,

Cara Mengembangkan Usaha, Berikan Merchandise agar Bisnis Laris

by -1 views
Cara Mengembangkan Usaha, Berikan Merchandise agar Bisnis Laris
Cara Mengembangkan Usaha, Berikan Merchandise agar Bisnis Laris

Cara mengembangkan usaha dapat dilakukan dengan berbagai strategi. Strategi tersebut baik terkait promosi, layanan pelanggan, dan lain sebagainya.

Salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan traffic penjualan produk adalah dengan memberikan merchandise. Nah anda sendiri pun apakah pernah mendapatkan merchandise ketika membeli suatu produk?

Merchandise pada umumnya diberikan secara cuma-cuma sebagai strategi promosi agar produk lebih dikenal. Anda juga dapat memberikan merchandise dengan menyematkan logo atau brand perusahaan.

Alasan Pentingnya Memberikan Merchandise?

Cara Mengembangkan Usaha, Berikan Merchandise agar Bisnis Laris
Cara Mengembangkan Usaha, Berikan Merchandise agar Bisnis Laris

Lalu apa pentingnya memberikan merchandise kepada konsumen? Berikut ini beberapa poin penting alasan mengapa anda harus mempersiapkan merchandise untuk meningkatkan traffic penjualan;

1. Daya tarik konsumen

Tidak bisa disalahkan jika semua orang tentunya akan senang ketika mendapatkan sesuatu secara gratis. Ya merchandise memang diberikan secara percuma kepada konsumen sebagai daya tarik agar mereka mau membeli produk Anda kembali.

Misalnya saja seorang ibu rumah tangga mendapatkan merchandise cantik berupa gelas. Hal itu bisa sangat bermanfaat bagi konsumen karena bisa jadi ia sangat membutuhkan gelas, sehingga menjadi nilai lebih terhadap produk yang anda jual.

Dengan adanya merchandise akan meningkatkan kecenderungan konsumen dalam membeli suatu produk tertentu.

2. Apresiasi kepada konsumen

Ketika bisnis anda telah berkembang pesat serta dikenal oleh masyarakat, inilah waktunya untuk anda memberikan apresiasi kepada mereka. Tanpa adanya konsumen tentu bisnis Anda tidak akan berjalan lancar.

Salah satu bentuk atau wujud apresiasi kepada konsumen adalah dengan memberikan merchandise. Anda dapat mengadakan suatu program dengan menyertakan merchandise di dalamnya.

Merchandise dapat diartikan sebagai cara untuk menghargai konsumen karena telah membeli dan menggunakan produk. Sehingga mereka pun akan lebih setia dan menjalin interest dengan bisnis yang anda kelola.

3. Menjadikan produk dapat bersaing

Di Tengah persaingan usaha yang semakin ramai, menjadikan semua orang harus pintar-pintar dalam melakukan promosi serta pemasaran. Terlebih dengan adanya brand luar negeri yang masuk ke Indonesia sehingga brand lokal sangat susah untuk bersaing.

Karenanya Anda harus memberikan nilai lebih terhadap produk yang dijual, dan salah satunya adalah dengan memberikan merchandise. Nilai lebih tersebutlah yang dilihat konsumen sebagai daya tarik tersendiri serta keunggulan sehingga mereka menjadi terdorong untuk membeli produk.

4. Media promosi jangka panjang

Pada umumnya merchandise dapat digunakan oleh konsumen dalam jangka waktu yang panjang. Tentu hal ini menjadi media promosi jangka panjang karena merchandise yang digunakan konsumen akan mengingatkan mereka terhadap brand atau produk milik anda.

Jika kita bandingkan dengan promosi dalam bentuk brosur ataupun lainnya, merchandise tentu lebih unggul dan efektif. Hal itu karena merchandise memiliki kemanfaatan serta daya guna yang lebih lama.

Merchandise yang Populer dan Banyak Disukai

Cara Mengembangkan Usaha, Berikan Merchandise agar Bisnis Laris
Cara Mengembangkan Usaha, Berikan Merchandise agar Bisnis Laris

Untuk memberikan merchandise tentunya perlu perencanaan dan strategi yang tepat. Sesuaikanlah produk yang Anda jual dengan merchandise yang akan diberika. Brikut adalah beberapa rekomendasi merchandise yang bisa Anda contoh;

1. Kaos

Kaos menjadi pilihan yang tepat sebagai merchandise bisnis. Anda dapat memberikan logo serta teks lain di dalam sablon kaos tersebut.

2. Topi

Pemilihan topi untuk merchandise juga menjadi media promosi yang tepat. Anda dapat memilih topi yang berbentuk baseball cap yang umum digunakan oleh banyak kalangan.

3. Tote bag

Tote bag atau yang biasa disebut dengan tas jinjing bisa menjadi pilihan yang tepat karena banyak dicari oleh konsumen. Anda dapat mendesain tote bag dengan desain yang menarik untuk meningkatkan brand promosi serta disukai oleh banyak orang.

4. Mug atau tumbler

Mug atau tumblr biasa dijadikan souvenir di berbagai acara tertentu. Nah anda pun bisa menjadikan mug dan tumblr ini sebagai merchandise favorit karena dapat tahan lama serta bisa dipasang logo brand.

5. Alat tulis

Tidak ketinggalan merchandise yang sangat difavoritkan adalah alat tulis. Anda dapat memberikan alat tulis kepada konsumen dengan memberikan berbagai pilihan, misalnya pulpen, penghapus, penggaris, buku dan lain sebagainya.

6. Gantungan kunci

Gantungan kunci juga bisa menjadi rekomendasi dan pilihan merchandise untuk meningkatkan promosi brand. Gantungan kunci ini dapat bertahan lama serta biaya produksinya yang relatif terjangkau.

7. Koper atau travel bag

Anda yang berbisnis sebagai biro perjalanan, dapat memberikan merchandise eksklusif berupa travel bag ataupun koper. Ini akan sangat menarik perhatian klien untuk kemudian nantinya dapat menggunakan jasa biro perjalanan Anda lagi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang cara mengembangkan bisnis dengan memberikan merchandise yang menarik. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Lakukan 5 Hal Ini Sebagai Cara Mengembangkan Usaha saat Corona