,

Cara Agar Usaha Lancar dan Sukses Dengan 5 Prinsip Lean Startup

by -23 views
Cara Agar Usaha Lancar Dan Sukses Dengan Lean Startup

Lean startup merupakan strategi di dalam membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan target pasar serta melibatkan konsumen di dalam pengembangannya. Ini menjadi cara agar usaha lancar dan sukses karena anda dapat merespon secara langsung apa yang dibutuhkan konsumen.

Pada tahun 2004 metode lean start up ini mulai dikenal ketika Steve Blank menerbitkan sebuah buku berjudul the start up owners manual. Dilanjutkan pada tahun 2008 oleh Erick Ries melalui buku the lean startup.

Bagaimana Metode Lean Startup Digunakan sebagai Cara Agar Usaha Lancar Dan Sukses?

Cara Agar Usaha Lancar Dan Sukses Dengan Lean Startup

Lalu bagaimana cara metode ini digunakan untuk membuat produk baru? Caranya ialah dengan menggunakan prototype atau yang dikenal juga dengan minimum viable product.

Proses awalnya ialah sebuah bisnis merancang produk dasar kemudian diujikan ke konsumen. Setelahnya produk tersebut dikembangkan kembali sesuai masukan dari pengguna.

Jika kemudian pengembangan produk telah mendekati keinginan konsumen produksi pun akan ditingkatkan.

Dengan cara seperti ini maka para pebisnis akan lebih mudah merespon kemauan pasar serta hemat sumber daya. Setelah melalui hal tersebut produksi pun dilakukan dengan jumlah banyak dan kemungkinan produk diterima oleh konsumen lebih besar karena telah teruji. Inilah yang menjadi perbedaan antara bisnis tradisional dengan lean start up.

5 Prinsip Penting di Dalam Lean Startup sebagai Cara Agar Usaha Lancar dan Sukses

Cara Agar Usaha Lancar Dan Sukses Dengan Lean Startup

Kita perlu mengetahui apa saja prinsip dari lean startup sebelum mempraktikkannya di lapangan. Nah berikut ini 5 prinsip utama lean startup:

1. Dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja

Bisnis dengan skala apapun dapat menggunakan metode lean start up bahkan jika produk yang dibuat masih sebatas prototype.

Anda tidak perlu ragu karena pengembangan produk dapat tumbuh seiring dengan berjalannya bisnis tersebut.
Istilah yang juga dikenal di dalam lean startup adalah think big, begin small, scale fast. Maksudnya adalah tidak perlu khawatir apabila bisnis di awal-awal belum optimal. Karena yang lebih penting adalah memikirkan bagaimana untuk dapat terus mencapai pertumbuhan bisnis secara cepat dengan ide dan inovasi.

2. Fokus dengan manajemen

Untuk tujuan jangka panjang tentu dibutuhkan pengelolaan bisnis yang tepat. Karena memiliki produk yang berkualitas saja belum cukup untuk memperoleh kesuksesan.

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi perjalanan bisnis. Selain memastikan produk yang dijual berkualitas dan baik, perhatikan juga bagaimana pengelolaan keuangannya. Karena itulah yang menjadi alasan metode lean start up fokus dengan pengelolaan manajemen.

3. Tidak berhenti dalam pengembangan bisnis

Metode lean startup memiliki prinsip bahwa pengembangan bisnis harus dilakukan secara terus-menerus serta dilakukan fokus terhadap kebutuhan konsumen. Karena memang setiap pergantian zaman tentu perilaku konsumen pun akan cenderung berubah-ubah.

Anda perlu untuk terus mempelajari kemauan konsumen serta merespon segala kebutuhan yang ada. Ini menjadi langkah yang sangat penting agar produk anda selalu dibutuhkan.

4. Feedback menjadi dasar melakukan inovasi

Dengan memanfaatkan prototype anda dapat memperoleh feedback dari konsumen. Bisa berupa feedback negatif ataupun feedback positif. Ini menjadi penting sebagai cara agar usaha lancar dan sukses.

Feedback positif menjadikan anda mengetahui mana fitur yang harus dipertahankan serta diperbaiki lagi. Adapun feedback negatif menjadi pertimbangan untuk anda, apakah memperbaiki fitur tersebut atau menggantinya secara keseluruhan.

Karena itu sangat penting untuk anda memperhatikan feedback dari konsumen serta mengeksekusinya dengan lebih baik lagi.

5. Cara agar usaha lancar dan sukses dengan membuat produk yang terbaik

Secara garis besar metode lean startup menggunakan prototipe dalam pengembangannya. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti produk yang dibuat asal jadi. Setiap produk haruslah yang terbaik sesuai dengan ide dan usaha yang mampu dikerjakan.

Teruslah menggunakan data dari konsumen untuk membuat produk terbaik seiring dengan perjalanan bisnis. Data tersebut berupa feedback atau masukkan dari konsumen seperti yang kita bahas pada poin di atas.

Kesimpulan

Membuat produk dengan lean startup merupakan cara agar usaha lancar dan sukses. Karenanya buatlah produk sesuai dengan keinginan pasar sebagaimana yang telah disebutkan pada pembahasan di atas. Semoga bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Memulai Bisnis dengan Lean Startup, Ini Keuntungan dan Contohnya