standar apa yang berlaku di dunia bisnis frozen food. Dan jangan lupa, pantengin terus Infobiznis untuk mendapatkan tips sukses berbagai usaha kecil dan rumahan.