,

Cara Beriklan Online, Ini 3 Kesalahan Sering Dilakukan

by -3 views
Cara Beriklan di Facebook dan Google Online
Cara Beriklan di Facebook dan Google Online

Di era digital ini banyak orang memilih berikan secara online untuk meningkatkan omset penjualan. Akan tetapi banyak yang mengalami kerugian atau istilahnya ‘iklan boncos’ karena masih salah dalam cara beriklan online.

Di samping hal itu, beriklan secara online memang merupakan pilihan terbaik untuk menghadapi tantangan pandemic corona seperti ini. Bahkan dengan beriklan online, perusahaan kecil pun dapat mengalahkan para pelaku usaha yang telah lebih dulu besar.

Iklan yang baik serta kreatif merupakan hal yang mutlak untuk mendapatkan pembeli atau konsumen. Akan tetapi memang iklan secara online membutuhkan keterampilan tersendiri dan tentunya tidak sama dengan beriklan secara offline.

Karena banyaknya orang yang gagal dalam beriklan secara daring, pada kesempatan ini kami akan membahas beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan saat memasang iklan tersebut.

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Beriklan Secara Online

Untuk lebih jelasnya berikut kita akan membahas 3 kesalahan yang banyak dilakukan ketika melakukan promosi online. Silahkan simak pembahasan di bawah ini hingga selesai;

1. Foto produk (visual)

Cara Beriklan Online
Cara Beriklan Online

Iklan secara online tentunya sangat tergantung dengan visual yang ditampilkan. Karena yang pertama kali orang lihat adalah visual atau gambar produk yang Anda jual.

Deskripsi sebaik apapun produk Anda tidak akan pernah lebih baik dari sebuah gambar. Karena itu tampilkanlah hasil foto produk yang terbagus, baik dari sudut gambar, aspek dalam foto hingga pencahayaan.

Buatlah foto dengan resolusi terbaik agar dapat menjelaskan produk. Foto harus benar-benar mewakili produk yang Anda jual tidak kurang ataupun dilebihkan.

Misalnya anda menjual jam tangan, maka fotolah jam tersebut dari berbagai sudut baik itu belakang, depan, atas ataupun bawah. Hal itu akan memberikan gambaran secara jelas terkait produk yang Anda tawarkan.

Tonjolkan juga kelebihan produk Anda melalui foto tersebut. Karena hal itu akan mempengaruhi calon konsumen untuk lebih tertarik membeli produk yang anda jual.

2. Judul iklan

Cara Beriklan Online
Cara Beriklan Online

Selain visual atau foto produk, anda pun harus memberikan judul iklan yang menarik. Buatlah judul yang menggambarkan produk Anda secara jelas namun tetap jujur.

Jangan sampai ketika membuat judul, misalnya menyebut jika produk yang Anda jual adalah original, akan tetapi faktanya produk tersebut hanya memiliki kualitas super KW.

Pelajari juga tentang knowledge produk agar anda sendiri dapat memberikan judul yang tepat untuk produk tersebut. Hal yang perlu diingat oleh setiap pelaku usaha adalah, jangan pernah membohongi konsumen. Karena jika mereka merasa dibohongi, maka mereka pun enggan untuk membeli lagi produk atau menggunakan layanan yang anda tawarkan.

Pempertahankan konsumen lama itu lebih penting daripada mencari konsumen baru. Konsumen lama bisa menjadi pelanggan setia sehingga mereka senang dan lebih memilih membeli produk tertentu di tempat anda.

3. Deskripsi produk yang dijual

Cara Beriklan secara Online
Cara Beriklan Online

Selain visual dan juga judul iklan, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah terkait deskripsi produk. Perlu diketahui bahwa ketika orang mencari produk di internet, mereka juga akan memperhatikan deskripsi untuk produk tersebut.

Buatlah deskripsi yang singkat serta jelas agar calon konsumen lebih tertarik dan memahami produk anda dengan baik. Tujuan menulis deskripsi adalah untuk memberikan pemahaman agar konsumen dapat menimbang apakah mereka akan membelinya atau tidak.

Jika anda tidak dapat menulis deskripsi dengan spesifik, kemungkinannya akan ada 2. Yaitu, mereka tidak jadi di membeli produk Anda, atau mereka akan bombardir berbagai pertanyaan kepada anda melalui layanan customer service.

Kesimpulan

Di atas kita telah membahas terkait beberapa kesalahan cara beriklan online. Terlepas dari hal itu persaingan dunia bisnis di era digital ini semakin ketat sehingga membutuhkan keterampilan serta kreativitas untuk menghadapi tantangan tersebut.

Buatlah strategi iklan yang dianggap jitu untuk menarik calon pembeli. Anda dapat menggunakan platform Google Ads ataupun Facebook ads. Walaupun kedua platform tersebut berbayar, akan tetapi hal itu dianggap efektif karena dapat menjaring konsumen yang lebih tertarget.

Demikian pembahasan tentang kesalahan cara beriklan online yang harus dihindari. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Komponen Penting Dalam Strategi Pemasaran Melalui Digital