,

Jangan Takut Memulai, Ini Tips dan Ide Bisnis untuk Mahasiswa

by -5 views
Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa
Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Sebagai mahasiswa barangkali Anda sangat membutuhkan penghasilan tambahan untuk menutupi biaya hidup ataupun melunasi tunggakan semester. Karena itu Anda perlu memutar otak untuk mendapatkan penghasilan dari berbagai hal. Perlu diketahui bahwa ada banyak bisnis yang cocok untuk mahasiswa dan mudah untuk dikerjakan.

Akan tetapi sebelum kita membahas terkait bisnis apa saja yang cocok untuk mahasiswa, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui tips sukses untuk memulainya.

Tips Sukses Berbisnis saat Kuliah

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa -
Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Sebelum mengambil keputusan tentunya Anda harus memperhitungkan berbagai hal agar dapat menghindari kerugian. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin memulai berbisnis:

  • Mengambil langkah pertama, banyak orang memiliki ide yang cemerlang untuk berbisnis, akan tetapi mereka tidak pernah mengambil langkah pertama sehingga rencana itu hanya sekedar wacana. Jangan takut untuk memulai hal yang baru karena dengan begitu Anda punya kesempatan untuk sukses.
  • Menyusun proposal, setelah memantapkan niat dan memiliki ide cemerlang, luangkan waktu untuk menyusun proposal bisnis Anda. Buatlah perencanaan detail di dalam proposal tersebut.
  • Mencari pembimbing, jika Anda adalah pebisnis yang masih awam, maka jangan ragu untuk mencari pembimbing agar dapat mengarahkan Anda di dalam dunia bisnis.
  • Mengikuti workshop. salah satu untuk mendapatkan ilmu tentang dunia bisnis adalah dengan mengikuti workshop ataupun seminar. Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya jika ilmu yang didapat lebih berharga.
  • Merencanakan modal awal, bisnis apapun tentunya memerlukan modal, baik itu berupa materi ataupun skill. Persiapkanlah keduanya sebaik mungkin.
  • Action, sekarang Anda hanya perlu melakukan action. Semua proposal, rencana, dan modal, tidak akan berguna jika Anda tidak melakukan tindakan nyata.

5 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa
Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Jika Anda telah yakin untuk memulai bisnis berikut ini beberapa hal yang kami rekomendasikan untuk Anda. Apa saja peluang bisnis tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini;

Berjualan Makanan Kecil

Camilan adalah makanan kecil yang sangat disukai oleh hampir semua kalangan. Camilan pun memiliki banyak jenis sehingga Anda dapat membuat jenis camilan sesuai dengan fashion ataupun skill yang Anda miliki. Anda dapat menjual keripik pisang, keripik kentang, keripik singkong atau lain sebagainya.

Pemasaran camilan pun sangat mudah, terlebih sekarang makanan kecil ini bisa dipasarkan melalui platform online. Manfaatkan lah media sosial ataupun toko online yang bisa Anda buat sendiri.

Menjual Kemampuan

Sebagai mahasiswa barangkali Anda memiliki kemampuan tersendiri di bidang tertentu. Misalnya Anda jago di bidang programming, menulis, desain, marketing, terjemah bahasa atau lain sebagainya. Manfaatkanlah skill atau kemampuan tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda dapat menawarkan jasa melalui internet khususnya di situs freelance seperti project.co.id, sribulancer, ataupun situs freelance yang ada di luar negeri.

Menjual Barang Bekas

Perkembangan teknologi memudahkan kita untuk membeli barang dan menjualnya. Karena itu manfaatkanlah teknologi ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda dapat melakukan jual-beli smartphone bekas, laptop bekas, atau lain sebagainya.

Prospek menjual barang bekas terbilang cukup menjanjikan, hal itu karena banyak orang yang mencari alternatif lain untuk mendapatkan produk yang murah. Alternatif produk murah tersebut tentunya dengan membeli barang bekas.

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa dengan Menjual Ebook

Kebutuhan informasi sekarang ini terus meningkat, karena itu prospek membuat dan menjual ebook sangat menjanjikan. Anda dapat menulis ebook dengan berbagai topik, misalnya terkait resep-resep masakan, tutorial marketing, tutorial membuat website, atau ebook lainnya yang bisa dijual.

Keterampilan Anda di bidang tertentu bisa dijadikan materi untuk membuat ebook. Bukan hanya terkait teknologi, ebook juga bisa ditulis dengan topik cara budidaya ikan, ataupun terkait pengelolaan lahan pertanian. Silakan pasarkan ebook melalui media sosial ataupun menggunakan media iklan berbayar.

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa dengan Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi sebenarnya sangat simpel dan bisa Anda jalankan tanpa modal sama sekali. Afiliasi adalah cara mendapatkan uang tambahan dengan menjualkan produk dari perusahaan tertentu. Yang perlu Anda lakukan adalah bergabung menjadi pemasar produk dan akan mendapat bayaran jika berhasil menjual produk tertentu.

Contoh simpelnya adalah, misalnya Si A ingin menjual rumah, lalu Anda membantu Si A untuk memasarkan rumah tersebut. Nah jika berhasil mendapatkan pembeli sudah umum Anda akan mendapatkan komisi atau bagian dari transaksi tersebut.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan silahkan share kepada keluarga atau teman Anda yang membutuhkan. Baca juga pembahasan lain terkait Usaha Design Grafis, Peluang Bisnis Kekinian untuk Mahasiswa