Cara Promosi dengan Instagram Marketing Agar Omzet Bisnis Naik

by -7 views
Cara Promosi dengan Instagram

Instagram telah menjadi salah satu sosial media yang paling banyak digunakan di dunia. Karena itu banyak orang mencari tahu bagaimana cara promosi dengan Instagram untuk memaksimalkan bisnis mereka.

Agar dapat memperoleh hasil maksimal menggunakan Instagram marketing, anda tidak bisa hanya asal-asalan memposting video ataupun gambar. Diperlukan strategi serta cara promosi yang tepat untuk menjangkau para pengguna Instagram.

Apa Itu Instagram Marketing

Instagram marketing merupakan upaya kita untuk memasarkan produk atau jasa yang dapat dilakukan menggunakan platform Instagram. Seperti pemasaran pada umumnya yang menggunakan media sosial, terdapat dua jenis strategi yang bisa digunakan;

• Organik, yaitu postingan feed Instagram, Instagram story dan juga Instagram TV.
• Berbayar, yaitu iklan menggunakan Instagram Ads dan bekerja sama dengan influencer terkenal.

Kita tentu sudah mengetahui jika Instagram merupakan platform yang mengandalkan konten visual. Karenanya, untuk bisa sukses memaksimalkan strategi marketing dengan platform ini dibutuhkan pendekatan yang sedikit berbeda dari media sosial seperti Twitter atau Facebook.

Lalu bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini:

5 Cara Promosi Menggunakan Instagram Untuk Meroketkan Bisnis

1. Cara Promosi dengan Instagram Menggunakan Akun Bisnis

Ada dua kategori akun di dalam platform Instagram, biasa dan akun bisnis. Untuk memaksimalkan strategi marketing, anda perlu menggunakan Instagram bisnis.

Beralih ke akun bisnis wajib untuk dilakukan sebelum melangkah ke strategi berikutnya. Hal ini bertujuan agar bisnis anda lebih profesional dan memudahkan calon konsumen untuk menghubungi anda.

2. Cara Promosi dengan Instagram Mengoptimasi Profil Bisnis

Jika anda telah mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis, sekarang saatnya untuk mengoptimasi profil. Profil yang terlihat profesional akan semakin meningkatkan kepercayaan konsumen. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, antara lain adalah;

  • Memilih username yang mudah dan simple. Sangat disarankan untuk menggunakan username sesuai dengan nama bisnis yang anda miliki, selain dari mudah untuk ditemukan, tetapi juga untuk menghindari kesalahan saat orang ingin tag akun anda.
  • Menggunakan foto profil dari band. Gunakan foto atau logo profil brand karena ini menjadi elemen penting dari bisnis yang anda miliki.
  • Tuliskanlah bio yang informatif serta menarik. Penting untuk melengkapi bio serta memberikan informasi yang menarik dan mampu menjelaskan seluruh bisnis anda.
  • Masukkan juga call to action (CTA). CTA atau call-to-action harus dimasukkan di dalam akhiran bio, contohnya; “dapatkan diskon!”.
  • Memasukkan link di bawah tombol call to action. Jika anda memiliki website, pastikan untuk memasukkan link web di dalam bio dibawah tombol CTA.

3. Ketahui Jenis-Jenis Postingan

Anda perlu membuat konten yang berkualitas serta menarik. Tetapi sebelum itu pastikan untuk terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis postingan yang ada di Instagram.

Hal tersebut tentu bertujuan agar anda dapat memaksimalkan seluruh potensi promosi yang dapat dilakukan. Jenis postingan tersebut antara lain adalah;

  • Feed Instagram
  • Instagram Story
  • Instagram Live
  • Instagram TV

4. Mengoptimasi feed Instagram

Selain strategi marketing Instagram yang telah disebutkan di atas, anda juga perlu optimasi feed Instagram. Konten yang dibuat dan diposting melalui feed Instagram harus cocok dengan brand yang anda miliki, serta dapat diterima dengan baik oleh para followers.

Itu dibutuhkan pengetahuan terkait jenis konten yang tepat untuk di posting di sana. Secara garis besar, cara optimasi feed Instagram terbagi menjadi beberapa hal berikut;

  1.  Gambar behind the scene
  2.  Gambar edukasi
  3.  Gambar yang didapat dari para influencer
  4.  Gambar yang dapat dari followers
  5.  Gambar saat hari-hari peringatan
  6.  Berikan video yang menghibur
  7.  Bercerita melalui video
  8.  Memberikan video edukasi
  9.  Video behind the scene

Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca pembahasan terkait cara promosi menggunakan Instagram dengan mengoptimasi feed Instagram disini.

5. Manfaatkanlah Instagram Story

Selain feed Instagram anda pun perlu memaksimalkan Instagram stories untuk meningkatkan promosi bisnis. Keuntungan menggunakan Instagram stories ini antara lain adalah;

  • Posisi yang berada paling atas
  • Bisa menggunakan filter ataupun sticker
  • Dapat tag akun seseorang
  • Stories yang dapat dibuat tidak terbatas, dan masih banyak lagi.

Penutup

Kita telah membahas terkait cara promosi menggunakan Instagram untuk menunjang bisnis. Baca juga pembahasan part keduanya dalam upaya memaksimalkan Instagram marketing. Silahkan baca bagian kedua di sini.