,

Stop!! Jangan Lakukan 5+ Kesalahan Ini Saat Menabung

by -5 views
Mengatur Keuangan Bisnis
Mengatur Keuangan Bisnis

Setiap orang tentunya mempunyai tujuan menabung yang sangat beragam, mulai untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menabung yang benar.

Kita setuju jika menabung adalah salah satu cara efektif untuk mencapai tujuan tertentu. Nah karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas tips sukses menabung agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Tips Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan

Cara Menabung, HIndari 7 Kesalahan Ini Agar Menabung Lebih Efektif
Cara Menabung, HIndari 7 Kesalahan Ini Agar Menabung Lebih Efektif
Cara Menabung, HIndari 7 Kesalahan Ini Agar Menabung Lebih Efektif
Cara Menabung, HIndari 7 Kesalahan Ini Agar Menabung Lebih Efektif

Jika anda ingin menabung dengan mudah dan efektif, ada baiknya untuk tidak melakukan 7 hal berikut ini;

1. Tidak pernah memulai

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan orang ketika ingin menabung adalah tidak pernah memulai. Banyak orang merencanakan sesuatu, akan tetapi ketika mereka berpikir jika kebutuhan tersebut masih lama maka mereka memilih untuk menunda untuk menabung.

Mereka merasa jika waktu yang dimiliki masih cukup lama sehingga tidak pernah mencoba memulai. Padahal sebenarnya jika mau memulai lebih awal, tentu hasil tabungan nantinya akan lebih banyak.

2. Tidak mempunyai target menabung

Menabung juga perlu rencana yang jelas dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Akan tetapi banyak orang yang tidak menyiapkan rencana tersebut bahkan tidak memiliki target anggaran.

Walaupun sudah memiliki target anggaran, seringkali nominal yang ditabung tidak konsisten karena diambil untuk kebutuhan yang lain. Padahal dengan adanya target anggaran menabung hal itu dapat menjadi rambu-rambu ketika melakukan pengeluaran.

Buatlah target anggaran yang jelas dan tidak memberatkan kebutuhan anda sehari-hari. Dengan begitu anda dapat memperkirakan kapan akan bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Tidak memisahkan uang tabungan dan kebutuhan sehari-hari

Banyak orang yang gagal menabung karena mereka tidak memisahkan uang tabungan dengan kebutuhan sehari-hari. Karena jika hal itu dilakukan, bisa saja uang tabungan yang anda rencanakan akan terpakai untuk kebutuhan lain.

Walaupun anda mencatat segala pengeluaran sehari-hari, tetapi jika ingin efektif pisahkanlah uang tabungan tadi. Selain untuk menghindari tercampurnya uang, dengan memisahkan tabungan akan menjadikan anda mengetahui progress pengumpulan uang.

4. Merasa jika menabung adalah beban

Ketika kita menganggap menabung adalah sebuah beban, tentunya hal itu akan menjadikan anda merasa berat dan bermalas-malasan ketika menabung. Karena itu anda perlu memperbaiki persepsi tentang menabung itu sendiri.

Percayalah bahwa menabung tidak akan merugikan jika kita tahu caranya. Jangan juga berpikir jika menabung hanya akan menyusahkan karena itu bukan hal yang dibutuhkan pada saat ini.

Justru sebenarnya menabung akan sangat berguna untuk kehidupan anda di masa depan nantinya. Anggaplah jika menabung adalah kebaikan dan kebutuhan untuk diri sendiri.

5. Tidak konsisten dalam menabung

Salah satu kesalahan besar lain dalam menabung adalah tidak konsisten. Inilah faktor yang banyak menjadikan orang gagal menabung karena ketika ditengah-tengah sudah menyerah.

Kebiasan konsisten dalam menabung ini memang harus dilatih dan perlu tekad yang kuat untuk melakukannya. Hal itu harus dilakukan agar kita juga selalu disiplin sehingga menabung menjadi hal yang tidak akan dilewatkan setiap harinya.

Percayalah, jika anda bermalas-malasan dan tidak konsisten maka kebutuhan atau tujuan menabung sulit untuk tercapai.

6. Hanya menabung dan tidak berinvestasi

Investasi menabung yang sangat direkomendasikan adalah menyimpan emas. Emas sangat disarankan jika anda menabung untuk jangka waktu yang relatif lama, hal itu karena emas tidak mengalami inflasi layaknya uang.

Jika anda menyimpan uang dengan jumlah banyak dan dengan waktu yang lama, tentu hal itu akan mengalami penyusutan nilai. Misalnya anda menyimpan uang 20 juta, walaupun sepuluh tahun kemudian uang anda tetap 20 juta, akan tetapi nilainya telah menyusut sesuai dengan inflasi yang berlaku.

Kurs rupiah selalu mengalami perubahan setiap tahunnya, dan dikhawatirkan kursnya terus melemah dan bisa berakibat kerugian terhadap nilai uang yang anda simpan. Kerana itu ada baiknya untuk melakukan investasi menabung dengan menyimpan emas.

Akan tetapi emas yang disimpan haruslah emas murni, karena nilainya akan selalu naik. Hindari menyimpan emas perhiasan karena hal itu bisa mengalami fluktuasi.

Penutup

Kita telah membahas beberapa kesalahan cara menabung, sekarang saatnya anda mengambil langkah tepat yaitu dengan memulainya. Jangan pernah menunda-nunda untuk menabung dan hanya menghabiskan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Investasi Paling Menguntungkan, Emas atau Dolar AS?