Pahami 5 Karakter Konsumen Sebagai Cara Meningkatkan Penjualan

by -6 views
Cara Meningkatkan Penjualan
Cara Meningkatkan Penjualan

Setiap calon konsumen tentunya memiliki cara pendekatan yang berbeda karena masing-masing individu memiliki karakter tersendiri. Karena itu cara meningkatkan penjualan adalah dengan memahami 5 karakter konsumen tersebut.

Jika Anda seorang pebisnis kemudian mensamaratakan seluruh calon konsumen maka sebenarnya Anda sedang berada dalam kesalahan yang besar.

Untuk mendapatkan closing terbaik setiap saat, seorang pebisnis harus mengerti bagaimana metode pendekatan yang bergantung kepada siapa calon konsumennya. Nah karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas terkait

Lima karakter konsumen yang perlu dipahami sebagai cara meningkatkan penjualan.

5 Karakter Konsumen yang Harus Diketahui Sebagai Cara Meningkatkan Penjualan

Cara Meningkatkan Penjualan
Cara Meningkatkan Penjualan

1. Konsumen potensial

Sebagai target pasar Anda, tipe konsumen potensial adalah orang yang harus diprioritaskan. Konsumen potensial secara teknis bukan konsumen produk Anda akan tetapi konsumen semacam ini memiliki potensi closing yang tinggi.

Karenanya Anda perlu memberikan pelayanan ekstra serta memberikan informasi yang dibutuhkan. Berikanlah informasi yang lengkap mendetail serta dapat membantu menyelesaikan persoalan.

Tipe konsumen semacam ini pada umumnya telah menunjukkan ketertarikan kepada produk atau layanan yang Anda tawarkan. Biasanya mereka telah mengisi forum kontak, mengajukan pertanyaan, menanyakan harga dan lain sebagainya.

Berikanlah sedikit pancingan agar calon konsumen sesegera mungkin mengambil tindakan untuk mengambil keputusan membeli produk. Pancingan tersebut dapat Anda tawarkan program promo atau jika bisnis online, Anda dapat menawarkan gratis ongkos kirim.

2. Konsumen baru

Nah konsumen selanjutnya adalah orang-orang yang baru saja membeli produk atau menggunakan layanan Anda.
Konsumen baru juga harus juga Anda berikan perhatian yang lebih. Hal itu karena konsumen baru pada umumnya akan memasuki fase beradaptasi ketika mereka melakukan pembelian pertamanya.

Berikanlah pengalaman kepada konsumen baru yang membuat mereka puas dan berkata “wow”. Dengan merasa nyaman dan puas, kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

Cobalah untuk memberikan arahan kepada konsumen baru tersebut terkait produk, baik itu cara penggunaan atau kemanfaatannya. Ataupun jika Anda menawarkan layanan jasa pastikan Anda telah menyelesaikan seluruh tugas dan pekerjaan.

Ketika Anda menjelaskan produk atau layanan yang telah konsumen gunakan, Anda dapat memberikan kontak yang dapat dihubungi. Nomor kontak ini berguna agar konsumen baru mudah menghubungi Anda kembali. Ini merpakan cara meningkatkan penjualan yang efektif

3. Konsumen impulsive

Konsumen impulsive adalah mereka yang dapat mengambil keputusan dengan cepat tergantung dengan kondisi.
Untuk menghadapi konsumen impulsif ini Anda tidak harus melakukan hal persuasif yang terlalu berlebihan.

Tindakan yang perlu dilakukan hanyalah memberikan kemudahan kepada konsumen impulsif untuk mendapatkan produk atau layanan Anda.

Jika langkah-langkah yang diberikan untuk membeli produk atau layanan semakin mudah, maka konsumen impulsif akan dengan cepat memutuskan tindakan untuk membeli.

4. Konsumen pencari diskon (Cara Meningkatkan Penjualan)

Konsumen tipe selanjutnya adalah mereka yang ingin membeli produk dengan menilai nya dari harga yang ditawarkan. Akan tetapi mereka belum mau mengambil keputusan dengan harga yang tertera.

Untuk menghadapi konsumen seperti ini, Anda tidak perlu melakukan hal persuasif kepada mereka. Cobalah dengan cara sederhana yaitu memberikan diskon kepada mereka.

Akan tetapi jika penawaran diskon belum cukup membuat mereka mengambil keputusan membeli produk atau layanan, Anda dapat mengambil langkah selanjutnya. Langkah tersebut yaitu dengan memberikan nilai tambah pada produk agar calon konsumen berpikir kembali untuk tidak meninggalkan produk Anda.

5. Konsumen loyal (Cara Meningkatkan Penjualan)

Setiap pebisnis tentunya berharap jika semua konsumen yang dimiliki bersifat loyal kepada produk atau layanan. Konsumen loyal bisa diartikan sebagai konsumen Setia yang bertahan untuk senantiasa menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Bahkan bisa jadi konsumen loyal seperti ini adalah brand ambassador bagi Anda dengan senantiasa menyebarkan informasi terkait produk yang mereka gunakan. Tentunya konsumen loyal ini harus mendapatkan service terbaik agar terjalin hubungan yang lebih erat.

Kesimpulan

Karakter konsumen di atas perlu Anda pahami serta berikan pelayanan yang berbeda-beda. Hal ini merupakan cara meningkatkan penjualan agar bisnis Anda terus berkembang.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dan menjadi solusi untuk meningkatkan omset penjualan. Baca juga pembahasan lain terkait 5 Cara Membuat Video Marketing untuk Tingkatkan Penjualan