,

Bagaimana Cara Menentukan Harga Produk Agar Diterima Calon Pembeli?

by -4 views
cara menentukan harga produk
Strategi pemasaran ketika wabah corona

Salah satu kendala di dalam menjual produk adala terkait pertimbangan harga yang diberlakukan. Pertimbangan harga ini tentunya sangat berpengaruh kepada prospek penjualan nantinya. Karena itulah anda perlu mengetahui cara menentukan harga produk agar bisa diterima oleh masyarakat.

Harga produk yang terlalu tinggi tentu akan menjadi beban bagi calon konsumen, sebaliknya jika harga yang anda tawarkan terlalu murah maka khawatir anda tidak akan mendapatkan keuntungan. Nah jika anda penasaran bagaimana cara menentukan harga produk, berikut informasinya untuk anda:

2 Cara Menghitung Harga Jual Produk

cara menentukan harga produk
Cara menentukan harga produk

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan harga sebuah produk, akan tetapi pada kesempatan ini kita akan mengulas dua trik yang sering digunakan orang. Berikut penjelasannya:

1. Cara Menentukan Harga Produk dengan Biaya Plus

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah menggunakan metode ‘Plus’ dengan pengertian menghitung seluruh biaya produksi per produk ditambah nilai tertentu sebagai laba. Rumusnya adalah; biaya keseluruhan + margin = penjualan.

Misalnya seperti ini, anda adalah penjual jus buah. Dalam sebuah acara tertentu anda mendapatkan pesanan sebanyak 1000 gelas jus. Nah untuk mendapatkan berapa kisaran harga per gelasnya maka anda perlu menghitung semua biaya produksi.

  • Biaya bahan : Rp 3.000.000
  • Biaya pembuatan : Rp 1.000.000
  • Biaya tambahan : Rp 500.000

Dengan rincian harga diatas, maka didapatkan harga keseluruhan produksi sebesar Rp 4.500.000. Setelah itu tentukan berapa besaran margin yang ingin anda dapatkan sebagai bentuk laba, misalnya 20%. Maka cara menghitungnya adalah; harga keseluruhan + laba = Rp 4.500.000 + (20% x Rp 4.500.000) = Rp 4.900.000.

Dari harga ‘plus’ yang telah dihitung di atas yaitu Rp 4.900.000 akan dibagi 1000 gelas maka hasilnya adalah Rp 4.900 per gelasnya.

2. Cara Menentukan Harga dengan Melihat Kompetitor

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan melihat berapa besaran harga yang dipatok oleh kompetitor. Ini sangat berguna jika bisnis yang anda jalankan mempunyai banyak pesaing. Karena jika harga yang anda tawarkan terlalu mahal dari pesaing maka tentu orang akan lebih memilih kompetitor anda.

Metode ini sebenarnya lebih mudah daripada yang telah kita bahas di atas. Caranya adalah terlebih dahulu anda mengetahui berapa harga asli sebuah produk yang kompetitor anda jual. Misalnya kompetitor anda menjual baju kemeja polos, anda mengetahui jika harga asli baju kemeja tersebut adalah Rp 50.000. Sedangkan kompetitor anda menjualnya dengan harga Rp 80.000 per baju.

Dari angka di atas maka diketahui jika kompetitor anda mengambil margin keuntungan sebesar Rp 30.000. Nah dengan begitu berarti selisih harga keuntungan tersebut bisa menjadi acuan untuk anda menetapkan harga sebuah produk yang sama. Anda dapat menjual lebih murah untuk mendapatkan pembeli.

Misalnya untuk produk yang sama anda dapat mengambil keuntungan Rp 20.000 saja sehingga harga jual baju kemeja polos tersebut hanya Rp 70.000. Dengan harga yang lebih murah dari kompetitor tentu akan ada banyak orang lebih memilih produk yang anda tawarkan.

Pertimbangan Lain untuk Menentukan Harga Jual Produk

cara menentukan harga produk
Cara menentukan harga produk

Pembahasan berikut ini sebenarnya lebih tepat terkait tips atau pun pertimabangan tamabahan agar anda dapat menentukan harga secara ideal. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Biaya Produksi, tentunya ini adalah hal pertama yang harus anda pertimbankan sebelaum menentukan harga sebuah produk. Jika tidak seimbang maka akan berdampak kepada keuntungan yang anda peroleh.
  • Target Konsumen, mengetahui siapa konsumen produk juga akan membantu anda dalam menentukan besaran harga yang bisa tawarkan. Tentunya produk untuk anak sekolahan atau mahasiswa akan berbeda dengan harga produk yang ditujukan untuk pebisnis. Tentukanlah harga produk sesuai dengan target calon pembeli.
  • Trend yang Sedang Hits, cara lain menentukan harga produk adalah dengan mengikuti permintaan konsumen atau trend yang sedang hits. Biasanya produk yang sedang naik daun akan memiliki harga yang cenderung lebih mahal karena banyak permintaan dari konsumen.
  • Monitor Harga, harga sebuah produk tentunya bisa berubah-ubah setiap waktunya. Pelajari bagaimana inflasi bisa terjadi atau keadaan nilai tukar uang, karena hal itu juga bisa dijadikan acuan untuk menentukan harga produk setiap waktunya.

Penutup

Nah demikianlah informasi tentang bagaimana cara menentukan harga produk agar sesuai dengan permintaan pasar. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Ingin Tingkatkan Penjualan? Gunakan Kata-Kata Ini untuk Strategi Promosi!