,

Cara Membuat Proposal Usaha yang Baik dan Benar

by -7 views
Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan
Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan

Proposal usaha adalah dokumen yang perlu Anda buat karena bisa digunakan untuk kemajuan bisnis. Akan tetapi banyak orang yang berpikir membuat proposal usaha itu rumit dan susah. Namun faktanya cara membuat proposal usaha sangat gampang dan bisa Anda lakukan sendiri.

Dengan adanya proposal usaha Anda dapat mengajukan kerjasama dengan investor tertentu. Selain itu jika ingin mencari rekan kerja yang mendukung bisnis Anda maka proposal usaha seperti ini bisa dimanfaatkan.

Proposal usaha juga sebagai tanda jika Anda memang serius di dalam mengelola sebuah bisnis. Perencanaan ketika memulai usaha tentunya sangat penting dan hal itu bisa Anda tuangkan di dalam proposal usaha yang akan kita buat nanti.

Di bawah ini adalah struktur pembuatan proposal usaha yang bisa Anda ikuti. Struktur tersebut terdiri dari pendahuluan, profil badan usaha, struktur organisasi, produk usaha, target pasar, promosi dan pemasaran, laporan keuangan, penutup, dan lampiran. Berikut adalah penjelasan dari masing-masingnya:

cara membuat proposal usaha
Cara membuat proposal usaha

Pendahuluan

Di dalam pendahuluan Anda dapat menyampaikan latar belakang usaha, visi misi serta gambaran usaha dan juga kondisi pasar terkait bisnis yang ingin Anda bangun tersebut.

Profil Badan Usaha

Jenis usaha: Disini Anda perlu menjelaskan jenis bisnis usaha yang ingin dibangun secara jelas dan padat.

Nama perusahaan: Nama perusahaan atau brand sangat penting untuk Anda pikirkan terlebih dahulu sebelum mengajukan proposal bisnis.

Lokasi: Pemilihan lokasi juga perlu Anda sebutkan di dalam bagian “profil dan badan usaha” ini. Tulislah secara jelas alamat dan lokasi usaha Anda kemudian berikanlah denah atau peta agar investor mudah untuk mengenali lokasi tersebut.

Struktur Organisasi Perusahaan

Dalam membangun usaha Anda pun harus merencanakan struktur organisasi perusahaan secara jelas. Hal ini sangat berpengaruh terhadap calon investor nantinya. Di dalam struktur organisasi Anda dapat menjelaskan tentang siapa pemilik usaha, HRD, pengelola, marketing, atau lain sebagainya.

Produk Usaha

Jenis produk: Silahkan Anda sebutkan produk apa saja yang dijual atau dibuat oleh bisnis yang Anda kelola.

Pembuatan produk: Jelaskan bagaimana cara pembuatan produk secara rinci dan jelas agar mudah dipahami.

Keuangan produk: Tidak lupa juga harus menyertakan keunggulan produk yang Anda buat tersebut dibandingkan dengan produk lainnya yang ada di pasaran.

Target Pasar

Anda perlu melakukan riset terhadap target pasar yang ideal dan tertarik terhadap bisnis Anda. Target pasar tersebut terkait konsumen baik itu tempat tinggal, umur, kalangan, dan lain sebagainya. Jelaskan hal-hal tersebut rinci dan jelas.

Promosi dan Pemasaran

Dalam membuka usaha atau bisnis tentu Anda juga harus memperhatikan strategi promosi dan pemasaran. Karena itu Anda perlu mempelajari terlebih dahulu bagaimana strategi pemasaran atau metode-metode promosi untuk bisnis Anda.

Laporan Keuangan

Alokasi dana: Alokaksi dana harus Anda jelaskan secara rinci apa saja yang dibutuhkan serta besaran nya.

Perhitungan laba: Buatlah perhitungan laba secara realistis dan juga risiko usaha yang Anda kelola.

Perhitungan bagi hasil: Di bagian ini Anda perlu menjelaskan perhitungan bagi hasil. Misalnya bagi hasil 1:1 dari keuntungan yang diperoleh. Jelaskan juga bahwa investor dan pemilik usaha mengambil bagian yang sama terhadap keuntungan dan kerugian di dalam bisnis tersebut.

Kesimpulan

Di bagian kesimpulan Anda dapat meyakinkan kembali investor terhadap bisnis yang Anda kelola. Rangkum kembali semua poin yang disampaikan di atas secara singkat agar investor dapat memahami tujuan dan keinginan Anda.

Lampiran-Lampiran

Jika Anda memiliki dokumen lain yang perlu disampaikan, maka tulislah list nama-nama dokumen tersebut di bagian ini. Lampiran-lampiran bisa berupa biodata pemilik usaha, sertifikat usaha, surat izin usaha, surat perjanjian usaha dan lain sebagainya.


Demikianlah pembahasan tentang cara membuat proposal usaha yang baik dan benar. Anda dapat mengikuti struktur cara pembuatan proposal di atas dengan sangat mudah dan gampang. Sebelum membuat proposal usaha terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam pengajuan proposal tersebut.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel lain terkait Contoh Proposal Usaha Makanan yang Sangat Mudah Dibuat