,

5 Metode Dalam Pengadaan Barang yang Bisa Anda Lakukan

by -3 views
Cara Pengadaan Barang
Cara Pengadaan Barang

Dengan berkembangnya zaman yang semakin modern hal ini memunculkan berbagai macam metode dalam pengadaan barang. Ada 5 metode atau cara pengadaan barang yang harus Anda ketahui, dan masing-masingnya memilliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang 5 metode tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan ini hingga selesai;

Pengadaan Barang Secara Langsung (Direct Procurement)

Tahapan pengelolaan gudang
Cara Pengadaan Barang

Salah satu metode pengadaan barang yang umum dilakukan dan sangat mudah adalah direct procurement. Hampir setiap perusahaan menggunakan metode ini dalam pengadaan barang. Sistem direct procurement cukup sederhana namun pada umumnya membutuhkan biaya yang besar dalam pengadaan produk.

Untuk melakukan direct procurement tahap awalnya Anda perlu melakukan perencanaan procurement kemudian melakukan transaksi secara langsung. Tidak ada batasan umum harus berapa kali Anda melakukan direct procurement dalam setahun. Akan tetapi jika perusahaan Anda bergerak dibidang manufaktur dan membutuhkan bahan baku mentah, proses ini bisa terjadi berulang-ulang kali setiap tahunnya.

Karena itu Anda perlu membuat perencanaan yang jelas ketika pengadaan produk. Jangan sampai produk bahan mentah melebihi dari yang dibutuhkan, karena hal itu akan berdampak terhadap kerugian di dalam bisnis Anda.

Tender Pengadaan Barang

Tahapan pengelolaan gudang
Cara Pengadaan Barang

Kata tender barangkali sering sekali kita dengar, karena memang beberapa perusahaan menggunakan metode ini dalam pengadaan barang. Metode tender bertujuan mencari penawaran solusi dan harga dari barang tertentu. Nah vendor-vendor terkait dengan barang yang diinginkan tersebut akan menawarkan harga dan barang yang dimilikinya.

Nanti perusahaan akan memilih vendor tertentu dan menjadi mitra bisnis untuk pengadaan produk. Biasanya kita sering mendengar pemerintah yang mengadakan tender seperti ini, namun perusahaan swasta pun bisa melakukan metode tender.

Tidak harus perusahaan yang besar untuk mengikuti tender, siapapun bisa mengikuti tender jika memang mampu melakukannya. Metode ini dapat memperluas jaringan dan mendapatkan mitra bisnis yang tepat.

Jika ingin melakukan tender, Anda bisa mengirimkan undangan kepada perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang produk yang Anda inginkan. Nantinya perusahaan tersebut diharuskan mengajukan proposal teknis kemudian jika terpilih akan melakukan presentasi.

Belum sampai di situ, perusahaan-perusahaan itu nantinya akan berebut lelang dengan mengajukan solusi serta harga. Bahkan sekarang metode ini bisa lebih praktis dengan memanfaatkan teknologi internet. Vendor yang tertarik tidak perlu bertatap muka dengan Anda, tetapi mereka bisa mengajukan penawaran melalui fasilitas online.

Vendor Tunggal

factory_industrial_hall_logistics_trade_transport_stock_shelf_factory_building-1292554
Cara Pengadaan Barang

Metode pengadaan produk dengan vendor tunggal bisa terjadi ketika hanya ada satu vendor yang bisa membuat produk yang diinginkan. Tentunya metode ini memerlukan pertimbangan yang cukup banyak karena artinya vendor tunggal akan memberi penawaran yang cukup mahal. Hal itu karena vendor tunggal berpikir bahwa tidak ada lagi yang bisa memenuhi kebutuhan pengadaan produk yang diinginkan oleh perusahaan tertentu.

Akan tetapi tentunya perusahaan terkait pun tidak memiliki banyak pilihan. Jika dirasa cocok maka perusahaan akan memilih untuk kerjasama dengan nota kesepakatan.

Request for Question

Cara Pengadaan Barang
Cara Pengadaan Barang

Metode pengadaan yang keempat adalah request for quotation, yang merupakan metode paling gampang dan simpel untuk dilakukan. Hal itu karena memang perusahaan tidak perlu melakukan perjanjian atau kesepakatan yang rumit. Perusahaan tinggal mengirimkan dokumen quotation.

Akan tetapi tidak semua vendor bisa mendapatkan kiriman dokumen question tersebut, hanya vendor-vendor tertentu yang diajak bekerjasama.oleh perusahaan

Request for Proposal

Cara Pengadaan Barang
Cara Pengadaan Barang

Ketika perusahaan membutuhkan pengadaan jasa, maka bisa melakukan hal tersebut dengan request for proposal. Dalam alurnya perusahaan bisa mengirimkan proposal kepada sejumlah vendor yang terkait dengan kebutuhan tersebut. Kemudian vendor yang tertarik akan memberikan penawaran sebagai jawaban dari proposal yang dikirim sebelumnya.

Dari berbagai vendor yang tertarik, perusahaan akan memilih penawaran yang sesuai. Setelah itu penawaran masuk dalam tahap kesepakatan kemudian berlanjut untuk bekerja sama.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang metode atau cara pengadaan barang yang bisa dilakukan. Sebagai pebisnis muda tentunya Anda harus memperhatikan hal-hal diatas untuk mendapatkan produk atau barang yang sesuai dengan keinginan.5 metode yang telah disebutkan juga bisa digunakan untuk mencari vendor yang sesuai dan tawaran harga terbaik.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini, baca juga artikel lain terkait 4 Tahapan Pengelolaan Gudang agar Bisnis Berjalan Maksimal.