, ,

Cara Memulai Bisnis Dengan Membangun Brand Identity

by -11 views
Cara Agar Usaha Lancar Dan Sukses Dengan Lean Startup

Di artikel sebelumnya kita juga membahas terkait apa itu brand identity serta apa manfaatnya. Setelah memahami hal tersebut lalu bagaimana cara memulai bisnis dengan membangun brand identity untuk kesuksesan usaha.

Membuat brand identity memang sedikit lebih rumit dan tidak semudah membalikan telapak tangan. Dibutuhkan kerja keras serta usaha yang maksimal.

Secara singkat membangun brand identity dapat dilakukan dengan tahapan; memastikan strategi branding berjalan baik, mengenali bagaimana bayer persona, memahami kompetitor, melakukan audit terhadap brand, dan terakhir merefleksikan identitas brand.

Tidak perlu lama-lama silahkan simak pembahasan lengkap terkait hal-hal di atas dalam ulasan di bawah ini.

Cara Membangun Brand Identity Sebagai Cara Memulai Bisnis yang Sukses

Cara Memulai Bisnis Dengan Membangun Brand Identity

Menuntaskan segala strategi branding

Brand identity dapat diartikan sebagai salah satu bagian penting dari strategi branding. Branding yang perlu anda lakukan mencakup tiga hal penting, yaitu;

Inti brand- menentukan segala aspek dasar dari brand yang dimiliki, seperti visi misi, value yang dimiliki serta tujuan brand dan lain sebagainya.

Message brand- yaitu pesan yang ingin ditunjukkan oleh merk bisnis anda, terkait tagline, karakter brand, manfaat dan lain sebagainya.

Identitas brand- bagian ini adalah bagaimana anda ingin orang mengenal bisnis anda, terkait dengan logo, tipografi warna, dan berbahasa lengkapnya bisa dibaca dalam artikel ini.

Sebelum melaksanakan identity brand, pastikan ke-2 poin yaitu inti brand serta message brand telah tersampaikan dengan baik. Barulah kemudian anda bisa masuk ke dalam strategi identitas brand.

Pahami lebih dalam terkait bayer persona

Apakah anda telah memiliki gambaran yang lengkap tentang pelanggan atau konsumen? Jika belum maka pastikan anda segera membuat bayer persona.

Bayer persona dapat dikategorikan ke dalam beberapa aspek, misalnya latar belakang pendidikan konsumen, demografis, bagaimana kebiasaan belanja, karakter dan lain sebagainya. Dengan memahami bayer persona anda dapat melakukan pendekatan yang paling maksimal untuk memperoleh pelanggan.

Lakukanlah identifikasi terhadap kompetitor

Memulai bisnis bukan hanya tentang anda sendiri, tetapi ada begitu banyak kompetitor yang siap menjadi pesaing. Langkah selanjutnya setelah menentukan bayer persona cobalah untuk mengidentifikasi kompetitor.

Lalu mungkin ada yang bertanya, apa tujuan dari identifikasi kompetitor ini?

Pertama adalah guna mencegah adanya hal-hal yang mirip. Kedua, memberikan identitas naik level alias bisnis anda seolah lebih unggul dibanding kompetitor.

Melakukan audit brand

Langkah keempat yang sangat penting untuk dilakukan ialah audit brand. Ada perlu mendalami brand agar dapat memahaminya sebelum membuat brand identity.

Untuk bisa memahami brand anda lebih dalam coba pertanyakan terkait hal-hal berikut:

Identitas bisnis yang sekarang apakah telah sesuai dengan visi dan misi?

Seberapa jauh konsumen dapat mengingat brand identity yang dibuat?

Apakah brand identity yang sekarang telah ada dapat memikat hati calon konsumen?

Dengan cara ini anda dapat mengetahui, bisnis sudah dapat masuk ke tahap brand identity atau melakukan branding ulang.

Visualisasikan brand identity

Di tahap terakhir ini hal yang perlu dilakukan adalah mendapatkan gambaran serta konsep identitas brand. Akan tetapi hal tersebut belum bisa dituangkan kedalam berbagai hal secara jelas.

Anda perlu mencari brainstorming konsep yang lebih jelas, menyeluruh, detail dan kreatif. Hal ini bertujuan agar tim yang terlibat dalam bisnis dapat memahami konsep dengan baik dan berada dalam satu tujuan brand identity.

Kesimpulan

Dengan seluruh ringkasan yang dibuat dari tahapan-tahapan diatas dapat digunakan dalam setiap project desain untuk menghasilkan identitas brand. Misalnya terkait logo, website, infografis dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang cara membangun brand identity sebagai langkah sukses memulai usaha. Semoga bermanfaat dan silahkan share pembahasan ini kepada teman atau kerabat anda. Terima kasih.