Cara Beriklan di Instagram untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

by -6 views
Cara beriklan di Instagram
Cara beriklan di Instagram

Cara beriklan di Instagram dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk serta menjangkau konsumen yang lebih luas. Akan tetapi banyak orang belum mengetahui bagaimana teknik dan cara agar sukses memanfaatkan Instagram dalam pemasaran produk.

Seperti halnya media sosial lain Instagram menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Instagram sangat direkomendasikan untuk menunjang aktivitas perusahaan khususnya terkait marketing.

Berikut kita akan membahas tips sukses cara beriklan di Instagram untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Iklan Instagram, 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Cara beriklan di Instagram
Cara beriklan di Instagram

Beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan ketika ingin menjadikan Instagram sebagai media atau platform iklan perusahaan anda. Apa saja hal-hal tersebut? Silahkan simak informasinya di bawah ini;

1. Jangan menggunakan fitur efek secara berlebihan

Ketika anda memfoto kemudian menguploadnya ke Instagram, sangat disarankan untuk menghindari penggunaan fitur efek secara berlebihan. Hal ini akan mengurangi kepercayaan pelanggan serta foto yang dihasilkan kurang bagus.

Membuat foto menarik memang sangat penting akan tetapi gunakanlah teknik editing dengan profesional. Efek yang terlalu berlebihan akan mengurangi keaslian serta orisinilitas sebuah foto.

2. Gunakan nama brand yang mudah diingat

Tentu anda sangat dingin jika brand yang anda miliki dapat dikenal luas oleh masyarakat. Karena itu gunakanlah brand yang mudah diingat oleh pengguna Instagram.

Sebaiknya menggunakan nama brand produk sesuai dengan nama akun Instagram yang dibuat. Hal ini juga merupakan strategi marketing online yang bisa berdampak positif terhadap akun bisnis Instagram anda.

3. Upload konten tentang pembuatan produk

Jika anda bergerak di bidang bisnis kerajinan atau bisnis homemade, sebaiknya sesekali mengunggah konten tentang pembuatan produk tersebut. Hal itu akan meningkatkan kepercayaan pengguna Instagram terhadap produk yang dijual.

Tampilkan saja highlights dalam bentuk teaser atau cuplikan, jangan memberitahu keseluruhan proses dalam produksi produk.

4. Beritahukan kegunaan produk

Setiap produk tentunya memiliki kemanfaatan tersendiri, karena itu untuk meningkatkan loyalitas pengguna Instagram terhadap produk Anda, beritahukan kepada mereka kegunaan produk tersebut.

Usahakan untuk memberitahu mereka tentang kegunaan produk Anda lebih dari satu. Hal itu akan meningkatkan minat mereka untuk membeli.

Buatlah gambar, foto ataupun video singkat yang menjelaskan tentang produk yang Anda jual. Dengan begitu, maka pengguna atau followers anda di Instagram akan semakin mengetahui manfaat serta fitur dari produk tersebut. Sangat penting bukan?

5. Memberitahukan lokasi toko offline

Ketika anda memasarkan produk secara online memang tidak terlalu membutuhkan tempat atau toko offline. akan tetapi untuk meningkatkan loyalitas serta kepercayaan pengguna Instagram ada baiknya untuk memberitahukan kepada mereka lokasi toko offline anda.

Ambilah gambar toko dari depan serta suasana sehari-hari. Upload foto tersebut ke akun Instagram dan beritahukan pelanggan anda keterangan serta deskripsi fotonya.

Hal ini akan membantu orang ketika mereka tidak sengaja melewati daerah di mana toko offline anda berada. Bisa jadi mereka akan berkunjung secara langsung dengan membeli produk yang dijual.

6. Membuat iklan

Instagram sendiri telah menyediakan layanan iklan berbayar yang dapat anda manfaatkan. Salah satu kunci sukses bisnis online adalah seberapa sering anda mengiklankan produk ke hadapan publik.

Memang tidak ada jaminan ketika melakukan iklan secara terus menerus akan mendapatkan pelanggan banyak. Namun setidaknya dengan beriklan anda telah membangun brand aware serta dapat meningkatkan kepercayaan.

7. Mengunggah dokumentasi event

Jika Anda mengadakan acara tertentu, ataupun mengikuti pameran, jangan lupa untuk mendokumentasikan kegiatan tersebut. Kemudian unggahlah foto-foto serta video akun Instagram bisnis anda.

Ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan karena bisnis Anda aktif di dunia nyata, alias bukan penipuan.

Secara tidak langsung tips ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan agar mereka dapat membeli produk yang Anda pasarkan melalui Instagram.

Penutup

Beberapa tips cara beriklan Instagram di atas dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk. Jika perusahaan anda telah berkembang pesat, ada baiknya untuk membentuk tim marketing khusus yang mengelola Instagram, Facebook atau channel media sosial lainnya.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait cara beriklan di Instagram. Baca juga artikel lain terkait Cara Bisnis Online di Instagram dan Apa Perbedaan Akun Bisnis dan Akun Biasa?