,

Cara Pengadaan Produk Secara Efisien agar Bisnis Berkembang

by -3 views
Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China
Cara Melakukan Bisnis Importir Barang dari China

Ketika berbisnis tentunya anda perlu mengadakan barang yang dibutuhkan oleh pelanggan. Aktivitas pengadaan produk kadang-kadang mengalami kendala baik itu datang dari diri kita sendiri atau dari supplier. Karena itu anda perlu mengetahui cara pengadaan produk secara efisien dan optimal agar bisnis anda berjalan maksimal.

Nah berikut ini kita akan membahas cara pengadaan produk secara efisien yang bisa anda ikuti. Simak pembahasannya berikut ini:

Melakukan Pemeriksaan ketika Ingin Membeli Produk

beauty
Cara Pengadaan Produk Secara Efisien

Sebagai pebisnis tentunya anda perlu memperhatikan kualitas produk yang ingin dibeli. Hal ini perlu Anda lakukan sebelum melakukan transaksi untuk efisiensi pengadaan produk. Bayangkan Ketika anda sudah membeli produk dan terjadi deal, ketika dikirim ke gudang milik anda ternyata produk tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Dengan begitu efisiensi pengadaan produk pun akan terhambat, karena anda harus menukarkan produk itu kembali ke supplier. Itupun jika memang supplier tempat anda mengambil produk mau menerima keluhan tersebut. Tentu lebih merugikan jika supplier tidak mau menerima produk itu kembali.

Menjalin Hubungan dengan Supplier

Cara Pengadaan Produk Secara Efisien
Cara Pengadaan Produk Secara Efisien

Supplier mengambil peranan penting terhadap bisnis yang Anda kelola. Karena itu jika anda ingin bisnis Anda berjalan secara lancar, maka harus melakukan kerjasama dan membina hubungan dengan baik. Dengan adanya kerjasama yang saling menguntungkan maka proses pembelian produk menjadi lebih efisien.

Jika supplier merasa nyaman bekerja sama dengan anda, maka mereka tidak akan keberatan untuk memberikan pelayanan terbaik. Mereka bisa saja memberikan potongan harga, kualitas barang yang selalu terjaga ataupun pengiriman barang yang tepat waktu.

Selain itu dengan bekerja sama dan membina hubungan yang baik dengan supplier, tentunya mereka juga akan memberikan perhatian lebih. Kapanpun anda membutuhkan mereka siap membantu. Itulah mengapa hubungan yang baik dengan supplier sangat penting untuk Anda jaga.

Menganalisa Tren Pengadaan Produk

Cara Pengadaan Produk Secara Efisien
Cara Pengadaan Produk Secara Efisien

Setiap bisnis tentunya memiliki trend masing-masing. Karena itu anda perlu memperhatikan ataupun menganalisa trend yang sedang berlangsung terhadap bisnis yang Anda kelola. Hal ini akan membantu anda dalam pengadaan produk.

Trend akan sangat berdampak terhadap tingkat produksi dan juga prospek penjualan. Begitu pun dengan tren harga, anda harus memperhatikan tren yang sedang berlangsung. Karena dengan begitu Anda bisa mendapatkan harga terbaik saat melakukan pengadaan produk.

Memberikan Pelatihan kepada Tim

lavender-products-soap-body-cosmetics-preview
Cara Pengadaan Produk Secara Efisien

Jika bisnis anda sudah berkembang pesat dan memiliki tim khusus dalam pengadaan produk, tentu anda harus memberikan pelatihan khusus kepada mereka. Dengan pelatihan tersebut maka tim bisa bekerja secara profesional dan pengadaan produk pun berjalan secara efisien.

Berikanlah pelatihan kepada tim secara berkala, baik itu sebulan sekali, tiga bulan sekali atau lainnya. Pelatihan kepada tim akan memberikan dampak yang sangat besar sehingga bisnis anda bisa berjalan secara maksimal.

Carilah tim yang memang bisa diandalkan dan memiliki kompetensi di bidangnya. Anda juga bisa terlibat di dalam tim tersebut agar bisa mengetahui kendala apa saja yang dihadapi.

Melakukan Quality Control Secara Rutin

Susu
Pengadaan Produk Secara Efisien

Tim pengadaan produk juga harus melakukan kontrol terhadap barang yang dimiliki. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan ataupun tidak sesuai dengan harapan pelanggan.

Anda bisa memerintahkan tim untuk mengontrol produk dalam waktu tertentu. Quality control bisa dilakukan dengan jangka waktu sebulan sekali. Tugas tim pengadaan produk adalah mengecek keadaan barang apakah sesuai dengan kategorinya atau tidak.

Pengecekan juga bisa berupa jumlah produk yang dimiliki. Dengan mengetahui jumlah barang maka pengadaan produk pun akan lebih efisien dan memudahkan ketika restock. Tim juga akan memeriksa apakah jumlah barang sesuai dengan yang diperhitungkan.

Manfaatkan Teknologi

Cara Pengadaan Produk Secara Efisien
Cara Pengadaan Produk Secara Efisien

Dalam pengadaan produk Anda juga bisa memanfaatkan teknologi agar lebih efisien. Ini merupakan langkah langkah terbaik agar bisnis Anda berkembang pesat. Anda bisa menggunakan software procurement yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk ulasan ini anda bisa membaca artikel lain di internet yang membahas secara khusus.

Menutup

Demikianlah informasi tentang cara pengadaan produk secara efisien. Masih banyak hal lain yang perlu anda perhatikan agar produk yang Anda jual selalu tersedia dan sesuai dengan keinginan konsumen.

Baca juga artikel lain terkait 5+ Rekomendasi Bisnis UMKM yang Bisa Dicoba