Cara Sukses Bisnis Online dengan Membuat Website Toko Online Sendiri

by -13 views
5 Usaha Jasa Yang Untungnya Berlipat

Dengan perkembangan teknologi internet yang semakin meningkat, menjadikan kita semua harus tahu bagaimana cara sukses bisnis online. Salah satu jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, membuat website toko online sendiri.

Mengapa kita perlu membuat website untuk berjualan secara online? Hal itu merupakan pertanyaan yang sering muncul ketika seorang pebisnis disarankan untuk membuat website.

Padahal kita bisa menggunakan marketplace yang lebih mudah dipakai serta tidak ribet. Seperti marketplace Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan masih banyak lagi.

Cara Sukses Bisnis Online dengan Membuat Website Sendiri

Cara Sukses Bisnis Online

Secara umum marketplace memang dapat lebih mudah untuk digunakan. Untuk bisa berjualan di marketplace tidak dibutuhkan waktu lama hanya perlu membuat akun serta mengupload berbagai gambar produk yang ingin dijual.

Terlebih, marketplace memiliki trafik yang tinggi dan banyak user yang telah menggunakannya. Artinya anda akan lebih mudah menemukan calon pelanggan.

Padahal sebaliknya, dengan begitu mudah berjualan di marketplace, ini menjadikan tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Setiap pedagang harus bersaing dan memperebutkan calon pembeli dengan memasang harga semurah-murahnya, membangun reputasi, serta memberi pelayanan cepat dan terbaik.

Tetapi dengan usaha yang dikeluarkan tersebut, nyatanya brand yang anda miliki tidak dikenal dengan baik oleh banyak orang. Mereka hanya mengenal atau mengingat marketplace yang mereka gunakan.

Jika anda memang sedang membangun kesadaran brand, maka sangat perlu untuk memahami konsep ini.
Di website toko online pribadi, anda dapat menyesuaikan desain web sesuai dengan branding, dapat meningkatkan brand awareness, memiliki kendali penuh terhadap data, serta dapat dengan mudah mengiklankan web melalui Google Ads.

Sedangkan berjualan melalui marketplace, di awal-awal memang sangat mudah untuk membuat akun serta menjalankannya. Marketplace juga memiliki banyak trafik dan user. Tetapi tingkat persaingan yang tinggi serta brand awareness yang lemah.

Di masa awal-awal membuat website toko online sendiri memang membutuhkan waktu yang lebih lama serta terbilang rumit. Ada begitu banyak sekali teknik yang perlu diperhatikan sebelum website bisa go online.

Akan tetapi setelah berhasil membangun website anda dapat mengupayakan segala bentuk dan jenis marketing secara terpusat. Inilah yang menjadi poin penting yang perlu diingat dari memiliki website toko online sendiri.

Hanya melalui satu dasbor halaman, anda dapat mengontrol berbagai macam kegiatan, membuat promo, manajemen inventory produk, mengatur reseller, merilis kontes, memberikan layanan konsumen dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Membangun Website Toko Online Sendiri

Cara Sukses Bisnis Online
man, hair, coffee, cup, working, internet, technology, tablet, app, browser, device, screen, samsung, news, online, touchscreen, touch, stylus, entertainment

Membangun toko online sendiri memang dibutuhkan effort atau usaha yang lebih besar. Pasalnya ini terkait teknis dan juga hal-hal rumit lainnya.

Jika anda benar-benar tidak mampu melakukan kegiatan ini sendiri, ada baiknya untuk membayar orang yang berpengalaman di bidang pembuatan website. Tetapi jika ingin mencobanya sendiri, ikuti beberapa tahapan singkat berikut.

  1. Pertama adalah membeli hosting dan domain di sini (www.niagahoster.co.id/hosting-Indonesia), atau anda juga bisa membeli hosting di penyedia lainnya.
  2. Setelah membeli hosting kemudian menginstal wordpress.
  3. Pilihlah cms atau biasa disebut dengan platform toko online. Anda dapat menggunakan seperti woocommerce, prestashop, shopify dan lain sebagainya.
  4. Melakukan pengaturan di dalam website serta menginput produk yang ingin dijual.
  5. Lakukanlah pemeliharaan website dalam waktu tertentu agar dapat berjalan secara maksimal saat diakses oleh calon pelanggan.

Penutup

Di atas kita telah membahas terkait cara sukses bisnis online dengan membangun website toko online sendiri. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkaitKenali Nilai Jual Produk Sebagai Cara Sukses Bisnis Online