, ,

Cara Memulai Usaha Rumahan dengan Omzet Jutaan

by -13 views
Usaha rumahan
Foto: Pexels

Diam di rumah bukan berarti kamu tidak bisa memiliki penghasilan. Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan meski kamu bukanlah seorang pekerja kantoran . Salah satu cara bisa kamu lakukan adalah membuka usaha rumahan. Seperti usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga yang bisa kamu coba terapkan di rumah sekarang juga.

Coba lihat lingkungan di sekitarmu, ada berapa banyak rumah yang memanfaatkan halaman maupun ruang depannya untuk membuka sebuah usaha? Mulai yang berjualan makanan, minuman hingga bahkan pulsa sekali pun. Selain karena menjanjikan, usaha rumahan tersebut juga dapat dimulai dengan modal sedikit namun tetap memberikan omzet yang menggiurkan.

Nah, sebelum kamu memulai usaha kecil-kecilan ini, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal. Agar apa yang kamu cita-citakan bisa tercapai. Layaknya seorang yang akan berperang dia akan mempersiapkan dirinya dan juga mempersiapkan senjata, demikian pula dengan kamu yang hendak memulai sebuah usaha.

Berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai usaha rumahanmu sendiri:

Persiapkan Hal Ini Sebelum Memulai Usaha Rumahan

Usaha rumahan
Foto: Pexels

1. Perhitungkan modal usaha

Menghitung modal usaha merupakan langkah awal sebelum seseorang mulai berbisnis. Pastikan kamu melakukan hitung-hitungan secara mendetail agar modal yang harus dipersiapkan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Misalnya jika kamu ingin berjualan makanan, maka modal yang harus dipersiapkan berupa alat masak, minyak, bahan makanan hingga kemasan yang sesuai. Selain itu, kamu mungkin juga memerlukan biaya untuk melakukan promosi seperti pembuatan brosur atau dengan memaksimalkan promosi premium lewat sosial media seperti Facebook maupun Instagram.

2. Memilih usaha sesuai dengan passion

Hal yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Biasanya orang akan lebih suka melakukan hal-hal yang sesuai dengan passion mereka. Begitu pun dalam dunia bisnis.

Kamu bisa memaksimalkan passion yang kamu miliki untuk meraup keuntungan yang lebih banyak. Misalnya jika kamu suka dengan dunia dapur, maka kamu bisa membuka bisnis kuliner dengan menjajakan penganan yang bisa kamu ahli dalam membuatnya. Selain itu, jangan lupakan untuk terus berinovasi agar masakanmu tidak membosankan dan berbeda dari produk makanan yang lain.

3. Tentukan waktu yang tepat untuk memulainya

Sebelum membukanya, kamu juga harus memikirkan waktu yang tepat. Misalnya dengan kondisi masyarakat yang ketakutan dengan virus Corona saat ini, jika kamu berjualan makanan maka pastikan untuk menyediakan layanan pesan antar. Hal ini akan memudahkan para pelanggan untuk membeli produk makananmu.

Meski sudah ada layanan pesan antar dari ojek online, namun tak ada salahnya jika kamu menyediakannya sendiri. Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan biaya pengantaran sesuai dari jarak tempuh dari lokasi usaha rumahanmu ke tempat tujuan pembeli.

Selain itu, memperhatikan waktu yang tepat juga akan membantumu dalam mengetahui trend pasar yang sedang berlaku. Sehingga, kamu bisa mengadaptasikan ide bisnismu dengan apa yang sedang banyak dicari oleh orang-orang

4. Tentukan cara pemasaran yang tepat

Pada poin ini kamu sudah mulai berpikir cara pemasaran barang dagangan kamu tentunya. Di era teknologi canggih seperti ini, semakin banyak cara kamu untuk melakukan promosi usaha milik kamu. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk tempat promosi usaha kamu adalah dengan sosial media atau juga kamu bisa mulai bergabung di market place di sana bisa melakukan promosi usaha milik kamu.

5. Hilangkan rasa takut pada kegagalan

Bagaimana bisa berhasil, jika mencoba saja tidak berani karena merasa takut akan gagal padahal kamu belum mencobanya? Maka kamu tidak boleh merasa takut akan gagal, walau pun kamu juga tahu dalam sebuah usaha memang tidak bisa dipastikan akan berhasil. Hanya yang terpenting adalah usaha dulu dan jangan biarkan rasa takut menjadi penghalang usahamu.

Setelah melakukan persiapan di atas mari kamu membahas apa saja yang bisa menjadi ide untuk mencoba melakukan usaha kecil-kecilan.

Ide Usaha Rumahan yang Bisa Kamu Coba

Bisnis rumahan
Foto: Pexels

1. Usaha makanan atau cemilan

Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok semua orang. Maka untuk berbisnis di bidang yang satu ini kamu tak perlu khawatir tidak akan laku. Selama makanan yang kamu sajikan memiliki cita rasa lezat serta dikemas dalam kemasan yang menarik. Sudah pasti akan banyak orang yang menginginkannya. Selain itu kamu juga harus menggalakkan promosi di media sosial agar lebih banyak orang yang mengenal tentang produk bisnismu.

2. Usaha rumahan warung kopi

Selanjutnya ada usaha rumahan warung kopi yang bisa kamu jadikan opsi. Mengingat belakangan penikmat kopi di Indonesia meningkat cukup banyak. Kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk meraup pundi-pundi penghasilan.

Namun, karena kompetitornya sudah cukup banyak. Kamu diharuskan mau berinovasi agar dapat memberi daya tarik tersendiri dalam bisnismu serta tidak membuat orang merasa bosan dengan minuman kopi yang itu-itu saja.

3. Usaha laundry pakaian

Usaha jasa cuci baju juga merupakan salah satu usaha jasa yang tidak ada matinya. Sebab di zaman sekarang ini kadang banyak masyarakat yang terlalu sibuk sehingga mereka tidak sempat untuk mencuci baju sendiri. Hal ini yang harus bisa dimanfaatkan sebagai usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga untuk mendapatkan uang belanja tambahan.

4. Usaha kerajinan tangan

Jika kamu memang memiliki hobi untuk membuat kerajinan tangan, kenapa kamu tidak mencoba membuatnya dan kemudian menjualnya. Semakin unik kerajinan tangan yang kamu buat biasanya harganya juga biasanya semakin mahal. Maka ini bisa menjadi salah satu ide usaha rumahan yang bisa kamu terapkan.

Peluang bisnis rumahan di atas merupakan beberapa yang mudah untuk dilakukan sekaligus tidak memerlukan modal yang begitu besar. Meski demikian, keuntungan yang bisa kamu dapatkan pun bisa mencapai jutaan. Hal ini tergantung dari bagaimana caramu mengenalkan bisnismu sekaligus seberapa kreatif usahamu untuk membuat brand yang unik.

Akhir kata selamat mencoba peluang bisnis di atas. Semoga artikel ini bermanfaat!