,

Cara Memulai Bisnis Distro, Berikut 5 Tips Suksesnya

by -5 views
Tips Sukses Distro
Peluang bisnis clothing rumahan

Salah satu jenis usaha fashion yang cukup menjanjikan adalah menjual produk distro. Biasanya target pasar produk distro menyasar kaum milenial yang sangat mementingkan gaya dan style. Jika tertarik mencoba peluang usaha ini, tentu anda harus mengetahui cara memulai bisnis distro agar bisa menguntungkan.

Ada beberapa cara dan tips yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis distro. Apa saja tips nya? Silahkan simak informasi berikut ini:

Menentukan Konsep Toko Distro

Cara memulai bisnis distro
Cara memulai bisnis distro

Konsep toko distro sangat lah penting agar bisa menarik perhatian calon pembeli. Bedakan antara toko distro dan toko pakaian lainnya. Hal sangat membedakan antara kedua tokoh tersebut adalah, antara lain toko distro perlu anda tata dengan rapi dan penempatan masing-masing pakaian pun harus sesuai dengan kategorinya agar orang lebih mudah untuk memilih.

Buatlah toko anda sangat khas dan berkarakter agar mudah dikenali dan diingat oleh pembeli. Semakin unik maka toko anda akan semakin dilirik orang.

Jenis Sistem Usaha Distro

Toko Pakaian
Cara memulai bisnis distro

Tips selanjutnya yang perlu anda perhatikan sebelum memulai usaha adalah terkait jenis distro. Anda dapat memilih menjual produk dengan sistem reseller ataupun self-production. Dari kedua jenis sistem usaha tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, anda harus mengetahui lebih dalam terkait hal itu.

Jika memang modal yang dimiliki cukup besar, maka tidak ada salahnya anda mencoba usaha dengan sistem self-production. Sebaliknya jika modal yang dimiliki cukup terbatas, anda dapat memulai usaha distro dengan sistem reseller.

Menentukan Harga yang Tepat

Cara memulai bisnis distro
Cara memulai bisnis distro

Salah satu faktor yang menentukan bisnis distro anda akan maju atau tidak adalah terkait hara yang ditawarkan. Ada banyak distro di daerah-daerah, karena sudah pasti akan ada pula persaingan harga. Lakukanlah analisis harga di daerah anda agar bisa menentukan harga produk distro yang ideal.

Tempat Strategis untuk Usaha Distro

Usaha Kaos
Cara memulai bisnis distro

Selain harga, faktor lain yang mempengaruhi prospek bisnis distro adalah lokasi. Lokasi yang strategi akan memberikan dampak positif terhadap penjualn produk. Walaupun menyewa tempat yang strategi biasanya cukup mahal, akan tetapi dengan perhitungan yang benar anda bisa memperoleh keuntungan yang lebih.

Saran lokasi untuk bisnis distro adalah di dekat kampus, perkantoran maupun daerah yang banyak ditinggali kaum milenial.

Mempunyai Strategi Pemasaran yang Ampuh

Jualan Baju
Cara memulai bisnis distro

Sebenarnya merek distro sendiri sudah cukup membuat orang banyak tertarik untuk membeli, akan tetapi untuk memantapkan strategi pemasaran maka anda perlu melakukan beberapa hal. Hal yang sangat wajib anda lakukan di zaman modern sekarang ini adalah memanfaatkan platform media sosial dan juga toko online.

Untuk pemasaran di kedua jenis platform tersebut sudah kami bahas di dalam artikel berikut:

Menjual Secara Grosir atau Retail

Toko Pakaian
Cara memulai bisnis distro

Pilihan lain ketika anda berbisnis distro adalah terkait menjual secara grosir atau retail. Tentu dari kedua pilihan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Biaya jika anda menjual secara grosir maka keuntungan dari setiap produk lebih sedikit, tetapi anda bisa menjual produk dengan jumlah yang banyak.

Sebaliknya ketika anda memilih menjual secara retail maka keuntungan setiap produk bisa lebih besar, hanya saja anda perlu mendapatkan banyak pembeli untuk bisa menjual produk lebih banyak.

Membuat Tim yang Solid

Usaha Kaos
Usaha Pakaian

Jika ketika merintis usaha, anda hanya bergerak sendiri. Nah saat usha distro anda sudah berkemang maka sekarng waktunya untuk membetnuk tim yang solid dan bisa saling memberikan dukungan. Carilah rekan yang memang bisa diajak untuk bertukar pikiran dan berbagi ide untuk memajukan bisnis.

Sebenarnya memilih tim yang solid dan kompak tidaklah mudah, anda harus benar-benar mencari orang yang satu tujuan dan memiliki visi yang sama. Jangan sampai di tengah jalan anda dan rekan malah berbeda pendapat yang bisa mengakibatkan bisnis anda hancur. Anda dapat membaca artikel tentang bagaimana mencari rekan bisnis yang tepat di sini.

Penutup

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara memulai bisnis distro untuk pemula. Semua cara dan tips di atas tidak menjamin anda pasti berhasil memulai usaha distro, karena hal itu bergantung kepada doa dan kerja keras anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.