,

Cara Mengembangkan Ide Saat Memulai Usaha Dengan Teknik SCAMPER

by -2 views
Cara Mengembangkan Ide Saat Memulai Usaha Dengan Teknik SCAMPER

Ketika ingin memulai usaha memang dibutuhkan konsep serta ide. Ide yang ada tentu perlu dikembangkan supaya dapat menghasilkan produk atau jasa yang terbaik.

Ada baiknya untuk mencari serta menggali ide ketimbang hanya menunggu ide tersebut datang. Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk mengembangkan konsep dan ide ialah teknik SCAMPER.

Eelemen SCAMPER meliputi substitute, combine, adapt, modify, put another user, eliminate dan juga reverse. Untuk lebih jelasnya terkait elemen-elemen tersebut anda dapat membaca pembahasan di bawah ini hingga selesai.

Teknik SCAMPER Untuk Mengembangkan Ide Saat Memulai Usaha

Cara Mengembangkan Ide Saat Memulai Usaha Dengan Teknik SCAMPER
Cara Mengembangkan Ide Saat Memulai Usaha Dengan Teknik SCAMPER

1. Memulai Bisnis dengan Teknik SCAMPER: Substitute

Substitute dapat diartikan sebagai penggantian. Elemen pertama ini merupakan upaya untuk mengganti bagian tertentu dari sebuah produk yang sudah ada. Penggantian tersebut bisa terkait fungsi ataupun bentuknya.

Sebagai contoh ialah produk minuman orange juice yang berada dalam kemasan botol. Anda dapat melakukan subtitute dengan cara membuat produk minuman jeruk dalam kemasan sachet dengan bentuk bubuk.

2. Memulai Bisnis dengan Teknik SCAMPER: Combine

Terkait hal ini anda dapat menanyakan; “bahan atau fungsi apa saja yang dapat disatukan dalam sebuah produk baru?”

Dengan pertanyaan tersebut anda dapat menerapkan elemen combine untuk menghasilkan ide serta konsep.
Contoh untuk produk sama yaitu orang juice yang anda buat dalam bentuk bubuk. Ternyata banyak orang juga menyukai orange juice dalam bentuk primer. Maka anda dapat menggabungkan kedua pilihan ide tersebut untuk menghasilkan produk terbaru.

3. Memulai Usaha dengan Teknik SCAMPER: Adaptasi

Elemen penting untuk mengembangkan ide bisnis ialah menyesuaikan produk dengan kebiasaan pelanggan. Cara menerapkan elemen ini ialah dengan mengamati bagaimana perilaku konsumen ketika membeli dan menggunakan sebuah produk.

Kita ambil contoh, beberapa waktu lalu disebutkan bahwa setidaknya 66% orang suka berbelanja online. Dari hal tersebut anda dapat mengetahui kebiasaan konsumen, karenanya memasarkan produk melalui platform website atau media sosial menjadi pilihan terbaik saat ini.

4. Memulai Usaha dengan Teknik SCAMPER: Modify

Menerapkan elemen modify mengharuskan anda tahu elemen apa yang dapat dijadikan sebagai penguat untuk menghasilkan produk baru. Anda tidak harus membuat produk yang benar-benar baru, tetapi cukup dengan memodifikasi produk yang telah tersedia.

5. Memulai Usaha dengan Teknik SCAMPER: Put Another Use

Penjelasan elemen ini dapat dipahami dari pertanyaan berikut; “hal apa lagi yang dapat ditambahkan ke produk untuk meningkatkan fungsinya?”

Put another use adalah upaya untuk memaksimalkan penambahan fungsi terhadap suatu produk.

Misalnya anda memiliki produk tas gunung. Alih-alih hanya sekedar memasarkan produk tas hanya untuk perlengkapan mendaki gunung, anda pun dapat membuat serta mempromosikan tas tersebut dengan fungsi tambahan. Tas yang sekaligus bisa dijadikan sebagai charger HP karena terdapat powerbank didalamnya atau dapat menjadi pelampung dan lain sebagainya.

6. Memulai Usaha dengan Teknik SCAMPER: Eliminate

Eliminate merupakan bagian yang perlu dihapus dari sebuah produk. Alasannya mungkin karena banyak pelanggan yang mengeluh terkait elemen tertentu.

Karena pebisnis tidak dapat memaksa konsumen untuk menggunakan fitur produk yang mereka tidak inginkan. Karena itu, menghilangkan elemen tertentu ternyata merupakan bagian dari pengembangan ide produk baru.

7. Memulai Usaha dengan Teknik SCAMPER: Reverse

“Bagaimana apabila peran serta proses terkait produksi diatur ulang?” pertanyaan tersebut dapat menjelaskan secara singkat apa itu reverse.

Metode ini dapat membantu anda untuk mencari nilai lebih saat proses produksi diatur ulang.
Kita ambil contoh, anda saat ini memiliki sebuah perusahaan konveksi untuk membuat pakaian dengan jumlah banyak. Nah saat anda mengubah proses produksi menjadi sistem made by order, ternyata tidak hanya dapat menghindarkan dari kerugian karena produk menumpuk di gudang, tetapi juga pelanggan dapat memperoleh akses untuk merancang desain sendiri.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait teknik SCAMPER untuk mengembangkan ide saat memulai usaha. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Cara Sukses Memulai Bisnis Dengan Membuat Produk Baru Jempolan