, ,

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual

by -0 views
Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual
Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual

Belakangan ini hampir semua kegiatan bisa dijadikan bisnis, tidak terlepas peluang usaha menjual bawang goreng. Ada banyak alasan mengapa bawang goreng bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas terkait cara membuat bawang goreng untuk dijual.

Jika Anda tertarik dan penasaran dengan usaha ini, silakan baca pembahasan berikut hingga selesai.

Prospek Bisnis Bawang Goreng

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual
Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat bawang goreng yang renyah, empuk dan layak dijual, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa prospek dan keuntungan menjual bawang goreng.

Sebagaimana yang telah diutarakan di atas, jika ada banyak alasan mengapa bisnis bawang goreng cukup menjanjikan. Salah satu alasannya adalah; bawang goreng sangat dibutuhkan oleh banyak para pelaku usaha kuliner. Bahkan hampir semua jenis kuliner menggunakan bawang goreng.

Akan tetapi banyak pelaku usaha kuliner tersebut tidak sempat untuk memproduksi bawang goreng sendiri. Mereka lebih memilih bawang goreng instan dengan membelinya di pasar.

Bukan hanya itu, terkadang kebutuhan rumah tangga pun menjadi alasan usaha bawang goreng sangat diminati. Karena banyak ibu rumah tangga yang lebih memilih membeli bawang goreng ketimbang membuatnya sendiri.

Dengan begitu usaha menjual bawang goreng memiliki prospek cerah dan menguntungkan kedepannya.

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual
Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual

Nah ini adalah tahap yang ditunggu-tunggu. Berikut kita akan membahas bagaimana cara membuat bawang goreng yang renyah dan empuk sehingga layak untuk dijual. Berikut ulasannya untuk Anda;

Terlebih dahulu siapkan bahan-bahan;

  • 250 gram bawang merah
  • Garam
  • Minyak goreng Secukupnya

Setelah menyiapkan beberapa bahan di atas, sekarang Anda dapat mengikuti langkah pembuatannya;

  • Terlebih dahulu irislah bawang tipis-tipis, kemudian taburi garam, remas bawang agar garam lebih meresap. Pastikan bawang diremas namun jangan sampai hancur.
  • Setelah itu panaskan minyak goreng kemudian masukkan bawang ke dalam minyak yang telah panas. Masaklah bawang dengan api yang sedang serta terus diaduk agar bawang matang secara merata.
  • Jika bawang sudah terlihat sedikit kecoklatan dan tidak basah lagi Anda dapat mengangkat bawang tersebut.
  • Jangan membiarkan bawang sampai berwarna coklat karena bawang bisa saja sudah gosong.
  • Angkatlah bawang kemudian ditiriskan di atas tisu dapur agar minyaknya cepat kering dan terserap oleh tisu.
  • Setelah minyak yang ada di bawang benar-benar kering dan tidak lagi panas maka masukkan bawang ke dalam wadah kemasan yang kedap udara.
  • Catatan; sebaiknya untuk menghindari mengiris bawang dengan jumlah banyak karena bawang akan berubah warna sehingga tidak lagi cantik saat digoreng. Irislah bawang dengan jumlah secukupnya agar bisa langsung digoreng.

Tips Membuat Bawang Goreng Gurih dan Renyah

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual
Cara Membuat Bawang Goreng Renyah untuk Dijual

Di atas kita telah membahas step by step membuat bawang goreng yang layak dijual. Berikut adalah tips membuat bawang goreng yang renyah, gurih dan enak;

  • Memilih bawang berukuran besar; gunakan dalam membuat bawang goreng sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya, karena itu pilihlah bawang goreng masih segar dan berukuran besar atau sedang.
  • Mengiris bawang dengan tipis; agarnya tentu bawang perlu diiris secara tipis dengan ketebalan tertentu, gunakanlah slicer untuk mendapatkan hasil irisan yang tipis merata.
  • Merendam dengan air garam; sebelum bawang digoreng lebih baik terlebih dahulu campurkan bawang dengan garam secukupnya serta rendam dengan air selama 30 menit.
  • Tambahkan tepung maizena; cara agar bawang renyah adalah menggunakan tambahan tepung maizena, untuk 1 kg bawang cukup Anda tambahkan 1 sendok tepung saja.
  • Keringkan bawang; setelah bawang digoreng pastikan untuk mengeringkannya secara sempurna, caranya dengan mendiamkan bawang setelah digoreng selama 1 hingga 2 jam di atas wadah atau tisu.
  • Cukup goreng bawang hingga warna keemasan; tidak perlu menggoreng hingga berwarna coklat, gunakan api sedang agar Anda bisa dengan mengontrol kematangan bawang goreng.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara membuat bawang goreng yang renyah untuk dijual. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait ide dan peluang usaha. Baca juga artikel lain terkait Peluang Usaha Warung Bakso, Modal Awal Cuma 5 Jutaan Saja!