,

Cara Memulai Bisnis Sukses? Mulailah Bangun Kredibilitas

by -5 views
5 Sifat Penting Ini Harus Dimiliki Oleh Pengusaha Sukses

Ketika ada mencari cara memulai bisnis sukses barangkali anda akan bertanya: “bagaimana cara agar konsumen membeli produk saya?”.

Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan hal itu, mulai dari memberikan diskon, menurunkan harga dan juga memperbaiki kualitas produk. Tidak banyak yang tahu cara yang sangat penting ini, yaitu meningkatkan kredibilitas bisnis.

Mengapa kredibilitas bisnis dapat meningkatkan penjualan? Alasannya karena memang 81% konsumen mengakui bahwa ketika mereka ingin membeli sebuah produk terlebih dahulu harus percaya kepada brand tersebut.

5 Cara Memulai Bisnis Sukses Dengan Membangun Kredibilitas

Cara Memulai Bisnis Sukses

Setelah kita mengetahui faktanya bahwa konsumen begitu sangat mementingkan kredibilitas, lalu bagaimana cara kita meningkatkan hal tersebut? Untuk jawaban lengkapnya silahkan baca pembahasan dibawah ini hingga selesai.

1. Cara Memulai Bisnis Sukses: Menawarkan Produk yang Berkualitas

Usaha yang dibangun akan sia-sia jika anda menjual produk yang buruk. Hal itu karena dapat menurunkan kredibilitas bisnis sehingga orang tidak lagi percaya.

Pertama yang perlu dilakukan adalah, untuk senantiasa mengutamakan kualitas produk. Anda dapat menunjukkannya dengan cara memperlihatkan fitur-fitur serta bagaimana cara kerja produknya.

Misalnya sebuah perusahaan provider hosting, mereka akan memperkenalkan bisnisnya sebagai provider hosting terbaik dengan server yang memiliki performa cepat dan dapat diandalkan. Agar kredibilitas bisnis meningkat, apa yang diklaim diatas harus dapat dibuktikan dan sudah dirasakan oleh konsumen.

Itu berarti bahwa provider hosting tersebut harus benar-benar memiliki performa server yang dapat diandalkan dan cepat. Begitupun dengan bisnis-bisnis lainnya. Jangan hanya membual dengan janji dan ucapan belaka tanpa ada pembuktian.

2. Cara Memulai Bisnis Sukses: Produk Harus Menyelesaikan Masalah

Barangkali anda pernah mendengar sebuah kalimat; “konsumen itu tidak membeli produk, tetapi mereka membeli solusi untuk persoalan yang mereka hadapi”.

Nah ini menjadi salah satu cara memulai bisnis sukses dengan membangun kredibilitas. Jika bisnis anda mampu menjadi solusi terhadap persoalan konsumen yang dialami, maka secara otomatis kredibilitas bisnis pun akan meningkat.

Lalu bagaimana cara jika konsumen belum pernah membeli produk anda, bagaimana cara mereka mengetahui apakah produk tersebut bisa menjadi solusi? Caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan social proof, atau bisa diartikan sebagai bukti dari orang lain.

Bukti tersebut bisa berupa testimoni, review, rating, atau juga komentar di media sosial serta endorsment.

3. Cara Memulai Bisnis Sukses: Membuat Bisnis Lebih Mudah Ditemukan

Bisnis anda memang memuaskan maka akan ada banyak orang untuk merekomendasikan nya. Tetapi bagaimana jika banyak orang mengetikkan nama bisnis anda di Google, namun ternyata mereka tidak mendapati website atau informasi lainnya yang terupdate.

Tentu saja mereka pun akan menjadi ragu ketika ingin membelinya. Sebab itulah penting bagi anda untuk membangun informasi online yang kuat. Semakin mudah bisnis ditemukan oleh mereka yang tertarik, maka semakin besar pula potensi kredibilitas bisnis akan meningkat.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat website untuk bisnis anda, membuat akun media sosial serta mendaftarkan bisnis di Google bisnisku.

4. Cara Memulai Bisnis Sukses: Menggunakan Platform Transaksi yang Aman

Serangan hacking bisa terjadi kapan pun dan menjadi kekhawatiran bagi konsumen. Karena itu penting untuk memilih platform yang aman untuk kegiatan transaksi.

Banyak orang ketika ingin melakukan transaksi perlu memasukkan berbagai informasi sensitif terkait data pribadi, nomor rekening, nomor telepon dan lain-lain.

Kredibilitas bisnis juga dapat diukur dari hal ini, semakin aman konsumen melakukan transaksi semakin besar pula kepercayaan mereka terhadap bisnis anda.

5.

Cara Memulai Bisnis Sukses: Hilangkan Ketakutan Konsumen

Rugi menjadi pertimbangan setiap orang ketika ingin membeli produk. Karena itu jika konsumen membeli produk anda lalu mereka merasa rugi, maka kredibilitas bisnis pun akan menurun. Begitu juga sebaliknya.

Salah satu cara untuk menghilangkan ketakutan konsumen adalah dengan memberikan garansi. Sehingga ketika konsumen merasa kecewa dengan produk yang mereka beli, mereka dapat memperoleh penggantian produk atau mendapatkan uang mereka kembali.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait cara memulai bisnis sukses dengan membangun kredibilitas. Pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Kapankah Waktu yang Tepat Untuk Memulai Usaha?