,

Cara Mengururs Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

by -13 views
Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

Ketika membuka usaha ada banyak dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mendukung kemajuan bisnis tersebut. Salah satu dokumen yang perlu dibuat adalah surat keterangan domisili usaha atau disingkat dengan SKDU. Nah Pada kesempatan ini kita akan membahas terkait pengertian SKDU, berkas-berkas yang diperlukan, serta tahapan-tahapan dalam pembuatannya.

Jika Anda mempunyai usaha sendiri ada baiknya membuat surat keterangan domisili usaha ini sesegera mungkin. Nah untuk Anda yang penasaran bagaimana cara pembuatannya serta apa saja berkas-berkas yang diperlukan, silahkan simak pembahasan ini hingga selesai.

Pengertian Surat Keterangan Domisili Usaha

Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
Surat Keterangan (SKDU)

SKDU adalah singkatan dari surat keterangan domisili usaha yang merupakan surat pernyataan domisili usaha seseorang ataupun badan usaha tertentu. Surat keterangan domisili ini sangat diperlukan ketika ingin mengurus berbagai dokumen secara legal. Misalnya Anda ingin mendaftar SIUP, NPWP, tanda daftar perusahaan, ataupun lain sebagainya.

Salah satu jenis bisnis yang sangat membutuhkan ini adalah usaha kecil menengah. Usaha kecil menengah atau yang lebih dikenal dengan UKM adalah jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih tidak lebih dari 200 juta rupiah.

Dengan adanya SKDU maka para pebisnis UKM dapat mengurus hal-hal yang dirasa penting. SKDU dapat digunakan untuk kepentingan mendapatkan label halal dari MUI dan juga pembuatan nomor Produksi Pangan Industri Rumah atau disingkat dengan PIRT.

Adapun berkas-berkas yang diperlukan dalam pembuatan surat keterangan domisili usaha ini dapat Anda simak dalam pembahasan selanjutnya.

Berkas-Berkas yang Diperlukan untuk Mengurus SKDU

Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
Surat Keterangan lokasi Usaha (SKDU)

Sebelum mengajukan permohonan pembuatan SKDU, terlebih dahulu Anda harus memperhatikan kelengkapan berkas-berkas yang diperlukan. Berkas-berkas antara lain adalah sebagai berikut:

  • Foto copy KTP pihak pemohon
  • Mengisi formulir permohonan SKDU yang disiapkan
  • Foto copy NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak dari pihak pemohon
  • Fotocopy kartu keluarga (KK)
  • Mempunyai surat pengantar dari rt dan RW
  • Menyiapkan juga surat persetujuan dari tetangga yang ada di depan, belakang, kanan, dan kiri
  • Mempunyai Surat Izin Mendirikan Bangunan untuk tempat usaha yang digunakan
  • Bukti bahwa Anda mempunyai tempat usaha atau bukti sewa tempat usaha
  • Foto lokasi usaha, dapat Anda diambil dari Google Maps
  • Jika Anda mengajukan permohonan SKDU untuk badan usaha maka terdapat persyaratan lainnya seperti akta pendirian perusahaan, NPWP milik direktur, fotokopi KTP dan KK.

Nah itulah beberapa berkas yang perlu Anda siapkan ketika ingin mengajukan permohonan surat keterangan domisili usaha. Ada baiknya sebelum mengajukan permohonan Anda harus memperhatikan dan memastikan bahwa berkas-berkas sudah lengkap sehingga tidak menyulitkan Anda ketika pengurusan SKDU nantinya.

Tahapan Pembuatan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

cara membuat proposal usaha
Surat Keterangan (SKDU)

Setelah kita mengetahui berkas-berkas perlukan, selanjutnya adalah bagaimana tahapan dalam pembuatan surat keterangan lokasi usaha. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti pembahasan di bawah ini:

  • Anda perlu datang ke kantor Kelurahan kemudian meminta formulir permohonan SKDU
  • Setelah mengisi formulir kemudian serahkan semua dokumen persyaratan kepada petugas yang berwenang
  • Setelah petugas menerima semua dokumen persyaratan yang Anda berikan, maka mereka akan memeriksa kelengkapan dokumen tersebut
  • Petugas bisa memberitahukan kepada Anda terkait kelengkapan dan kekurangan dokumen yang diserahkan
  • Jika ada kekurangan maka Anda dapat mengetahui statusnya pada hari yang sama
  • Jika semua dokumen yang Anda bawa dinyatakan lengkap maka permohonan SKDU akan diproses oleh petugas
  • Pengurusan SKDU cukup cepat dan bisa ditunggu di hari yang sama

Proses pembuatan SKDU terbilang cukup mudah jika berkas yang Anda siapkan lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditunjukkan. Karena itu pastikan semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan sudah Anda siapkan semuanya dengan baik.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang cara pembuatan surat keterangan domisili usaha untuk berbagai kepentingan dan kemajuan bisnis Anda. Teruslah berdoa dan bekerja keras agar dimudahkan dalam menjalankan bisnis serta mendapatkan keuntungan besar.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan semoga Anda semua mendapatkan kesuksesan dari bisnis yang dikelola. Baca juga pembahasan lain terkait Cara Membuat Proposal Usaha yang Baik dan Benar.