Cara Promosi di Instagram? Maksimalkan Fitur Story

by -8 views
Cara Promosi di Instagram

Salah satu cara promosi di Instagram untuk keperluan bisnis adalah dengan memaksimalkan fitur story. Hal ini sedikit berbeda dengan postingan Instagram pada umumnya.

Selain karena memang story hanya bertahan selama 24 jam, letak posisi store berada pada bagian atas feed. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri menggunakan story untuk keperluan promosi.

Selalu menjadi pertanyaan adalah konten seperti apa yang cocok untuk dibuat story untuk strategi marketing di Instagram? Nah dibawah ini kami akan merekomendasikan beberapa inspirasi konten yang dapat diterapkan.

6 Inspirasi Konten Cara Promosi Di Instagram Story

Cara Promosi di Instagram

1. Cara Promosi Dengan Instagram Story: Membuat Pengumuman

Jenis konten ini dapat memuat berbagai pengumuman baik itu ketika anda sedang merilis produk baru atau hanya sekedar memberi tahu kepada followers bahwa sedang ada promo. Selain itu anda pun dapat menyampaikan pengumuman lain yang masih berkaitan dengan bisnis.

2. Cara Promosi Dengan Instagram Story: Melakukan Polling

Salah satu cara terbaik untuk bisa berinteraksi dengan para followers adalah dengan melakukan polling. Dengan cara ini anda juga dapat melakukan riset kecil kepada followers.

Polling juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk meminta pendapat agar anda mengetahui respon pasar terhadap produk atau jasa yang ingin dirilis. Selain itu bisa juga hanya sekedar untuk menghibur followers dengan memberikan polling lucu-lucuan.

3. Cara Promosi Dengan Instagram Story: Bertanya Kepada Followers

Selain dapat berinteraksi dengan followers, anda juga dapat membangun rasa kekeluargaan dengan mengajukan pertanyaan melalui story. Pertanyaan tersebut dapat dibuat dalam bentuk dua arah.

Membuat pertanyaan kepada followers begitupun sebaliknya, followers dapat bertanya kepada anda. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan melalui story menunjukkan bahwa anda peduli terhadap pendapat mereka.

4. Cara Promosi Dengan Instagram Story: Swipe Up

Untuk dapat menggunakan fitur swipe up ini diperlukan setidaknya 10.000 followers. Fitur ini memungkinkan anda untuk memasukkan link eksternal di dalam setiap story yang dibuat.

Fitur swipe up ini sangat menguntungkan karena anda dapat mengarahkan followers ke website online. Terlebih memang, di Instagram tidak ada fitur untuk memasukkan link eksternal dimanapun kecuali di bio dan di fitur swipe up.

5. Cara Promosi Dengan Instagram Story: Kontes

Kontes atau yang biasa kita kenal dengan giveaway, adalah salah satu konten yang bisa dibuat melalui story. Jika anda ingin mengadakan kontes atau lomba, fitur story ini sangat bermanfaat.

Kontes yang menggunakan fitur story akan membuat sense of urgency karena memang konten tersebut hanya bertahan selama 24 jam saja. Di story anda dapat membuat video atau foto terkait hadiah dari kontes dan juga aturannya.

Jika kontes telah dilakukan, anda dapat mengambil pemenang secara random dari data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk memasukkan hashtag seperti #kontes dan #giveaway agar story yang dibuat dapat ditemukan juga oleh mereka yang tidak memfollow akun anda.

6. Cara Promosi Dengan Instagram Story: Highlights

Story highlights dapat menjadi salah satu cara promosi di Instagram yaitu dengan menjadikan story secara permanen di profil. Fitur ini dapat ditemukan dalam bentuk lingkaran-lingkaran kecil yang berada di bawah bio.

Anda dapat menunjukkan story terbaik kepada followers menggunakan fitur story highlight ini. Dengan cara ini para followers tidak ketinggalan terhadap update-an story yang hanya bertahan selama 24 jam.

Jika kita melihat banyak akun bisnis menggunakan story highlight ini untuk menyampaikan berbagai informasi, misalnya terkait jadwal operasi, lokasi toko fisik, ulasan, menu, promosi apa yang sedang berlangsung dan masih banyak lagi lainnya.

Penutup

Sedikit banyaknya kita telah membahas terkait cara promosi di Instagram dengan memaksimalkan fitur story. Diharapkan pembahasan ini bisa meningkatkan omset bisnis anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan baca juga pembahasan lain terkait Cara Promosi dengan Instagram Marketing Agar Omzet Bisnis Naik