,

Cara Promosi Menggunakan Instagram Supaya Bisnis Sukses (Part 3)

by -7 views
Sukses Memulai Bisnis Digital, Apa Kelebihannya?

Di artikel bagian kedua sebelumnya terkait cara promosi menggunakan Instagram kita membahas terkait memaksimalkan Instagram live, Instagram TV, melakukan posting ulang foto dan stories, membuat caption yang menarik serta membuat hastag kreatif.

Selain hal-hal di atas ternyata masih banyak lagi tools Instagram yang dapat digunakan untuk memaksimalkan strategi marketing online. Karena itu pada bagian ketiga ini kita akan menyempurnakan pembahasan terkait cara promosi menggunakan Instagram agar dapat meningkatkan omset bisnis.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca pembahasan dibawah ini hingga selesai:

5 Strategi Cara Promosi Menggunakan Instagram

Cara Promosi dengan Instagram

1. Cara Promosi Menggunakan Instagram Memposting di Waktu Yang Tepat

Ternyata, memposting juga membutuhkan sedikit kejelian terkait waktu yang tepat. Memang kita tidak dapat memukul rata kapan waktu yang tepat untuk memposting foto atau video.

Anda dapat melakukan riset kecil dengan melihat insights yang telah disediakan oleh pihak Instagram. Waktu yang tepat ini tentu berbeda-beda tergantung dengan audiens serta bisnis yang anda miliki.

Akan tetapi secara umum kita dapat melihat beberapa penelitian, misalnya bersumber dari Sproutsocial, waktu terbaik untuk melakukan posting di platform Instagram secara umum adalah hari Rabu jam 11.00 serta Jumat jam 10.00-11.00.

Sedangkan jika bersumber dari Coschedule, untuk melakukan posting adalah pada jam 8.00 dan 02.00.

2. Cara Promosi Menggunakan Instagram Memanfaatkan Segala Fitur Canggihnya

Instagram memiliki tools serta fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan marketing. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

  • Insights

Insights merupakan fitur yang sangat diunggulkan dalam akun Instagram bisnis. Dengan fitur ini anda dapat mengetahui siapa saja followers terbaru, seberapa sering orang-orang mengunjungi profil akun anda, jumlah postingan, jumlah klik website dan jumlah impressions.

  • Instagram Ads

Instagram Ads adalah fitur berbayar untuk mengiklankan dan mempromosikan postingan anda di Instagram lebih luas lagi.

  • Tombol Kontak

Jika menggunakan akun bisnis tombol kontak akan muncul di bawah profile anda. Anda dapat memasukkan nomor telepon ataupun alamat email.

  • Quick Reply

Fitur ini memungkinkan anda untuk membalas direct message dengan cepat.

  • Swipe Up Di Story

Untuk menggunakan fitur ini anda perlu memiliki 10.000 followers. Fitur swipe up dapat digunakan untuk mengarahkan followers secara langsung ke landing page.

Tingkatkanlah Enggagement

Di Instagram sangat penting untuk memiliki enggagment agar para pengguna selalu membanjiri konten baru yang dibuat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan enggagment, yaitu sebagai berikut;

  • Buatlah konten yang menarik untuk disimpan

Membuat konten yang dapat disimpan menjadikan followers anda dapat membacanya di masa depan. Buatlah konten dengan penuh nilai bagi followers agar mereka mau menyimpannya.

  • Bisnis yang terbuka

Bisnis yang terbuka menunjukkan jika anda percaya kepada mereka.

  • Berbagi berbagai data

Bagikan lah data seputar bisnis anda, misalnya terkait produk apa yang sedang laris, seberapa banyak pengunjung website dan hal-hal lainnya.

Cara Promosi Menggunakan Instagram Membuat Instagram Ads

Platform perikanan dari Instagram dapat memungkinkan anda untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Ada dua cara untuk menggunakan fitur Instagram Ads, pertama menggunakan Facebook Ads manager, kedua adalah langsung dari Instagram itu sendiri.

Untuk menguasai bagaimana cara beriklan di Instagram memang dibutuhkan waktu untuk belajar. Anda dapat mencari informasi terkait hal ini melalui Google atau youtube.

Bekerjasamalah Dengan Para Influencer

Para influencer adalah mereka yang memiliki pengaruh di Instagram. Ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas marketing bisnis anda.

Mengacu kepada hasil riset yang dilakukan oleh Statista, menunjukkan bahwa 51% orang Indonesia lebih percaya kepada influencer yang mereview sebuah produk daripada iklan biasa.

Penutup

Kita telah membahas begitu banyak terkait strategi atau cara promosi menggunakan platform Instagram. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 5 Strategi Marketing agar Konsumen Selalu Membeli Produk Anda