,

Cara Melihat Harga Saham di IDX dan Platform Lain

by -9 views
idx
Cara Melihat Harga Saham di IDX

Salah satu jenis investasi yang menguntungkan adalah investasi saham. Akan tetapi sebelum memulai investasi ini tentu Anda harus mengetahui terkait harga saham yang terus berubah-ubah. Karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bagaimana cara melihat harga saham di IDX ataupun platform lainnya.

Cara Melihat Harga Saham di IDX

 

Cara Melihat Harga Saham di IDX
Cara Melihat Harga Saham di IDX

Pertama yang bisa Anda lakukan untuk melihat harga saham adalah melalui IDX. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan masuk ke situs IDX
  • Setelah itu pilih data pasar kemudian masuk ke ringkasan
  • Nanti Anda akan melihat filter yang perlu dipilih. Silakan pilih bagian “kode saham”, “tertinggi”, “terendah”, “penutupan” dan juga sebelumnya.
  • Setelah memilih, nanti Anda akan melihat daftar saham beserta harga “tertinggi”, “penutupan”, “terendah”, dan juga sebelumnya.

Nah dari hal itulah Anda dapat mengetahui harga saham tahunan. Yang jadi pertanyaan adalah mengapa harus memilih pilihan sebelumnya, bukan open price? Hal itu karena memang seringkali harga open price tidak muncul dan hanya terpampang angka 0.

Cara ini dinilai yang terbaik yaitu dengan melihat harga penutupan di hari sebelumnya. Akan tetapi Anda bisa menggunakan platform lain untuk mengetahui harga saham secara harian dan real time. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

Melalui Google

Cara Melihat Harga Saham di IDX
Cara Melihat Harga Saham di IDX

Bukan hanya mencari informasi umum, akan tetapi di Google Anda pun dapat melihat harga secara real-time. Walaupun cara ini memiliki kekurangan, yaitu Anda hanya dapat melihat satu per satu indeks saham. Sehingga data yang ditampilkan merupakan data yang cukup mendetail untuk satu kode saham.

Adapun Cara Melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Silakan masuk ke halaman Google kemudian masukkan keyword saham yang ingin Anda cari tahu. Misalnya Anda ingin mencari detail saham terkait saham BUMI.
  • Setelah Anda memasukkan keyword saham BUMI maka Google akan menampilkan informasi secara lengkap terkait saham tersebut.
  • Bahkan di dalam informasi tersebut juga Anda dapat melihat histori harga saham BUMI yang terbilang lengkap.
  • Selain itu keyboard yang diolah pun bermacam-macam. Anda dapat menuliskan, misalnya saham perusahaan BUMI Resources, atau lainnya. Anda dapat menggunakan keyboard lain asalkan memiliki korelasi. Dengan begitu Anda dapat memperoleh update harga terkait hal itu secara real-time.

Yahoo Finance

Cara Melihat Harga Saham di IDX
Cara Melihat Harga Saham di Yahoo

Selain Google Anda pun dapat memanfaatkan widget milik Yahoo. Widget Yahoo seringkali diandalkan untuk mencari informasi terkait harga saham terkini. Kita dapat menemukan grafik saham secara lengkap untuk melakukan analisa. Nah caranya adalah sebagai berikut:

  • Silakan buka alamat Yahoo Finance
  • Setelah itu klik kode saham yang sertakan juga .JK. Misalnya seperti ini, Anda ingin mencari tahu terkait harga saham BUMI, maka yang perlu Anda masukkan adalah keyword BUMI.JK di dalam Kolom pencarian.
  • Setelah itu Anda akan melihat daftar saham dengan kode BUMI.
  • Jika Anda ingin melihat grafik saham berdasarkan tahunan, bulanan, hingga harian, silakan gunakan kode 1D, 5D, YTD, 1M, 1Y dan lain sebagainya untuk mengoperasikan sistem pencarian Yahoo Finance.

Membeli Data Harga Penutupan 7 Tahun Terakhir

Pengertian Saham Menurut Para Ahli serta Manfaat dan Resikonya
Cara Melihat Harga Saham di IDX

Cara diatas dapat digunakan secara gratis, akan tetapi jika memiliki biaya lebih Anda dapat membeli data harga penutupan 7 tahun. Mungkin ini tidak menjadi masalah bagi Anda yang memang serius ingin membeli saham.

Data-data bisa Anda beli melalui internet, silahkan cari saja melalui Google. Di dalam data file-file yang Anda beli akan ada informasi yang dapat digunakan untuk menganalisa saham.

Harganya pun cukup murah berkisar antara 100 hingga 200 ribu rupiah. Cukup murah bukan?

Nah untuk Anda yang beragama Islam tidak perlu takut untuk berinvestasi saham, karena sekarang Anda dapat membeli saham Syariah. Adapun jenis saham yang bisa dibeli adalah saham yang sudah terdaftar di DES (daftar efek Syariah) atau juga yang sudah terdaftar di ISSI (indeks saham Syariah Indonesia).

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang cara melihat harga saham di IDX ataupun platform lainnya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Perbedaan Reksadana dan Saham yang Harus Diketahui.