Cara Sukses Bisnis Online, 4 Cara agar Konsumen Selalu Ingat Bisnis Anda

by -4 views
Cara Sukses Bisnis Online
Cara Sukses Bisnis Online

Salah satu cara sukses bisnis online adalah dengan menjadikan konsumen selalu ingat dengan produk yang Anda tawarkan. Karena itu, sebelum melangkah lebih jauh tanyakan kepada diri Anda, apakah pelanggan merasa senang dengan bisnis atau layanan yang Anda tawarkan.

Karena jika pelanggan tidak pernah merasa senang, maka jangan berharap bisnis online Anda akan meningkat. Buatlah konsumen selalu berkata “wow “ketika mereka membeli produk atau menggunakan layanan Anda.

4 Cara Sukses Bisnis Online agar Konsumen Selalu Mengingat Produk atau Jasa Anda

Cara Sukses Bisnis Online
Cara Sukses Bisnis Online

1. Mengucapkan terima kasih

Ucapan terima kasih adalah hal yang paling simpel untuk menggambarkan apresiasi Anda kepada konsumen. Dalam bisnis online pun demikian Anda dapat menuliskan ucapan terimakasih di dalam paket yang dikirim.

Secara logika, kita akan senang mendapat surat atau ucapan apresiasi dari orang lain. Ingat dulu ketika terakhir kali kita mendapatkan surat dari kantor pos yang dikirim dari teman terbaik, ketika menerimanya perasaan kita sangat senang dan bahagia.

Begitupun ketika kita memesan suatu produk di onlineshop yang menjual barang-barang unik. Saat menerima paket tersebut kita mendapati surat dengan ucapan terima kasih. Dari hal itu akan timbul kesan jika si penjual sangat mengindahkan transaksi kita.

2. Memastikan produk dikemas dengan baik

Pertumbuhan belanja online sekarang ini terus meningkat, bahkan pada tahun 2016, pembelian secara daring memperlihatakan persentasi yang fantastis.

Nah dengan metode pembelian secara daring ini, mengharuskan penjual untuk mengemas produk dengan baik dan rapi untuk dikirim ke konsumen.

Buatlah perasaan senang dan bahagia kepada konsumen ketika mereka membuka paket yang dikirim. Anda harus menciptakan kesan pertama yang menyenangkan untuk pengalaman konsumen.

Sebagai contoh, ketika kita membeli sebuah perhiasan di salah satu toko online, biasanya kita akan menerima tas kecil yang ditaruh di dalam kotak. Tidak ketinggalan juga di dalam kotak tersebut terdapat brosur kecil serta stiker.

Segalanya dikemas dengan sangat baik dan hati-hati, sehingga paket yang dikirim pun sangat rapi. Dengan cara demikian, pengalaman membeli produk yang biasa-biasa saja, sama halnya dengan membeli produk yang bermerek.

3. Mempercayai pelanggan Anda

Agar pelanggan selalu mengingat bisnis atau produk Anda adalah dengan mempercayai mereka. Terkadang hal simpel semacam ini menjadikan pelanggan Anda mengatakan “Wow”.

Misalnya seperti ini, Anda membeli sebuah lampu kecil dari toko online tertentu. Sesampainya di rumah, ketika membuka produk tersebut Anda mendapati ada sedikit kerusakan.

Kemudian Anda mengeluhkan hal tersebut kepada penjual. Nah sesuai dengan prosedur, untuk mengembalikan produk Anda perlu mengemasnya kembali serta mengirimkannya ke toko.

Akan tetapi hal yang mengejutkan terjadi, tiba-tiba Anda mendapat sebuah paket kiriman lampu kecil sebagai ganti terhadap lampu yang rusak sebelumnya. Alih-alih disuruh mengirim produk lampu yang rusak, si penjual malah menyuruh Anda menyimpan lampu rusak tersebut.

Tentu betapa senangnya Anda menerima pelayanan dan kepercayaan dari penjual produk. Nah ini bisa menjadi kekuatan agar bisnis Anda terus diingat oleh konsumen.

4. Hadiah kecil dapat mewakili 1000 kata

Hampir setiap orang tentunya menyukai barang gratis yang diberikan sebagai bentuk hadiah. Terlebih jika hadiah tersebut diterima secara tak terduga dan memiliki kemanfaatan.

Contohnya seperti ini, ketika Anda pergi ke dokter untuk memeriksakan mencabut gigi. Mencabut gigi tentunya bukan hal yang menyenangkan.

Akan tetapi, setalah mencabut gigi keesokan harinya Anda mendapati surat pos dari dokter gigi yang menangani Anda kemarin.

Di dalam surat tersebut terdapat voucher seharga Rp50.000 untuk membeli yoghurt beku. Tidak ketinggalan juga terdapat catatan dari dokter gigi yang mengatakan jika yoghurt beku dapat menenangkan gusi gigi yang baru saja dicabut kemarin.

Tentu reaksi Anda mendapati surat tersebut akan mengatakan “wow”. Ini adalah hadiah sempurna dari pengalaman yang kurang menyenangkan.

Kesimpulan

Jika Anda senantiasa memberikan faktor wow untuk konsumen, maka bisnis Anda pun akan selalu diingat oleh mereka. Inilah cara sukses berbisnis online untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah pengetahua kita semua terkait bisnis online baca juga artikel lain tentang Cara Sukses Bisnis Online? 3 Cara Ubah Feedback Negatif Menjadi Profit