, ,

Cara Bisnis Online di Instagram dan Apa Perbedaan Akun Bisnis dan Akun Biasa?

by -2 views
Peluang Usaha Online Tanpa Modal
Peluang Usaha Online Tanpa Modal

Salah satu platform media sosial yang sangat banyak digunakan adalah Instagram. Sekarang Instagram juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis dan pemasaran produk. Lalu bagaimana cara bisnis online di Instagram?

Nah pada artikel ini kita akan membahas terkait cara berbisnis dan mendapatkan prospek penjualan melalui Instagram. Anda harus menggunakan akun Instagram khusus untuk bisnis, karena itu akan memberikan pengaruh positif terhadap bisnis yang Anda kelola.

Apa Perbedaan Antara Akun Pribadi dan Akun Bisnis Instagram?

Cara Bisnis Online di Instagram
Cara Bisnis Online di Instagram

Nah sebelum membahas terkait cara berjualan di instagram untuk pemula, terlebih dahulu kita perlu membedakan antara akun pribadi dan akun bisnis. Lalu Apa perbedaan dari keduanya? Berikut pembahasannya untuk Anda:

  • Profil bisnis

Fitur profil bisnis memang dikhususkan untuk para pelaku bisnis yang membuka layanan di instagram. Anda dapat memilih metode yang bisa digunakan untuk terhubung dengan konsumen, baik itu melalui telepon, email ataupun SMS.

Tentu hal itu tidak didapatkan di akun Instagram pribadi. Karenanya Anda perlu membuat akun khusus untuk keperluan bisnis.

  • Insight atau wawasan

Di dalam akun instagram bisnis dapat menggunakan fitur insight untuk mengetahui informasi terkait pengikut atau followers. Misalnya Anda ingin mengetahui terkait perilaku pengikut, demografi, ataupun terkait informasi kiriman yang paling banyak disukai.

  • Promote

Setelah mengetahui konten mana yang paling disukai oleh pengikut melalui insight, nah Anda dapat langsung menjadikan konten tersebut untuk materi iklan. Di dalam akun bisnis hal itu dapat dilakukan dengan mudah, karena sudah ada fitur promote atau mempromosikan konten Instagram secara langsung.

Tips Sukses Cara Bisnis Online di Instagram

Cara Bisnis Online di Instagram
Cara Bisnis Online di Instagram

Setelah kita mengetahui perbedaan antara akun pribadi dan akun bisnis, sekarang saatnya Anda melakukan teknik promosi dengan Instagram. Nah berikut ini adalah kiat-kiat sukses promosi di Instagram:

  • Optimalkan akun bisnis

Di atas kita telah membahas keunggulan menggunakan akun bisnis, karena itu manfaatkanlah berbagai fitur bisnis yang tersedia. Anda dapat menggunakan insight atau fitur wawasan untuk menganalisa hal-hal yang berkaitan dengan followers. Optimalkan juga fitur promote dan profil bisnis.

  • Upload gambar yang menarik

Instagram adalah media sosial yang dikhususkan untuk membagikan gambar. Karena itu kiat sukses yang sangat penting dalam memasarkan produk di Instagram adalah memiliki stok gambar yang berkualitas. Buatlah foto produk semenarik mungkin dengan memberikan background serta lengkap dengan hiasannya.

  • Menambahkan hashtag yang relevan

Hastag memiliki fungsi yang cukup powerfull dan berguna sebagai search engine di Instagram. Biasanya orang-orang di Instagram mencari produk tertentu melalui hashtag, misalnya heshtag #jamtangan, #laptopmurah, #camilansehat, dan lain sebagainya. Sesuaikanlah kebutuhan hastag dengan produk yang Anda jual.

  • Menampilkan foto karyawan

Nah Jika memiliki karyawan, ada baiknya untuk meng-upload dan memperlihatkan foto karyawan Anda di Instagram. Hal itu berguna untuk membangun kepercayaan terhadap audience yang berminat dengan produk Anda.

  • Upload secara berkala

Buatlah jadwal update content secara berkala. Nah jika ingin mengetahui waktu jam berapa yang potensial untuk memposting gambar, Anda dapat memanfaatkan fitur Insight untuk melihat aktivitas tersebut. Lakukanlah sedikit eksperimen dengan mengupload gambar di waktu-waktu tertentu, perhatikan di konten mana dan jam berapa interaksi di Instagram Anda meningkat.

  • Endorsement

Anda dapat bekerja sama dengan akun-akun yang telah memiliki followers banyak untuk mempromosikan akun Instagram bisnis milik Anda. Atau juga bisa bekerjasama dengan selebgram untuk mengendorse product. Walaupun menggunakan jasa endorse ini cukup mahal, akan tetapi jika iklan endorse tepat sasaran, Anda bisa memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat.

  • Hindari spam komentar

Sebagian orang yang promosi di Instagram melakukan kesalahan yang cukup fatal, yaitu spam komentar. Spam komentar memang terlihat efektif untuk mendapatkan prospek penjualan, akan tetapi hal itu berdampak buruk terhadap akun bisnis instagram yang Anda miliki.

Orang yang merasa terganggu dengan spam komentar tidak segan-segan melaporkan akun Instagram ke pusat. Dengan begitu akun Instagram Anda bisa saja sewaktu-waktu diblokir oleh pihak instagram.

Karena itu bijaklah dalam melakukan promosi di di Instagram. Manfaatkanlah fitur-fitur yang sudah disediakan, walaupun berbayar tetapi hal itu bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang cara bisnis online di Instagram yang mudah dan bisa Anda kerjakan sendiri. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Strategi Pemasaran Instagram untuk Menaikan Omset Bisnis Kuliner.