, ,

Mengapa UMKM Harus Memilih Alat Transaksi Non Tunai?

by -4 views
cara sukses berbisnis UMKM
Cara sukses berbisnis UMKM

Belakangan ini transaksi non tunai terus meningkat, baik di seluruh dunia ataupun terkhusus Indonesia. Faktor utama yang mempengaruhinya adalah karena memang teknologi memudahkan pengguna untuk mengakses pembayaran non tunai tersebut. Inilah salah satu cara sukses berbisnis UMKM yang harus Anda ketahui.

Selain yang telah disebutkan, lalu apa saja hal yang mempengaruhi transaksi non tunai ini terus meningkat? Berikut pembahasannya untuk Anda:

Mudah Digunakan

Cara sukses berbisnis UMKM
Cara sukses berbisnis UMKM

Salah satu alasan utama Mengapa transaksi non tunai ini terus meningkat adalah karena kemudahan saat menggunakan sistem tersebut. Sebagai UMKM, Anda harus melihat peluang ini untuk meningkatkan prospek bisnis kedepannya.

Karena Anda harus memastikan calon konsumen mudah untuk mendapatkan produk. Vendor teknologi yang menawarkan jasa pembayaran non tunai terus menawarkan kemudahan untuk menggunakan sistem pembayaran yang mereka miliki.

Pada tahun 2019, Kemenkop UKM mencatat bahwa ada sekitar 8% UMKM yang menggunakan fasilitas online. Dengan kemudahan transaksi non tunai tentu ini menjadi alasan mutlak untuk UMKM menggunakan sistem pembayaran dengan metode modern.

Keamanan dalam Transaksi

cards_plastic_cards_card_credit_card_plastic_card_bank_cards-1382484
Cara sukses berbisnis UMKM

Selain mudah, sistem non tunai menggunakan teknologi juga menjamin keamanan transaksi. Inilah yang ditawarkan oleh vendor  jasa pembayaran non tunai, hal itu karena memang keamanan menjadi wajib untuk dikedepankan.

UMKM sebagai perusahaan yang baru berkembang tentu harus menjamin keamanan pembayaran terhadap konsumen. Karena jika tidak, akan merugikan konsumen dan pebisnis UMKM itu sendiri. Aman dan efisien tentu akan menjadi nilai tambah terhadap bisnis karena dapat menghemat waktu ketika melakukan transaksi.

Jika UMKM telah berhasil menggunakan sistem ini, langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara melakukan ekspansi bisnis agar mendapatkan pasar yang lebih luas lagi. Bisnis harus dipikirkan bukan hanya untuk skala nasional, tetapi juga internasional.

Terintegrasi dengan Fitur Pendukung Lain

electronic-payments-bank-cards-e-commerce-plastic-cards

Untuk lebih efisien, UMKM tentunya harus mencari alat pembayaran non tunai yang bisa mendukung dan terintegrasi dengan fitur lainnya. Karena jika hanya untuk kepentingan pembayaran saja, sepertinya itu belum terlalu efisien.

Carilah software yang langsung terintegrasi dengan fitur kwitansi, laporan accounting, invoicing, pengelolaan stok dan lain sebagainya. Dengan adanya integrasi dengan fitur lain-fitur tersebut, tentu pembayaran non tunai harus menjadi pilihan utama transaksi di dalam bisnis Anda.

Dapat Digunakan di Berbagai Gadget

Cara sukses berbisnis UMKM
Cara sukses berbisnis UMKM

 

Di zaman modern ini gadget menjadi salah satu kebutuhan utama dalam segala bidang, dan tentunya juga dalam melakukan transaksi. Gadget bisa dibawa kemanapun sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi.

Hampir semua jenis gadget sekarang memang telah dibekali kemampuan untuk melakukan transaksi non tunai tersebut. Jika dulu Anda ingin mengirim uang harus datang ke ATM atau bank, maka sekarang hal itu bisa dilakukan hanya melalui smartphone Android ataupun Apple.

Pengusaha UMKM tentu harus melihat peluang ini untuk mendapatkan kesempatan dan prospek bisnis yang lebih maju. Smartphone juga tidak hanya digunakan untuk melakukan pengiriman uang atau menerima pembayaran, tetapi Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dengan menjalin hubungan dan kerjasama.

Sudah Dipercaya di Indonesia

Kartu Kredit
Cara sukses berbisnis UMKM

Generasi sekarang sudah sangat dekat dengan teknologi. Masyarakat Indonesia sudah bisa menerima pembayaran secara digital untuk kemudahan transaksi. Jika kita bandingkan dengan keadaan sebelumnya, masyarakat kita cenderung takut untuk melakukan transaksi secara digital.

Buktinya sekarang online shop terus berkembang padahal mereka menggunakan sistem pembayaran secara digital. Orang-orang tidak khawatir lagi melakukan transaksi dengan online shop tersebut walaupun menggunakan metode pembayaran non tunai. Tentu ini  berbeda jauh dengan sikap generasi sebelumnya.

Sebagai pebisnis UMKM tentunya Anda harus memperhatikan seberapa banyak konsumen yang menggunakan alat transaksi non tunai ini untuk menjadi patokan.

Penutup

Demikian informasi tentang alasan mengapa harus menggunakan transaksi non tunai sebagai cara sukses berbisnis UMKM di era modern. Manfaatkanlah teknologi untuk efisiensi dan kemudahan di dalam berbisnis. Hal itu sangat penting agar bisnis Anda berkembang dan bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Baca juga artikel lain terkait 5+ Rekomendasi Bisnis UMKM yang Bisa Dicoba