, ,

Cara Mempertahankan Bisnis Waralaba di Tengah Wabah COVID-19

by -5 views
Waralaba
Foto: Pexels

Waralaba menjadi salah satu jenis bisnis yang kerap dijadikan pilihan terutama bagi para pengusaha pemula. Selain karena rendah risiko mengalami kerugian, bisnis ini juga dikenal memiliki banyak keuntungan.

Salah satunya adalah kamu bisa membuka bisnis dengan menggunakan brand atau merek dagang yang sudah terkenal. Dengan demikian, kredibilitas usahamu pun akan lebih terpercaya.

Nah, di tengah kondisi pandemi virus corona akhir-akhir ini. Banyak pelaku bisnis waralaba yang mengalami kerugian bahkan nyaris gulung tikar. Untuk itu, perlu adanya pengelolaan bisnis yang tepat agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada artikel berikut, InfoBiznis akan memberikan informasi terkait cara mempertahankan bisnis waralaba di tengah wabah COVID-19 agar terhindar dari kerugian apalagi gulung tikar. Penasaran apa saja, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya.

Cara Mempertahankan Bisnis Waralaba di Tengah Wabah COVID-19

Waralaba
Foto: Pexels
  1. Periksa kondisi keuangan dalam bisnis

Tak ada seorang pun yang bisa memastikan kapan pandemi ini akan berakhir. Maka dari itu, sebagai pelaku usaha kamu harus bisa melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Pastikan kamu mengetahui kondisi keuangan dalam bisnismu sekarang. Dan lakukan perhitungan sampai berapa lama ia bisa bertahan.

  1. Ubah strategi marketing

Di tengah-tengah pandemi yang semakin menjadi. Para pengusaha mulai mengubah strategi marketing mereka. Tentunya strategi ini disesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini. Dengan memanfaatkan peluang tersebut, kamu bisa mendapatkan perhatian dari pelanggan lewat strategi marketing yang dijalankan.

Contoh saja jika bisnis waralabamu bergerak dalam bidang kuliner. Kamu bisa memberikan strategi marketing tambahan seperti dengan memberikan layanan pesan antar. Dengan demikian, orang-orang yang tak bisa keluar rumah tetap bisa memesan makanan dari bisnismu.

  1. Prioritaskan pengeluaran dalam bisnis waralaba

Karena kondisi ekonomi sedang tidak memungkinkan. Sebagai seorang pengusaha kamu harus membuat keputusan yang bijak untuk mempertahankan bisnis yang kamu jalankan. Maka dari itu jangan sampai melakukan pengeluaran-pengeluaran yang kurang perlu dalam bisnis di masa seperti saat ini.

  1. Melakukan kontrol terhadap bahan baku

Jika bisnis waralabamu bergerak dalam bidang kuliner pasti memiliki ragam bahan baku yang harus disimpan dan dijaga kesegarannya. Mengingat, banyak bisnis yang mengalami penurunan angka penjualan. Sehingga mungkin, waralaba bisnis kulinermu yang sebelumnya rame dan selalu habis. Kini harus tersisa banyak karena orang-orang lebih memilih masak sendiri di rumah.

Untuk itu, demi menjaga kesegaran dan menghindari bahan baku yang membusuk. Kamu harus pintar-pintar mengelolanya.

Dan jangan lupakan di tengah pandemi yang terjadi seperti saat ini, banyak barang-barang yang mengalami kenaikan harga. Untuk itu, kamu benar-benar harus menjaga bahan baku sebaik mungkin agar terhindar dari kerugian.

  1. Maksimalkan promosi lewat media sosial

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang memberikan banyak kemudahan bagi semua orang. Tak terkecuali bagi para pelaku bisnis. Kamu bisa mempromosikan produk jualanmu melalui sosial media ataupun e-commerce besar seperti BukaLapak dan Tokopedia.

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan karena pangsa pasar yang dituju pun semakin luas. Semua orang bisa mengaksesnya dan kamu bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai daerah.

Nah, jika bisnis waralaba yang kamu jalankan adalah makanan atau minuman. Tentu akan susah melakukan pengiriman hingga ke luar kota. Namun kamu masih bisa memanfaatkan sosial media tersebut untuk menjangkau pasar yang ada di sekitarmu. Bisa dengan promosi gratis maupun berbayar.

Kamu juga bisa membuat kalimat promosi atau postingan yang berpotensi viral agar dapat menaikkan trafik penjualan dalam bisnis waralabamu.

Kesimpulan

Semua orang sedang berjuang di tengah-tengah kondisi genting seperti saat ini. Sudah ada banyak bisnis yang harus tutup bahkan gulung tikar karena pandemi corona yang terjadi.

Untuk itu, kelima langkah di atas harus kamu lakukan demi menjaga kondisi keuangan dalam bisnis. Serta mempertahankan cash flow yang ada.

Demikianlah artikel tentang cara mempertahankan bisnis waralaba di tengah wabah COVID-19. Jangan lupa untuk di-share ke teman-teman atau keluargamu yang memiliki bisnis maupun usahanya sendiri. Agar mereka bisa mempersiapkan dan menentukan langkah yang tepat dalam menghadapi pandemi virus corona ini.